Apa itu Android, Sejarah Singkat dan Kelebihan Dibanding Sitem Operasi Lainnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 14 Agustus 2021 19:48
Apa itu Android, Sejarah Singkat dan Kelebihan Dibanding Sitem Operasi Lainnya
Android adalah sistem operasi di ponsel yang saat ini mengalami pertumbuhan pesat dalam sisi jumlah dan perkembangan teknologinya.

Android adalah salah satu dari dua operasi sistem ponsel yang paling terkenal dan paling banyak digunakan di dunia, bersama dengan iOS milik Apple. Selain dua sistem oeprasi tersebut, ada pula Chrome OS dan Windows 11.

Adroid adalah sistem operasi yang dimiliki oleh Google, dibeli pada tahun 2005 lalu dan diluncurkan untuk ponsel atau tablet dua tahun kemudian bersamaan dengan rilisnya iPhone pertama milik Apple. Nah, apakah kamu tahu apa yang disebut dengan sistem operasi?

1 dari 4 halaman

Android adalah © Diadona

Tech Advisor menulis bahwa sistem operasi pada dasarnya adalah apa yang muncul di layar pada perangkat kamu. Melansir Wikipedia, sistem oeprasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari hardware dan juag software. Saat perangkat pertama kali dinyalakan, sistem oeprasi langsung berjalan lalu disusul dengan program dan aplikasi yang kita inginkan.

Biar lebih jelas, kita bakalan menganalogikan perangkat sebagai panggung pertunjukan. Agar pertunjukan bisa berlangsung, kamu tentu memerlukan panggung, mikrofon, kostum, dan perangkat lainnya kan. Ini adalah hardware atau perangkat keras. Selain itu jangan lupakan artis, kru dan orang-orang yang berperan.

Nah, mereka dibaratkan software. Sedangkan sistem operasi adalah sutradara yang bertugas buat menginstruksikan semua komponen tersebut untuk bekerja sama. Kalau nggak ada sutradara, nggak ada yang bisa mengatur panggung dan lainnya serta kru nggak tahu harus ngapain aja.

2 dari 4 halaman

Android adalah © Diadona

Sejauh ini, Android adalah sistem operasi paling populer di dunia. Diperkirakan ada sekitar 2,5 milyar perangkat aktif dengan sistem operasi Android. angka tersebut merupakan 39 persen dari populasi global, mengungguli iOS Apple dengan angka yang signifikan dan menyalip Microsoft Windows, sistem operasi paling populer kedua di dunia.

Android punya lebih dari tiga juta aplikasi yang berjalan di sistem operasinya. Sebagian besar aplikasi ini bisa didownload lewat Google Play Store resmi, atau bisa juga dari website. Nah, ini nih salah satu kelebihan Android dibandingkan dengan iOS. Android adalah sistem operasi open source yang kuat dan fleksibel banget, meskipun itu juga bisa membutnya jadi rentan terhadap virus dan malware.

Android adalah sistem dengan open source yang membuatnya bisa diakses secara bebas oleh siapa aja, dikutip dari Android Authority. Tapi apa sih artinya? Yakni kamu bisa menginstal ROM khusus yang lebih modern di ponsel kamu, bisa menginstal aplikasi dari mana saja, memungkinkan untuk kostumisasi font, tema dan lebih fleksibel.

3 dari 4 halaman

Sejarah Android

Tahu nggak sih kalau awalnya nih Android adalah sistem operasi yang dirancang untuk kamera. Android dikembangkan oleh Andy Rubin dan timnya di tahun 2003 dengan niat membuat sistem operasi yang bisa digunakan di semua perusahaan kamrea.

Namun dalam perkembangannya, Andy memutuskan untuk mengubah Android sebagai sistem operasi smartphone sebagai gantinya. Sayangnya, keputusan tersebut tak dilirik banyak investor karena telah ada banyak sistem operasi ponsel sebelumnya seperti Symbian, Windows dan lainnya. Akibatnya, mereka sempat kehabisan uang.

Untungnya nih ada seorang teman yang memberikan mereka hadiah trus Google memutuskan untuk berinvestasi dengan nilai $50 juta di tahun 2005. Di bawah naungan Google, Android terus dikembangkan dan berhasil berjalan di tombol fisik dan keyboard QWERTY lengkap.

4 dari 4 halaman

Versi Android

Android adalah © Diadona

Sampai saat ini Android memiliki 18 versi dengan 12 rilis utama. Android 12 rilis beberapa waktu yang lalu.

  • 2009 — Cupcake (v. 1.5)
  • 2009 — Donut (v. 1.6)
  • 2009 — Eclair (vs. 2.0, 2.0.1, dan 2.1)
  • 2010 — Froyo (vs. 2.2 hingga 2.2.3)
  • 2010 — Gingerbread (vs. 2.3 hingga 2.3.7)
  • 2011 — Honeycomb (vs. 3.0 hingga 3.2.6)
  • 2011 — Ice Cream Sandwich (vs. 4.0 hingga 4.0.4)
  • 2012 — Jelly Bean (vs. 4.1 hingga 4.3.1)
  • 2013 — KitKat (vs. 4.4 hingga 4.4W.2)
  • 2014 — Lollipop (vs. 5.0 hingga 5.1.1)
  • 2015 — Marshmallow (vs. 6.0 hingga 6.0.1)
  • 2016 — Nougat (vs. 7.0 hingga 7.1.2)
  • 2017 — Oreo (vs 8.0 dan 8.1)
  • 2018 — Pai (v. 9.0)
  • 2019 — Android 10
  • 2020 — Android 11
  • 2021 - Android 12

Android adalah sistem operasi yang saat ini sangat populer dengan ponselnya.

Beri Komentar