Cara Ampuh Hentikan Penyebaran Virus Malware yang Ada di Smartphone Android

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 20 November 2020 14:25
Cara Ampuh Hentikan Penyebaran Virus Malware yang Ada di Smartphone Android
Malware ini memang musuh kita semua~

Salah satu virus yang mengintai keselamatan smartphone android kita adalah Malicious Software atau yang kita kenal akrab sebagai Malware. Jika smartphone android kita sudah terkana virus ini maka mau tidak kita harus segera membersihkannya.

Jika tidak, smartphone yang terkena virus ini akan muncul iklan secara terus menerus. Kalau nggak begitu tiba-tiba banyak aplikasi yang nggak kita ketahui muncul begitu saja.

1 dari 5 halaman

Lalu bagaimana cara sederhana untuk menghentikan virus Malware jika mengenai smartphone android kita?

1. Perbarui perangkat lunak

Melansir dari laman CNET, selalu periksa pembaruan perangkat lunak yang ada di smartphone android mu. Ini adalah salah satu langkah awal untuk melindungi perangkat dan juga akun kita.

Ilustrasi Android 11 © Diadona

Misal nih ya, ada pembaruan dari Android 10 ke Android 11, dalam pembaruan ini akan ada penambalan kerentanan software dan juga memutus akses perangkat lunak berbahaya. Pembaruan juga dapat menjaga malware agar tidak bekerja sejak awal.

2 dari 5 halaman

2. Tinjau izin aplikasi

Dalam hal ini, kita bisa Matikan pengaturan yang memungkinkan smartphone kamu memasang aplikasi dari luar Play Store. Caranya dengan masuk ke Security Setting, kemudian jangan izinkan peng-install-an aplikasi dari sumber yang tak jelas.

Juga, periksa seluruh izin aplikasi sebelum kamu mengunduhnya. Jika izin tak berkaitan dengan aplikasi tersebut, carilah aplikasi lain untuk diunduh.

3 dari 5 halaman

3. Pasang anti-virus

Ilustrasi Antivirus © Diadona

Meskipun ada perdebatan keefektifan penggunaan aplikasi anti-virus, namun lebih baik kita mencoba menghindari malware dengan memasang anti-virus atau anti-malware.

Masih mengutip keterangan dari CNET, paling tidak, kita bisa menggunakan program terkenal seperti Malwarebytes, Norton, Lookout atau Bitdefender untuk memindai perangkat Anda jika merasa sudah menginstal malware.

4 dari 5 halaman

4. Hindari aplikasi pihak ketiga

Aplikasi pihak ketiga ini memang rentan membawa virus terhadap smartphone kita. Pasalnya aplikasi ini tidak melalui peninjauan oleh Google dan dapat dengan lebih mudah disusupi perangkat lunak berbahaya.

Jadi, lebih baik ya gunakan toko aplikasi resmi di Goohle Play Store.

Jadi itu ya guys, sepertinya ish memang lebih baik mengantisipasi terlebih dahulu dari pada nanti sudah terlanjur kena susuah nyembuhinnya, hehehe.

Beri Komentar