Biar Gak Terlalu Panas, Berikut 6 Cara Bikin Laptop Tetap Dingin

Gadget | Sabtu, 19 Juni 2021 07:50

Reporter : Yoyok

Kamu gak perlu masuk kulkas atau main laptop di Kutub Utara kok guys

Laptop telah menjadi salah satu gadget penunjang kerjaan di zaman sekarang. Karena dengan sifatnya yang portable, laptop bisa digunakan di masa saja kamu mau.

Entah itu di atas kasur, meja kerja, atau bahkan depan televisi. Apalagi di masa WFH seperti ini, pastinya kamu bakal nyari spot-spot nyaman di rumah buat kerja.

Namun, yang namanya barang elektronik, jika digunakan terlalu lama akan jadi panas. Untuk laptop yang bisa kita gunakan di mana saja, tentu saja hal ini bikin gak nyaman.

Berikut ini adalah enam cara agar laptop tetap terasa dingin ketika digunakan.

Biar Gak Terlalu Panas, Berikut 6 Cara Bikin Laptop Tetap Dingin
2 dari 5 halaman

Saluran Udara Bersih

Pastikan saluran udara pada laptop tetap bersih. Menumpuknya debu pada saluran udara di laptop dapat mengganggu sirkulasi udara.

Cara membersihkannya pun cukup mudah. Bersihkan dengan kuas dan jangan ditiup, karena debu dapat masuk ke dalam laptop.

Hindari Pemakaian Laptop di Atas Kasur

Menggunakan laptop di atas kasur dapat menyebabkan laptop jadi cepat panas. Hal ini dikarenakan permukaan yang empuk dapat membuat ruang tempat penghasil panasnya akan menumpuk dan dapat menyebabkan kerusakan.

Hal ini juga berlaku ketika kamu menggunakan laptop di atas bantal atau paha.

Ilustrasi LaptopIlustrasi Laptop © unsplash.com/Samsung Memory

3 dari 5 halaman

Istirahatkan Laptop

Laptop juga perlu istirahat agar tidak cepat rusak. Setelah menggunakan laptop, matikan selama 2 jam sebelum dipakai lagi.

Layar Tidak Terlalu Cerah

Layar LCD pada laptop juga bisa bikin cepat panas. Layar LCD yang terlalu terang juga akan mengonsumsi daya yang lebih besar.

4 dari 5 halaman

Pakai Cooling Pad

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan cooling pad. Biasanya cooling pad diletakkan sebagai alas laptop dan berbentuk kipas.

Cek Kondisi Thermal Paste

Thermal paste merupakan komponen dalam laptop untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh prosesor. Cek thermal paste secara berkala agar prosesor tidak cepat panas.

Ilustrasi LaptopIlustrasi Laptop © unsplash.com/Windows

Join Diadona.id