Bener Gak sih Kalau Pakai VPN Gak Bakal Bisa Dilacak?

Reporter : Yoyok
Rabu, 12 Agustus 2020 16:50
Bener Gak sih Kalau Pakai VPN Gak Bakal Bisa Dilacak?
Katanya kalo pake VPN bakal aman banget lho, beneran?

Di zaman serba canggih seperti ini, internet memang kendali penuh dalam banyak sektor. Mulai dari perbankan, hingga memesan makanan secara online, semua dilakukan secara online.

Internet juga bisa digunakan untuk menikmati berbabagi konten terlarang. Mulai dari yang streaming ilegal, hingga yang berbau pornografi.

Maka dari itu, kini banyak orang yang telah menggunakan VPN agar tidak bisa dilacak. Tetapi, bener gak sih VPN itu gak bisa dilacak?

1 dari 5 halaman

Virtual Private Network

Dikutip dari Arena Laptop, VPN itu adalah Virtual Private Network, yang artinya koneksi antar jaringan bersifat pribadi melalui jaringan publik. Bisa dibilang, VPN itu seperti kita meminjam jaringan koneksi internet orang lain dari tempat yang jauh.

Jadi, jika kamu mengaktifkan VPN, alamat IP milikmu akan disembunyikan sehingga orang lain susah melacaknya. Hal ini juga berfungsi untuk mengakses beberapa situs yang diblokir.

Rekomendasi 5 Aplikasi VPN, Buka Blokir Situs Lebih Lancar dan Aman © Diadona

2 dari 5 halaman

Mengacak Alamat IP

Tetapi, apakah dengan menggunakan VPN, koneksi kamu akan aman? Jika kamu menggunakan VPN dan terkoneksi dengan internet, secara otomatis alamat IP kamu akan diacak sehingga tidak dapat dilacak.

Satu-satunya pihak yang mengetahui alamat asli IP kamu adalah VPN itu sendiri. Seharusnya, layanan VPN yang terpercaya tidak akan membocorkan atau mengungkapkan informasi tentang alamat IP tersebut.

3 dari 5 halaman

Antisipasi Hacker

Selain mengacak alamat IP asli, VPN juga berfungsi untuk mengantisipasi dari kejahatan siber. Walaupun kenyatannya bisa diretas, akan sangat sulit bagi hacker untuk menembus jaringan internet yang menggunakan VPN.

Enkripsi dalam VPN membuatnya aman dari segala serangan para hacker di luar sana. Maka dari itu, akan jauhg lebih aman jika kamu brownsing di internet dengan menggunakan VPN.

4 dari 5 halaman

Masih BIsa Dilacak

Jadi, bagi kalian yang menggunakan VPN, jaringan kalian sebenarnya masih bisa dilacak ataupun diretas. Hal ini tergantung pada VPN yang kamu gunakan memiliki enkripsi yang kuat atau tidak.

Jika kamu ingin menggunakan VPN, gunakan layanan yang premium, jangan yang gratis. Karena layanan gratis pada VPn memberikan batasan-batasan yang sangat mengganggu dalam browsing, contohnya seperti kecepatan internet yang bakal lambat banget.

Beri Komentar