9 Jenis-Jenis Printer dan Fungsinya, Yuk Cari Tahu Biar Nggak Salah Pakai

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 18 Agustus 2021 10:00
9 Jenis-Jenis Printer dan Fungsinya, Yuk Cari Tahu Biar Nggak Salah Pakai
ternyata printer itu ada banyak macamnya guys. Fungsinya pun juga beragam, yuk cari tahu bareng-bareng.

Jenis printer yang ada dan sering digunakan sangat lah beragam. Alat yang biasa kita gunakan untuk mengkonversikan apapun yang berbentuk digital ke dalam bentuk cetakan di atas kertas ataupun medium lainnya itu kini ternyata sangatlah bermacam-macam, tergantung pada tujuan penggunaan.

Selain medium kertas, ada banyak jenis printer yang digunakan untuk mencetak produk-prdouk lain seperti kaos, poster, dan juga banner. Tentu saja berbagai printer resbut mempunyai cara kerja serta kelebihan serta kekurangannya sendiri.

Lantas, apa aja sih jenis-jenis printer yang ada dan sering membantu pekerjaan kita ini? Diadona.id telah mengumpulkan serta merangkum berbagai jenis printer dan juga fungsinya. Yuk kita simak ulasan singkatnya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

1. Printer Ink Jet

Jenis printer Ink Jet ini mungkin adalah printer yang sangat sering kita temui. Cara kerja jenis printer ini adalah menyemprotkan tinta ke atas kertas lalu akan membentuk gambar yang sudah ditentukan. Proses tersebut terjadi karena ada bantuan dari plat magnet yang langsung mengalirkan tinta ke atas kertas.

Printer ini menggunakan tinta berkualitas untuk mencetak tulisan dan gambar dengan hasil warna yang cukup bagus. Namun, kekurangan dari printer jenis Ink jet ini tidak dapat mencetak lebih dari 1 rangkap serta harga tinta original juga cukup mahal.

2. Printer Laser Jet

Seperti namanya, jenis printer Laser Jet ini menggunakan laser pada proses pencetakannya. Salah satu keunggulan yang dimiliki printer ini adalah mampu melakukan proses pengerjaan yang sangat cepat dan catridgenya dapat bertahan lebih lama.

jenis printer laser jet cocok digunakan untuk siapapun yang memliki frekuensi mencetak dalam jumlah banyak karena printer ini cukup menghemat tinta. Printer ini juga tidak mempunyai suara berisik saat melakukan pencetakan.

Tapi, kekurangan dari printer ini adalah mempunyai mesin yang cenderung lebih cepat panas. Juga, printer ini harganya cukup mahal jika digunakan untuk kebutuhan pribadi.

2 dari 6 halaman

3. Printer LED

Jenis printer yang selanjutnya adalah printer LED. Pada dasarnya printer ini mempunyai cara kerja yang cukup mirip dengan laser jet. Jika pada printer laser jet menggunakan laser, printer LED memanfaatkan cahaya dalam prosesnya.

Untuk fungsinya sendiri, jenis printer LED ini mempunyai kesamaan fungsi dengan dua printer sebelumnya yakni untuk pencetakan yang menggunakan medium kertas. Bedanya, Printer LED ini memanfaatkan cahaya light-emitting diode dalam proses cetaknya.

4. Printer DTG

Jenis printer DTG atau Direct to Garment in iadalah printer yang banyak digunakan untuk mencetak langsung gambar atau tulisan ke kaos dan kain tanpa perantara (transfer paper). Printer ini merupakan salah satu inovasi dalam dunia percetakan.

Jika dibandingkan dengan alat sablon kaos manual, jenis printer DTG ini jelas efektif dan efisien. Dengan adanya printer ini, mencetak kaos dengan desain yang lebih rumit bukanlah hal yang mustahil. Bahkan, gambar yang dicetak dengan printer DTG juga meresap lebih baik di kain. Itulah mengapa hasil cetakannya lebih awet.

3 dari 6 halaman

5. Printer Dot Matrix

Jenis printer Dot Matrix ini mungkin cukup jarang ditemui. Ini adalah printer yang cara kerjanya menggunakan pita sebagia tinta, dan pin yang berfungsi sebagai alat pemukul untuk mencetak pada kertas.

Printer ini banyak digunakan untuk kebutuhan mencetak kwitansi dan dokumen lainnya. Salah satu keunggulan printer ini adalah cukup hemat biaya. Hal ini dikarenakan pita printer dot matrix tergolong sangat murah serta ukuran yang bisa dicetak juga cukup lebar.

6. Printer Thermal (POS Printer)

Kalau jenis printer yang satu ini kita pasti sering menemui, meskipun nggak tahu namanya. Jika pergi ke supermarket, restoran, atau pun kafe kita pasti akan menerima bon hasil pembelian. Nah, yang digunakan untuk mencetak bon tersebut adalah Printer Thermal (POS Printer).

Cara kerja printer ini hampir sama dengan printer dot matrix, hanya saja printer thermal menggunakan panas pada pin nya. Printer ini juga harus menggunakan jenis kertas khusus thermal yang memiliki permukaan yang licin.

4 dari 6 halaman

7. Printer Plotter

Jenis printer yang selanjutnya adalah printer plotter. Sebuah printer yang digunakan untuk mencetak grafis pada surface kertas, vinyl, sticker, serta jenis bahan lain dalam ukuran besar. printer yang memiliki ukaran cukup besar ini banyak digunakan oleh jasa printing yang biasa mencetak untuk keperluan outdoor dan indoor seperti banner, poster, sticker, cutting, dsb.

8. Printer Buble Jet

Jenis printer buble jet ini juga cukup jarang ditemui. Ini adalah printer yang dapat digunakan langsung dengan menyambungkan ke kamera tanpa perantara komputer menggunakan konektor USB dan card-reader yang disediakan.

5 dari 6 halaman

9. Printer Label

Selain jenis printer thermal, ada juga printer label yang digunakan untuk mencetak label suatu produk dalam jumlah banyak. Beberapa Printer Label memiliki banyak fungsi sekaligus yakni pada supermarket juga bisa digunakan untuk mencetak barcode.

Printer jenis ini biasa digunakan oleh pengusaha untuk mencetak label produk ataupun mencetak barcode di swalayan.

Jadi itu ya guys beberapa jenis printer beserta kegunaannya. Sekarang sudah pada tahu kan? jangan sampai salah pakai ya hehe.

Beri Komentar