Biar Tetep Awet, Berikut 6 Tips Agar Layar Smartphone Tidak Cepat Rusak

Gadget | Kamis, 29 Oktober 2020 07:50
Biar Tetep Awet, Berikut 6 Tips Agar Layar Smartphone Tidak Cepat Rusak

Reporter : Andrawira Diwiyoga

Kalau layar smartphone rusak bisa panjang tuh urusannya

Smartphone merupakan salah satu benda sekuler yang kini telah menjadi kebutuhan primer. Tentu saja hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang meninggkat, sehingga membuat smartphone menjadi gadget penting bagi tiap orang.

Karena sudah dianggap primer, hampir setiap orang memiliki minimal satu smartphone. Mulai dari untuk menonoton Youtube, julid di kolom komentar akun artis, hingga berjualan online.

Salah satu bagian penting pada smartphone adalah layarnya. Karena jika sebuah smartphone tanpa layar, kamu mau ngeklik bagiana mana? Baterai?

Jadi, akan sangat merepotkan jika layar smartphone rusak. Entah itu retak, ataupun tampilan layar tinggal setengah.

Dikutip dari Selular, berikut ini adalah enam tips yang bisa kamu lakukan agar layar smartphone tetap awet dan tidak gampang rusak.

2 dari 8 halaman

Wajib Hukumnya Pakai Screen Guard

Layar pada smartphone tidak akan mungkin bisa terhindar dari yang namanya goresan. Tidak hanya goresan, cipratan air dan serta kuah bakso juga bisa mengenai layar smartphone.

maka dari itu terciptalah alat pengaman untuk smartphone bernama Screen Guard. Screen Guard bertuga untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar smartphone. Jadi, jangan lupa pakai pengaman ya, untuk smartphone.

3 dari 8 halaman

Kalibrasi Layar

 Ilustrasi SmartphoneIlustrasi Smartphone © unsplash.com/Rami Al-zayat

Dengan adanya fitur kalibrasi layar ini, para pengguna dapat mengetahui sensitifitas layar apakah masih bekerja dengan baik atau tidak. Kamu juga dapat mengatur tingkat kalibrasi layar lho, mau yang lambat banget atau yang cepet banget.

4 dari 8 halaman

Klik Menggunakan Jari atau Jempol

Layar smartphone diatur untuk menerima respon sentuhan jari, bukannya kuku. Karena jika kamu menggunakan kuku, ujungnya dapat merusak layar smartphone. jadi, kamu sudah gak perlu lagi pakai ujung tombank buat mencet smartphone.

Selain itu, jangan menekan layar smartphone terlalu kencang. Hal ini dapat merusak panel layar pada smartphone. Jangan karena emosi kamu menekannya pakai telapak tangan dengan penuh kekuatan. Itu smartphone bukan adonan roti lho ya.

5 dari 8 halaman

Hindari Panas

 Ilustrasi SmartphoneIlustrasi Smartphone © unsplash.com/Frank Vessia

Panas ternyata dapat merusak layar smartphone lho. Panas yang dimaksud bisa datang dari mana saja. Mulai dari matahari, kompor, microwave, api unggun, hinga hati yang tersakiti.

6 dari 8 halaman

Perhatikan Dimana Menyimpan Smartphone

Banyak orang menggunakan saku celana untuk menyimpan smartphone. Alasannya karena sangat prakti dan mudah untuk dijangkau.

Namun, saku celana juga dapat membuat layar smartphone tergores lho, apalgi celana ketat. Apalagi saat kamu memakai celana waktu SD di saat usiamu sudah 26 tahun, enggak cuma tergores tuh smartphone tapi celanamu juga robek.

7 dari 8 halaman

Bersihkan dengan Kain Lembut

 Ilustrasi SmartphoneIlustrasi Smartphone © unsplash.com/Mia Baker

Karena setiap hari disentuh, tidak mungkin tidak ada smartphone yang jauh dari noda membandel. Untuk membersihkannya, kamu dapat menggunakan kain yang lembut. Kamu bisa menggunakan kain dengan bahan microfiber yang sangat lembut.

Jika nodanya terlalu bandel, masukin pesantren aja deh. Enggak enggak, becanda kok. Jika nodanya terlalu susah untuk dihilangkan, kamu bisa menambahkan alkohol pada kain yang akan kamu gunakan untuk membersihkan. Tapi ingat, alkoholnya jangan diminum ya.

Join Diadona.id