6 Penyebab HP Bootloop pada Android Xiaomi dan Merek Lainnya serta Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 20 September 2020 21:16
6 Penyebab HP Bootloop pada Android Xiaomi dan Merek Lainnya serta Cara Mengatasinya
Ngutak-ngatik HP bisa jadi penyebab HP bootloop nggak ya?

Penyebab HP bootloop bisa karena banyak hal, mulai dari proses yang nggak sengaja dilakukan oleh penggunanya sendiri. Misalnya nih gara-gara mendownload aplikasi baru yang malah mengubah file sistem secara nggak sengaja.

Istilah bootloop berasal dari dua kata, yakni 'boot' dan 'loop'. Boot artinya keadaan di mana HP siap menyala sempurna, sedangkan loop berarti berulang. Apa artinya? Yaitu ketika HP nggak bisa mulai menyala karena gagal masuk pada sistem operasi.

Apakah ini berbahaya untuk HP? Tegantung pada jenis kerusakan sih, yaitu:

Bootloop Ringan

Yaitu saat kita menyalakan HP, layar nggak memperlihatkan menu utama selama beberapa detik. Trus HP jadi hang trus merestart kembali.

Bootlop Biasa

HP bisa menyala dan logo boo muncul, trus masuk ke menu utama aja. Ini terus terjadi walaupun udah dicoba berulangkali.

Bootloop Berat

HP cuman bisa menampilkan logo animasinya aja, tapi ponsel nggak bisa masuk ke menu utama.

1 dari 3 halaman

Penyebab HP Bootloop

Penyebab HP Bootloop © Diadona

Beberapa kemungkinan penyebab HP bootloop, antara lain:

Flashing Custom ROM

Biasanya nih flash custom ROM dilakukan saat ingin memodifikasi atau mengganti isi data pada ROM biar sistem kerja OS bisa optimal dan cepat.

Sayangnya ini mungkin jadi penyebab HP bootlopp karena ada kegagalan di mana data lama yang belum terhapus teryata sudah digunakan oleh sistem yang baru.

Modifikasi Sistem

Biasanya ada beberapa pengguna yang melakukan rooting HP nya untukmengurangi atau menambah sistem android. Nah, kalau rooting ini nggak berjalan dnegan baik, aibatnya bisa terjadi ketidak stabilan pada sistem. Ini bis ajaid penyebab HP bootloop.

Overclock Android

Overclock biasa dilakukan untuk menaikkan prosesor biar sistem operasi bisa berjalan lebih cepat. Sayangnya, kadang beberapa overclock dilakukan nggak sesuai dengan spesifikasi HP. Misalnya nih, pengguna meng-overclock dari 1 HHZ ke 2 GHZ. Nah biar nggak jadi penyebab HPO bootloop, sebaiknya overclock dilakukan dengan melihgat kapasitas HP. Misalnya, overclock dari seperepat atau setengahny saja, yakni dari 1 GHz ke 1.2 GHz.

Mengubah Isi Script pada Folder Sistem

Biasanya nih ada beberapa pengguna yang mengubah isi script dalam folder sistem. Sayangnyaq, ini malah bisa jadi penyebab HP bootloop.

Pengaturan Permission

Biasanya setelah menginstall aplikasi, aplikasi meminta akses pada pengguna ke beberapa informasi daro ponsel. Nah kalau salah mengatur permission maka bisa menyebabkan HP bootloop lho.

Pemasangan MOD

Ini terjadi ketika user memasang mod pada sistem operasional Android. Mod yang dipasang nggan kopatibel dengan ROM yang ada di HP, dan bisa juga tidak tersusun dengan baik yang malah jadi penyebab HP bootloop.

2 dari 3 halaman

Penyebab Bootloop Xiaomi

Dikutip dari Xiaomi Tips, biasanya nih penyebab HP bootloop adalah ketika penggunakan nggak mem-flash ROM dengan benar selama pembaruan MIUI. Misalnya saat seseorang mengupdate ROM MIUI melalui TWRP aatau Mi Recovery.

Tapi nggak cuman itu aja, penyebab HP bootloop merk Xiaomi bisa beragam dan salah satu kayak yang udah Diadona sebutkan di atas.

3 dari 3 halaman

Penyebab Android Bootloop dan Cara Mengatasinya

Penyebab HP Bootloop © Diadona

Kalau sudah tahu apa saja kira-kira penyebab HP bootloop, maka nggak kalah penting juga tahu gimana cara mengatasinya. Dikutip dari Cari Sinyal, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

Membersihkan Dalvik-Cache

Kalau misalnya HP bootloop setelah adanya restore backup atau flashng custom ROM, maka membersihkan dalvik-cache yang lama bisa jadi solusinya.

Caranya, tekan tombol power selama beberapa menit sampai HP mati. Trus nyalakan lagi sampai masuk ke mode recovery sesuai dengan merknya.

Trus lakukan langkah berikut:

  • Pilih menu Advanced
  • “ Wipe dalvik-cache”
  • Selanjutnya buka menu “ Mounts & Storage”
  • Pilih opsi “ Wipe /cache”
  • Reboot

Hapus Data

Masih belum berjasil juga? Coba deh lakukan penghapusa data dengan melakukan langkah berikut:

  • Masuk ke Recovery
  • Pilih menu “ Backup & Restore”
  • Pilih “ backup”
  • Selanjutnya buka menu “ Mounts & Storage”
  • Pilih “ Wipe /data”
  • Pilih “ Wipe /cache”
  • Reboot

Koreksi Permission

Bila penyebab HP bootloop adalah karena kesalahan permission, maka bisa diatasi dengan langkah yang cukup mudah

  • Masuk ke Recovery
  • Buka menu Advanced
  • Pilih opsi “ Fix permissions”
  • Reboot

Penyebab HP bootloop dan gimana cara mengatasinya yang udah Diadona bahas tersebut mungkin nggak bisa diterapkan di HP kamu. Maka, silahkan bawa HP kamu ke temat servis terpercaya untuk mendapatkan penanganan yang terbaik.

Beri Komentar