Cara Membuat Email Baru di HP dan Laptop, Sangat Mudah dan Kamu Harus Tahu!

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 1 Oktober 2021 10:00
Cara Membuat Email Baru di HP dan Laptop, Sangat Mudah dan Kamu Harus Tahu!
Bagi para pemula seperti ibu rumah tangga atau siapa pun yang masih belum akrab dengan hal ini, cara membuat email baru di HP seperti menjadi tantangan tersendiri.

Cara membuat Email bari di HP adalah cara yang cukup sederhana jika kita ingin memiliki email tanpa harus membuatnya via laptop atau pun PC. Apa lagi di era yang sudah serba digital ini, sepertinya semua orang sudah memiliki email untuk digunakan dalam berbagai kehidupan sehari-hari.

Bagi yang tiap hari sudah bergelut dengan internet dan semua hal yang berhubungan dengan digital, cara membuat email baru di HP mungkin bukanlah hal yang asing lagi. Namun, bagi para pemula seperti ibu rumah tangga atau siapa pun yang masih belum akrab dengan hal ini, membuat email seperti menjadi tantangan tersendiri.

1 dari 4 halaman

Tapi tidak usah khawatir, cara membuat email baru di HP ini sebetulnya sangatlah mudah dan nggak seribet yang dibayangkan. Yang dibutuhkan hanyalah smartphone yang kompatibel dan koneksi internet yang baik dan stabil.

Biar nggak bingung, Diadona.id telah merangkum cara membuat email baru di HP ini dari sebagai sumber. Jadi kamu tinggal mengikuti beberapa langkah-langkahnya dengan seksama dan kamu akan memiliki email yang siap kamu gunakan. Berikut adalah langkah atau cara-caranya.

Cara Membuat Email Baru di HP

Cara Membuat Email Baru di HP © Diadona

1. Cari dan buka menu setting atau pengaturan yang berada di HP kamu.

2. Kemudian, cari menu account atau akun. Pilih add account atau tambah akun, tinggal tap atau ketuk aja.

3. Jika sudah, cari ikon Google. Kemudian pasti akan muncul pilihan 'sign in' dan 'create a new account', dan untuk membuat email baru langsung aja pilih create a new account.

4. Isi nama depan dan nama belakang kamu, lalu klik next. Jangan pula juga untuk mengisi tanggal lahir dan jenis kelamin, lalu klik next.

5. Pilih nama sebagai username kamu, lalu klik next.

2 dari 4 halaman

6. Nah, jika ternyata terdapat tulisan “ That username is taken. Try another” itu tandanya username yang kamu pilih sudah dipakai atau digunakan oleh orang lain. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka. Jika sudah, klik next.

7. Selanjutnya adalah menentukan password. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan kombinasi huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Ingat baik-baik dan jangan sampai lupa samakan isian kolom atas dengan bawah. Jika sudah, klik next.

8. Jika sudah akan muncul kotak Privacy and Terms, lalu klik pada tombol 'I Agree'.

9. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password. Klik Next.

10. Aplikasi akan memproses. Setelah itu akan ada pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah memiliki akun Gmail baru. Sangat mudah bukan cara membuat email baru di HP. Sepertinya, nggak akan lebih dari 10-15 menit deh hehe.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Email Baru di Laptop atau PC

Cara Membuat Email Baru di HP © Diadona

Cara membuat email baru di Laptop atau PC ini juga relatif mudah kok. Tapi, ya sesuai namanya, harus ada laptop atau PC dan juga koneksi internet yang baik dan stabil. Berikut adalah cara-caranya:

1. Masukkan alamat www.gmail.com atau cukup ketikkan 'gmail' pada peramban atau web browser.

2. Kemudian, klik create an account dan kemudian sebuah kotak akan terbuka.

3. Isi data diri dengan lengkap dan benar. Kemudian, pada isian setelah nama, kamu bisa memilih nama untuk username atau alamat email kamu.

4. Jika ternyata terdapat tulisan “ That username is taken. Try another." itu tandanya username yang kamu pilih sudah dipakai atau digunakan oleh orang lain. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka.

5. Lalu, isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.

6. Setelah itu, klik “ Next Step”, akan muncul beberapa poin persyaratan dan persetujuan. JIka sudah kamu baca langsung saja klik pada “ I Agree”.

7. Dan ya, kamu telah memiliki akun Gmail sekarang.

Jadi itulah cara membuat email baru di HP atau pun laptop yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya. Semoga uraian sederhana dan singkat ini bisa membantu ya!

Beri Komentar