5 Tips Ampuh Untuk Menghemat Baterai Smartphone, Dijamin Gak Bakal Boros

Gadget | Rabu, 13 Oktober 2021 19:50

Reporter : Yoyok

Buat kamu yang berasa baterai smartphone boros banget, ikut deh lima tips berikut.

Smartphone telah menjadi salah satu gadget yang wajib dimiliki setiap orang. Semua hal ini telah terkoneksi dengan gadget satu ini dan perannya sangat vital, apalagi di masa pandemi seperti ini.

Maka dari itu, smartphone dalam keadaan menyala merupakan hal wajib bagi tiap orang. Namun, dengan seringnya pemakaian smartphone, tidak heran jika baterai gadget satu ini menjadi lebih boros.

Namun, ada beberapoa tips yang bakal bikin baterai smartphone lebih hemat dari biasanya. Dikutip dari Selular, berikut ini adalah lima tips ampuh yang bikiin baterai smartphone kamu lebih hemat dan gak cepat boros.

5 Tips Ampuh Untuk Menghemat Baterai Smartphone, Dijamin Gak Bakal Boros
2 dari 7 halaman

Perhatikan Pemakaian Wifi, GPS, dan Bluetooth

Tips pertama yaitu memperhatikan seberapa sering kamu menggunakan fitur GPS, wifi, dan bluetooth pada smartphone. Sering kali ketiga fitur ini kita biarkan aktif terus-menerus.

Memang, ketiga fitur tersebut tidak memakan daya yang cukup besar. Namun, jika dibiarkan aktif terus, maka jangan kaget jika GPS, wifi, dan bluetooth bisa menjadi sumber pemborosan pada smartphone-mu.

Ilustrasi WifiIlustrasi Wifi © shutterstock.com/Kamil Urban

3 dari 7 halaman

Suhu Dingin Menyebabkan Baterai Boros.

Tidak banyak yang tahu bahwa suhu dingin dapat menyebabkan baterai smartphone boros. Roger Gurney, pemilik Arctic tech Solutions, mengatakan bahwa baterai lithium-ion bakal berhenti mengeluarkan listrik dalam keadaaan yang sangat dingin.

Bahkan, suhu dingin juga bisa merusak baterai smartphone secara permanen. Maka dari itu, untuk menghindari hal ini, jaga smartphone tetap dekat denganmu agar suhu tubuh yang membuat keadaaan smartphone tetap terjaga.

4 dari 7 halaman

Kamera

Perlu kamu sadari, bahwa mengambil gambar atau menggunakan kamera menghabiskan banyak daya baterai. Apalagi di zaman serba medsos seperti ini, penggunaan kamera pada smartphone akan sangat masif.

Maka dari itu, gunakan kamera seperlunya dalam sehari agar baterai smartphone tetap terjaga.

Ilustrasi Smartphone KameraIlustrasi Smartphone Kamera © shutterstock.com/Nayef Hammouri

5 dari 7 halaman

Tetap Update

Update sofware sering kali hadir dengan peningkatan masa pakai baterai smartphone. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk tetap update sofware terbaru pada smartphone.

6 dari 7 halaman

Power Bank

Jika di atas adalah tips menghemat baterai smartphone secara internal, maka kal ini datang dari eksternal. Tips terakhir agar baterai smartphone tetap hemat adalah dengan menggunakan power bank.

Power bak sering kali menjadi penyelamat banyak orang ketika membutuhkan daya baterai di tempat yang tidak ada colokan listriknya. Apalagi buat kamu yang sering di luar ruangan, pastinya sangat butuh yang namanya power bank.

Cara Membuat Power BankCara Membuat Power Bank © shutterstock.com/Petr Tkachev

Join Diadona.id