9 Tips Memilih Laptop Biar Kerjaan Kamu Makin Produktif

Reporter : Yoyok
Selasa, 20 Oktober 2020 07:50
9 Tips Memilih Laptop Biar Kerjaan Kamu Makin Produktif
Dijamin tips berikut bakal bikin kamu gak sembarangan beli laptop buat kerja lagi deh

Kerja kantoran di zaman sekarang membutuhkan peralatan elektronik yang mumpuni. Salah satu peralatan elektronik yang dibutuhkan oleh seorang pegawai kantoran adalah laptop.

Laptop yang merupakan sebuah komputer portable memang sangat praktis untuk dibawa kemana saja. Maka dari itu, banyak orang lebih memilih laptop daripada komputer, walaupun komputer lebih powerfull daripada laptop.

Tetapi, kamu juga jangan semabrangan dalam membeli laptop lho. Dikutip dari Jadi Karyawan, berikut ini adalah sembilan tips dalam memilih laptop untuk kerja yang bakal bikin kamu lebih produktif.

1 dari 10 halaman

Hitung-hitungan Budget

Ilustrasi Laptop © Diadona

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membeli laptop dalah dana. Pastikan dulu dana yang kamu miliki cukup untuk membeli sebuah laptop. Mengingat laptop merupakan salah satu barang mewah yang tidak bisa dengan kamu bisa beli seenaknya di mini market terdekat.

2 dari 10 halaman

Spesifikasi Laptop

Ilustrasi Penggunaan Laptop © Diadona

Ketahui dahulu spesifikasi laptop yang seperti apa yang akan kamu butuhkan dalam bekerja. Beberapa bagian penting yang harus kamu pertaikan adalah baterai, memori, prosessor, hardisk serta koneksi.

 

3 dari 10 halaman

Ukuran Layar

Penyebab Laptop Mati Total © Diadona

Laptop di pasaran memiliki ukuran layar sebesar 11 sampai 17 inci. Namun, untuk bekerja, ukuran 13-14 inci lebih ideal untuk digunakan.

Hal ini dikarenakan pada ukuran tersebut pekerjaan mengetik serta membuat beberapa presentasi dapat dilakukan dengan sangat oiptimal. Selain itu, laptop kerja ukuran layar segitu tidak akan terlalu berat jika dibawa kemana-mana.

4 dari 10 halaman

Touchpad

Cowok Bermain Laptop di Pangkuan © Diadona

Touchpad ternyata penting lho dalam hal kinerja bekerja. Ada beberapa laptop yang menempatkan touchpad terlalu dekat dengan keyboard yang membuatnya tersentuh tidak sengaja, merusak halaman laporan, dan masih banyakj lagi masalah yang dapat ditimbulkan oleh sebuah touchpad. maka dari itu, memilih touchpad juga menjadi pertimbangan kamu saat membeli laptop.

5 dari 10 halaman

Jarak antara Tombol Keyboard

Ilustrasi Laptop © Diadona

Jarak pada tombol saat mengetik juga bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih laptop lho. Sebelum memilih laptop kerja, sesuaikan dulu ukuran jari kamu dengan jarak pada keyboard. Jangan sampai kecepatan mengetik kamu berkurang hanya karena jarak keyboard tidak sesuai dengan jarimu.

6 dari 10 halaman

Baterai

Ilustrasi Perempuan di Depan Laptop © Diadona

Faktor satu ini tentu saja sangat menentukan laptop mana yang akan kamu pilih. Perhatikan betul masa hidup sebuah laptop kerja yang akan kamu beli nanti. Kamu tentunya tidak ingin dong saat presentasi nanti, laptopmu tiba-tiba baterainya habis.

7 dari 10 halaman

Sistem Operasi Laptop

Penyebab Blue Screen pada Laptop © Diadona

Banyak pilihan sistem operasi pada laptop yang bisa kamu pilih. Mulai dari yang sering kita pakai, Windows, hingga Linux.

Saat akan membeli sebuah laptop, jangan lupa tanyakan juga sistem operasi mana yang cocok dengan laptop kamu. Karena hal ini sering kali mempengarui kecepatan kerja laptop serta kenyamanan kamu sendir sebagai pengguna.

8 dari 10 halaman

Laptop Hibrid

Penyebab Laptop Cepat Panas © Diadona

Laptop jenis ini memang memiliki bentuk yang canggih daripada laptop pada umumnya. Namun, bukan berarti laptop hibrid sangat cocok untuk diguinakan dalam bekerja lho ya.

Kamu tidak perlu memaksakan untuk membeli laptop hibrid yang super canggih ini. Lebih baik pilih laptop yang menurut kamu nyaman dan mudah digunakan.

9 dari 10 halaman

Merk Laptop

Karena itu, penting untuk menyesesuaikan tinggi mata dengan layar laptop agar nyaman dalam melihat l © Diadona

Untuk masalah ini, setiap orang memiliki pemahaman sendiri-sendiri dalam hal menentukannya. Ada merk laptop yang unggul dalam hal A, ada juga yang jago dalam bidang B, dan masih banyak lagi.

Untuk mengetahui hal ini, kamu bisa melihat di forum-forum internet yang sering membahas hal-hal ini.

Beri Komentar