Cara Membuat Robot Sederhana, Murah dan Tanpa Program untuk Pemula

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 22 September 2020 20:28
Cara Membuat Robot Sederhana, Murah dan Tanpa Program untuk Pemula
Dikenal sebagai alat yang canggih, ternyata ada banyak banget cara membuat robot sederhana yang murah dan bisa dipraktekkan untuk pemula.

Banyak orang yang mengira kalau cara membuat robot sederhana itu nggak mungking. Robot cuman bisa dilakukan oleh mereka yang punya keahlian khusus, atau bahkan harus memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi mengenai teknologi. Eh, padahal engga juga lho.

Cara membuat robot sederhana sebenarnya bisa kamu lakukan sendiri di rumah, bahkan ada beberapa proyek robotic yang dikhususkan sebagai salah satu kegiatan belajar dan bermain anak-anak. Wah, berarti nggak terlalu sulit dong ya?

1 dari 2 halaman

Cara Membuat Robot Sederhana dan Murah

Cara Membuat Robot Sederhana © Diadona

Robot memang identik dengan rangkaian elektronik dengan berbagai macam komponen untuk melakukan tugas tertentu. Robot yang canggih diatur dengan suatu program yang sudah didefinisikan terlebih dahulu.

Tapi ternyata ada beragam cara membuat robot sederhana yang murah dan juga mudah karena cukup menggunakan motor yang dihidupkan dengan energi baterai. Meskipun sebenarnya rangkaian komponen ini nggak bisa disebut dengan robot sih karena walaupun bisa bergerak, robot ini nggak memiliki sensor untuk merespon lingkungan.

Salah satu contoh cara membuat robot sederhana yang murah dan mudah ini yaitu robot dari sikat gigi bekas.

Bahan yang dibutuhkan adalah :

  • Sikat gigi bekas.
  • Motor getar mini. Kamu bisa mendapatkannya dari mesin yang ada di dalam sikat gigi elektrik
  • Selotip
  • Baterai 3V
  • Kamu juga bisa menambahkan hiasan seperti manik-manik berbentuk mata.

Sudah terkumpul semua bahannya? Yuk ikuti cara membuat robot sederhana dari sikat gigi berikut ini:

Pertama, potong kepala sikat gigi menggunakan tang

Rentangkan bulu-bulu sikat gigi biar robot jadi stabil. Kamu bisa menggunakan trik dengan meletakkan beban ke kepala sikat gigi selama beberapa menit.

Kupas kabel motor sekitar 1/4 dari panjang keseluruhan kabel.

Pasangkan salah satu kabel dengan baterai. Dalam cara membuat robot sikat gigi ini, kamu bisa menggunakan manik-manik berbentuk mata untuk menyembunyikan rangkaian kabel dengan baterai.

Pasangkan motor ke sikat gigi menggunakan pita. Ini nih yang seru sekaligus agak sulit dalam cara membuat robot ini. kalau kamu menempatkan motor terlalu jauh ke satu arah, bisa menyebabkan robot jadi terbalik karena terlalu berat di satu sisi. Kalau terlalu jauh ke arah lain, bisa membuat robot berputar terlalu cepat.

Selanjutnya, pasang satu kabel lagi. Perhatikan ya bahwa begitu kabel terhubung, maka robot bakalan langsung berputar.

Lebih lanjut mengenai cara membuat robot sederhana bisa kamu intip di video tutorial berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Robot Sederhana tanpa Program

Cara Membuat Robot Sederhana © Diadona

Robot identik dengan bahasa pemrograman dan kode yang membuatnya bisa merespon terhadap suatu kondisi tertentu. akibatnya, cara membuat robot mungkin cuman bisa dilakukan oleh mereka yang belajar bahasa pemprogaman.

Bisa nggak ya kalau dilakukan oleh orang awam? Bisa kok. yuk ikuti langkah berikut.

Dilansir dari Sholihul Huda, alat yang kamu butuhkan untuk cara membuat robot adalah:

  • Baterai holder
  • SPDT Switch 2 buah
  • Klip kertas
  • Konektor terminal kabel, ini nggak wajib kok
  • Dinamo motor 2 buah, kamu bisa mendapatkannya dari mainan yang udah rusak namun dinamonya masih berfungsi

Cara membuat robot

Taruh SPDT di atas tempat baterai lalu rekatkan dnegan lem power. Kalau kedua kali SPDT usah saling menyentuh, bisa langsung disolder ya. Selanjutnya kaki tengah kedua-duanya disambung dengan kawat trus disolder.

Tempelkan kedua dinamo pada samping tempat baterai dengan lem power.

Cara membuat robot selanjutnya adalag dengan menghubungkan kaki paling bawah SPDT Switch kiri dengan kaki dinamo bagian kiri. Hal yang sama juga dilakukan untuk kaki bagian kanan ya, lalu solder.

Lalu hubungan kaki dinamo bagian kiri dengan kaki dinamo bagian kanan menggunakan kabel.

Sambungkan kabel dari dinamo kebagian belakang tempat battre dengan cara di solder. Kamu harus melakukanya dengan cepat biar tempat baterai nggak meleleh.

Selanjutnya, kabel merah tempat baterai disambungkan dengan bagian kaki atas SPDT Switch, sedangkan kabel hitammnya ke bagian kaki tengah SPDT switch menggunakan solder.

Bikin roda di bagian belakang dengan menggunakan klip. Luruskan klip trus dilipat dengan tang. Masukan klip tersebut kedalam lubang butiran kemudian tempelkan dibagian belakang tempat battre dengan menggunakan lem.

Bikin antena dengan menggunakan klip kertas. Gimana caranya? Luruskan klip dengan tang, trus dilengkungkan perlahan-lahan. Selanjutnya, masukkan klip ke konektor terminal dengan tang trus masukkan ke besi SPDT.

Kalau nggak pake konektor terminal? Pakai lem kertas ke SPDT dengan menggunakan lem power.

Cara membuat robot selanjutnya yakni tahap membaut badan robot. Kamu bisa menggunakan botol bekas atau benda lainnya. Selesai deh!

Robot bakalan berjalan. Saat antena mehyentuh dinding atau penghalang, maka robot bakalan berbelok arah. Seru banget deh!

Mau yang lebih simple lagi? Kamu bisa membeli langsung kit robot analog tanpa program di berbagai e-commerce. Meskipun tentu saja, harganya dibandrol lumayan mahal.

Beri Komentar