Apa itu VPN? Ini Manfaat dan Cara Kerjanya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 8 Juli 2021 22:37
Apa itu VPN? Ini Manfaat dan Cara Kerjanya
VPN adalah teknologi yang biasanya digunakan untuk menyamarkan identitas internet yang kita miliki sehingga bisa berselancar secara anonim.

VPN adalah singkatan dari "Virtual Private Network". Seperti namanya, VPN merupakan suatu peluang membuat koneksi jaringan internet yang terproteksi saat kamu menggunakan jaringan publik. Pada dasarnya, tujuan akhir VPN adalah menjaga kerahasiaan informasi pribadi penggunanya.

VPN adalah cara termudah dan paling efektif untuk melindungi lalu lintas internet mereka dan menjaga kerahasiaan mereka saat sedang berselancar di dunia maya. Dikutip dari Express VPN, sederhananya nih saat kamu sedang mengakses internet menggunakan VPN, lalu lintas inernet kamu melewati terowongan terenskripsi yang nggak bisa dilihat oleh siapapun, baik itu hacker, pemerintah atau penyedia layanan internet kamu.

Biasanya VPN digunakan untuk menyamarkan lokasi akses sehingga seorang user bisa mengakses suatu website atau layanan yang dibatasi di negara mereka.

Nah tentang penjelasan lebih lengkap mengenai VPN bisa kamu simak di uraian Diadona berikut ini ya!

1 dari 5 halaman

Cara Kerja VPN

VPN adalah © Diadona

Jadi saat kamu mengunakan internet, ada proses konstan di mana perangkat kamu bertukar data dengan pihak lain di website. Browser kamu mengirimkan berbagai data via internet service provider ke alamat website yang kamu kunjungi.

Trus website akan mengirimkan kembali informasi yang diperlukan trus website bakalan muncul di layar gadget kamu.

Nah selama pertukaran informasi ini, koneksi kamu tuh seringnya tak terenskripsi. Untuk yang belum tahu, bidang kriptografi, enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dnegan membuat informasi tersebut jadi nggak terbaca kecuali dengan teknologi atau pengetahuan khusus.

 

2 dari 5 halaman

VPN adalah © Diadona

Lalu apa artinya bila data kita tak terenskripsi? Maka ada potensi keberadaan pihak-pihak nggak bertanggung jawab yang bisa melihat data personal kamu. Alamat IP kamu terbuka lebar, padahal dalam koneksi internet, alamat IP adalah kode pos yang bisa neunjukin siapa kamu dan di mana kamu berada.

Nah, dengan VPN, proses koneksi internet akan sedikit lebih berbeda. Gimana tuh?

Saat kamu menggunakan VPN, aplikasi VPN akan mengenkripsi semua data kamu. Data yang udah terenkripsi ini akan berjalan melewati terowongan VPN yang aman via internet service provider (ISP) kamu ke server VPN. Selanjutnya, server VPN ini hanya akan meneruskan informasi yang dibutuhkan dan informasi yang anonim melalui alamat IP mereka sendiri.

Koneksi VPN memastikan privasi kamu tetap terjaga dan nggak ada yang bisa melihat apa yang kamu lakukan saat sedang online. ISP dan pihak ketiga lainnya nggak bisa melihat situs apa yang kamu kunjungi atau data apa yang kamu kirimkan dan terima secara online. Sederhananya nih, VPN adalah sebuah filter yang berfungsi mengubah data kamu menjadi sia-sia.

3 dari 5 halaman

Manfaat VPN

VPN adalah © Diadona

Dilansir dari Kaspersky, VPN bakalan menyamarkan lalu lintas online kamu dan melindunginya dari pihak eksternal. Dari manfaat berikut, banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan VPN adalah:

Mengamankan Enkripsi

Dengan bantuan VPN, aktivitas online kamu disembunyikan bahkan di jaringan publik.

Menyamarkan Keberadaan Kamu

Server VPN ini pada dasarnya bertindak sebagai proxy atau sistem yang membuat kita bisa mengakses jaringan interentd engan IP berbeda dengan yang diterima oleh perangkat. Karena data lokasi demografis berasal dari server di negara lain, lokasi kamu yang sebenarnya nggak bisa ditentukan. Didukung juga karena sebagaian besar layanan VPN nggak menyimpan log ktivitas kita.

Akses ke Konten Regional

Konten web regional nggak selalu bisa diakses dari mana aja. Contohnya juga nih ada beberapa situs yang diblokir oleh pemerintah suatu negara. Nah, koneksi biasa tanpa VPN menggunakan server lokal untuk menentkan lokasi.

Tapi dengan spoofing loaksi VPN, kamu bisa beralih ke server negara lain atau secara efektif mengubah lokasi kamu.

4 dari 5 halaman

IP VPN adalah

VPN adalah © Diadona

Internet Protocol Virtual Private Network atau IP-VPN adalah salah satu dari banyak jenis teknologi WAN yang tersedia. Apa sih itu IP VPN?

IP VPN ini bekerja dengan sistem yang sama dengan VPN. Namun karena terhubung dengan gateway publik, VPN berisiko terhadap serangan Distributed Denial of Service (DDoS) yang bisa membuat jaringan offline dan kecepatan lemot.

Tapi nggak seperti VPN, IP-VPN ini menggunakan teknologi multiprotocol label switching (MPLS) untuk menghindari koneksi melalui gateway publik. Akibatnya, pengunaan internet dengan IP-VPN ini diprioritaskan sementara lalu lintas pihak ketiga dibiarkan menunggu sampai jaringan nggak terlalu sibuk.

5 dari 5 halaman

VPn adalah teknologi komunikasi yang menawarkan keamanan, performa lebih dalam hal akses internet. Meski begitu ada hal-hal yang harus diperhatikan dari penggunannya seperti potensi penjualan data ke pihak ketiga.

Nah, apakah kamu salah satu yang menginstal VPN di browsermu dan untuk apa?

Beri Komentar