9 Manfaat Media Sosial Bagi Masyarakat, Bisnis, dan Pelajar

Reporter : Sheila Fathin
Selasa, 13 April 2021 15:50
9 Manfaat Media Sosial Bagi Masyarakat, Bisnis, dan Pelajar
Sosial media tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi, melainkan bisa digunakan sebagi media untuk menjalankan bisnis.

Manfaat media sosial terbukti telah memberikan kontribusi yang signifikan selama dua dekade terakhir ini. Media sosial tidak hanya dimanfaatkan sebagai media komunikasi saja. Namun, saat ini sudah berkembang sebagai media untuk bisnis.

Di era digital seperti ini, media sosial bukan menjadi hal yang baru lagi. Semua orang pasti memiliki media sosial untuk berkomunikasi dengan teman-teman atau kolega nya. Menggunakan media sosial sendiri memiliki banyak keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan media sosial. Berikut adalah manfaat media sosial yang harus kamu ketahui. 

1 dari 3 halaman

Manfaat Media Sosial Bagi Masyarakat

Manfaat Media Sosial © Diadona

Bagi pengguna aktif media sosial, tentunya media sosial memberikan dampak positif untuk memberikan dampak bagi masyarakat. Apa saja manfaatnya?

Menambah Jaringan Relasi

Dengan adanya kemudahan secara digital ini memberikan manfaat media sosial bagi masyarakat untuk terhubung dan terkoneksi dengan orang-orang yang jauh. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan media sosial untuk terhubung dengan orang-orang profesional untuk mendapatkan relasi atau insight dari mereka. Membangun hubungan yang berkualitas menjadi jauh lebih mudah dengan komunikasi yang efisien yang kamu dapatkan dari media sosial.

Media Sosial Mempersempit Jarak

Manfaat media sosial  tidak hanya memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan mudah dan efektif dengan orang-orang sekitarmu. Melainkan bisa membuat dunia tampak begitu kecil dengan adanya media sosial. Bagaimana tidak? media sosial menghubungkan kamu dengan orang dari penjuru dunia yang jaraknya cukup jauh dari tempatmu berada dan kamu bisa berinteraksi dengan mereka seolah-olah mereka tepat berada di sebelahmu.

Mendapatkan Informasi Terbaru

Manfaat media sosial yang utama adalah kamu bisa memperbarui informasi kamu dari kejadian-kejadian yang kamu terima melalui media sosial. Seringkali media televisi atau media cetak kurang bisa mendapatkan informasi kurang cepat. Dengan media sosial informasi yang kamu dapatkan bisa lebih cepat dan terbaru.

2 dari 3 halaman

Manfaat Media Sosial untuk Bisnis

Manfaat Media Sosial © Diadona

Media sosial saat ini juga sudah dimanfaatkan dalam bidang bisnis untuk memasarkan produknya. Untuk itu kita harus tahu apa manfaat media sosial untuk bisnis yang harus kamu ketahui.

Meningkatkan Traffic

Manfaat media sosial difungsikan untuk menjangkau khalayak yang berbeda dengan cara yang menarik, berguna dan menghibur pelanggan potensial yang mungkin belum pernah melihat produk kamu sebelumnya. Selain itu dengan menggunakan media sosial, manfaat yang kamu dapat adalah traffic kamu akan meningkat jika dilakukan dengan benar. Jika trafik meningkat maka semakin besar peluang produk kamu dikenal oleh orang banyak.

Membuat Pelanggan Potensial Terkesan

Manfaat media sosial selain untuk mempertahankan reputasi brand dan produk kamu, peluang untuk mengesankan pelanggan juga bisa didapatkan. Caranya adalah dengan memasarkan produk yang berkualitas disertai dengan ulasan-ulasan terpercaya yang menunjukkan bahwa produk memang benar-benar sesuai dengan apa yang diklaim.

Membangun Loyalitas Pelanggan

Pelanggan mengikuti dan berinteraksi dengan merek yang mereka sukai. Hal yang menarik adalah 53% pelanggan yang mengikuti bisnis kamu cenderung menjadi pelanggan yang setia. Manfaat media sosial memberikan kamu kemudahan untuk menarik pelanggan agar lebih setia lagi kepada perusahaan. 

3 dari 3 halaman

Manfaat Media Sosial bagi Pelajar

Manfaat Media Sosial © Diadona

Tidak hanya dari segi bisnis, sekarang media sosial juga memiliki manfaat bagi pelajar yang harus kamu ketahui.

Pembelajaran yang Bisa Dilakukan Secara Online

Manfaat media sosial bagi pelajar di masa-masa pandemi seperti ini adalah pembelajaran bisa dilakukan secara daring atau online. Hal itu tentunya memudahkan pelajar untuk tetap mendapatkan ilmu dan sekolah tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Sebagai Media untuk Menambah Kreativitas 

Sebagai pelajar dan guru bisa menampilkan keterampilan dan mengekspresikan diri melalui media sosial. Media sosial bisa juga dijadikan media pembelajaran oleh guru untuk meningkatkan kreativitas pelajar. Tentunya manfaat media sosial bagi pelajar dapat mengeksplor bakat mereka.

Media Sosial Sebagai Media Penelitian

Pelajar dan guru akan dengan cepat dan mudah menemukan materi penelitian yang bisa digunakan untuk metode pembelajaran. Kamu bisa menemukan materi yang relevan dengan topik melalui media sosial yang kamu gunakan.

Manfaat media sosial ternyata tidak hanya berimbas pada masyarakat tetapi media sosial juga memberikan kontribusi yang positif pada bidang bisnis dan pendidikan.

Beri Komentar