Benarkah Radiasi Smartphone Bisa Bikin Mandul?

Reporter : Yoyok
Rabu, 29 Juli 2020 20:57
Benarkah Radiasi Smartphone Bisa Bikin Mandul?
Bener gak sih? Yuk kita bedah

Smartphone sudah menjadi benda pokok bagi semua orang. Banyak manfaat dari smartphone yang bisa kita gunakan di kehidupan seharo-hari.

Karena kini semua orang memiliki smartphone, muncullah sebuah kecemasan akan gadget satu ini. Menurut isu yang beredar, radiasi smartphone dapat membuat mandul laki-laki.

Namun, bener gak sih radiasi smartphone bisa bikin laki-laki mandul? Yuk deh kita bedah.

1 dari 4 halaman

Rumor Belaka

Kabar tersebut bermula dari gelombang radio yang dipancarkan smartphone memiliki efek yang buruk terhadap tubuh. Katanya, gelombang radio pada smartphone dapat menurunkan kesuburan laki-laki.

Nyatanya, hal tersebut hanyalah rumor belaka.

Ilustrasi Smartphone © Diadona

2 dari 4 halaman

Gelombang Radio

Walaupun gelombang radio juga termasuk ke dalam gelombang elektromagnetik, namun itu tidak berbahaya kepada tubuh. Sinar x yang termasuk ke dalam gelombang elektromagnetik itu memang berhaya untuk tubuh, karena dapat merusak sel.

Sinar x memag dapat membuat pria menjadi mandul. Sel testikular bakal rusak jika terekspos.

Namun, gelombang radio justru sangat berbeda. Walaupun panjang gelombang radio sebesar lapangan sepak bola, energi yang dipancarkan sangat kecil, tidak dapat merusak sel dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

Panas dari Baterai

Mulanya, smartphone yang terasa panas jika intens digunakan ini yang membuat isu tersebut menjadi sering dibicarakan. Karena smartphone selalu disaku dan dekat dengan alat vital, muncullah ketakutan tersebut.

Panas dari smartphone tersebut bukanlah berasal dari gelombang radio. Panas tersebut berasal dari reaksi kimiawi pada baterai.

Beri Komentar