Berniat Beli Smartphone Bekas? Ikuti 5 Tips Berikut Ini Dulu yuk

Reporter : Yoyok
Kamis, 19 November 2020 14:50
Berniat Beli Smartphone Bekas? Ikuti 5 Tips Berikut Ini Dulu yuk
Banyak faktor yang mesti kamu pertimbangkan dalam membeli smartphone bekas

Di era teknologi dan internet yang berkembang pesat ini,smartphone sudah menjadi satu barang penting untuk dimiliki. Tidak hanya berfungsi untuk berkomunikasi, smartphone juga dapat melakukan berbagai pekerjaan.

Maka dari itu, tidak sedikit orang yang berburu smartphone bekas. Walaupun bukan pilihan yang baik, smartphone bekas terkadang menyajikan beberapa spesifik kelas tinggi dan tidak kalah dengan smartphone baru.

Namun, kamu juga harus hati-hati ketika membeli smartphone bekas lho. Salah-salah, kualitasnya malah jauh di bawah rata-rata.

Dikutip dari Merdeka, berikut ini adalah lima tips yang bisa kamu lakukan sebelum membeli smartphone bekas.

1 dari 6 halaman

Cek Kelengkapan Smartphone

Ilustrasi Smartphone Lengkap © Diadona

Sebelum membeli smartphone bekas, selalu cek kelengkapan dari smartphone tersebut. Selain handphone-nya, ada kabel USB, charger asli, headset, dan barang-barang lainnya.

Selain kelengkapan, kamu juga harus memeriksa kartu dan masa garansi yang tersisa.

2 dari 6 halaman

Lihat Harga Pasar

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Mengecek harga pasar juga penting lho sebelum mebeli smartphone bekas agar kamu tidak merasa tertipu. Dengan begitu, kamu juga tidak merasa kemahalan saat membeli smartphone tersebut.

Tidak hanya smartphone baru aja lho yang memiliki harga pasar, harga pasar smartphone bekas juga bisa kamu cek di beberapa situs handphone.

3 dari 6 halaman

Cek Sinyal Wifi

Ilustrasi Wifi © Diadona

Cek dulu smartphone bekas yang akan kamu beli, tentunya pada fitur sinyal. Selain itu, fitur Wifi dan Bluetooth pada smartphone tersebut juga perlu kamu periksa.

Jika tidak berfungsi, tentu saja akan berpengaruh kepada kinerja smartphone tersebut.

4 dari 6 halaman

Periksa Fitur Smartphone

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Ketika mau membeli smartphone bekas, jangan ragu untuk mengutak-atik fitur pada smartphone tersebut. Mulai dari tombol, baterai, speaker, layar, dan fungsi-fungsi lainnya. Coba juga cek smartphone ketika menghubungi atau menerima telepon.

5 dari 6 halaman

Beli dari Orang yang Sudah Dikenal Baik

Ilustrasi Jabat Tangan © Diadona

Tips-tips di atas bisa saja luput dari perhatianmu. Atau, sang penjual memiliki trik tersendiri dalam mengelabui ppembelinya.

Maka dari itu, sebaiknya kamu membeli smartphone bekas dari orang yang sudah kamu kenal baik. Karena dengan begitu, kamu bisa terhindar dari penipuan penjual smartphone bekas.

6 dari 6 halaman

Jadi gaes, perhatikan baik-baik ya. Jangan asala beli smartphone bekas lagi deh.

 

Beri Komentar