Cara Membuat Tanda Tangan Digital dan Aplikasinya

Gadget | Selasa, 30 Juni 2020 21:26
Cara Membuat Tanda Tangan Digital dan Aplikasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Yuk bikin tanda tangan digital..

Tanda tangan digital layaknya sebuah sidik jari yang unik dan menjadi identitas kita di dunia digital. Karena berbagai urusan sekarang sudah go online, maka bentuk otentifikasi diri yang diperlukan untuk urusan tersebut, juga pasti harus online dong.

Makanya, kayaknya penting banget untuk kita punya yang namanya tanda tangan digital. Nggak cuman asal coret aja, tapi harus sesuai punya nilai tertentu yang menjamin kalau tanda tangan tersebut otentik dan memang berasal dari yang empunya.

Tapi, gimana ya cara membuat tanda tangan digital ini?

Gampang kok sebenernya!

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Ada banyak cara membuat tanda tangan digital yang akan disuguhkan oleh internet kalau kamu mencarinya di kolom pencarian. Tapi, kadang ribet banget.

Tapi Diadona punya cara membuat tanda tangan digital yang mudah nih.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Android dan iOS

Melansir Jurnal App, Salah satu cara untuk membaut tanda tangan digital yakni dengan aplikasi Adobe Fill & Sign.

 Adobe Fill & SignAdobe Fill & Sign © 2020 Diadona

Sebelumnya, install dulu aplikasi Adobe Fill & Sign di smaprtphone kita. Pastikan juga dokumen yag ingin ditanda tangani tersimpan di ponsel.

Buka aplikasi tersebut, pilih icom pena -> Create Signature

 Adobe Fill & SignAdobe Fill & Sign © 2020 Diadona

Trus bikin tanda tangan dengan menggunakan jari dan layar smartphone, layaknya kamu membuat tanda tangan di kertas biasa. Sudah selesai? Klik Done.

 Adobe Fill & SignAdobe Fill & Sign © 2020 Diadona

Pilih opsi Select a form to fill out untuk membubuhi dokumen dengan tanda tangan

 Adobe Fill & SignAdobe Fill & Sign © 2020 Diadona

Sudah masuk ke dokumen tersebut? Pilih ikon pena, klik Signature

 Adobe Fill & SignAdobe Fill & Sign © 2020 Diadona

Tempatkan tanda tangan di titik yang kamu mau dengan cara drag atau geser.

 Adobe Fill & SignAdobe Fill & Sign © 2020 Diadona

Gampang banget kan!

3 dari 5 halaman

Tanda Tangan Digital Kominfo

 Cara Membuat Tanda Tangan Digital KominfoCara Membuat Tanda Tangan Digital Kominfo © 2020 kominfo.go.id/

Beberapa waktu yang lalu Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meresmikan Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) dan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Tujuannya yaitu untuk meminimalkan pemalsuan.

Misalnya nih saat dibutuhkan tanda tangan seseorang yang sedang nggak ditempat, maka dia bisa memberikan tanda tangan pada surat elektronik yang dialamatkan padanya dan hal tersebut adalah legal.

Dalam laman Kominfo, ditegaskan bahwa penerapan tanda tangan elektronik ini dikalim bisa menangkal kejahatan siber. Layanan ini juga diklaim bisa meningkatkan keamanan karena memberikan perlindungan selain password.

Kominfo bekerja sama dengan beberapa penyelenggara yang memiliki otoritas milsaya untuk menerima pendaftaran, verifikasi dan menerbitkan sertifika tanda tangan elektronik bagi warga Indonesia.

Nah, salah satu penyelenggara identitas tanga tangan digital adala Privy Identitas Digital (PrivyID) secara resmi telah mengantongi otoritas untuk menerima pendaftaran, memverifikasi, serta menerbitkan sertifikat elektronik dan tanda tangan elektronik bagi warga Indonesia.

Kamu bisa menggunakan aplikasi tersbeut sebagai cara membuat tanda tangan digital yang aman. Terlebih dahulu, kamu bakalam diminta untuk mengisi berbagai data pribadi kependudukan.

Ini penting karena data tersebut bakalan diverifikasi dan dipetakan kembali secara unik oleh PrivyID. Contohnya, data NIK pengguna akan langsung dicocokkan dengan data yang dimiliki pemerintah. Selain itu, PrivyID juga membekali para usernya dengan kunci keamanan ganda. Ketika user ingin menandatangani dokumen, wajib menggunakan ID dan one time password.

4 dari 5 halaman

Tanda Tangan Digital

 

 Tanda Tangan DigitalTanda Tangan Digital © 2020 unsplash.com/ Cytonn Photography

Tanda tangan digital adalah suatu skema matematika untuk verifikasi keaslian pesan atau dokumen digital. Tanda tangan ini punya keunikan untuk mengidentifikasi seorang di dunia digital. Tanda tangan digital yang valid, di mana prasyarat dipenuhi, memberikan penerima alasan yang sangat kuat untuk percaya bahwa pesan itu dibuat oleh pengirim yang dikenal ( otentikasi ), dan bahwa pesan itu tidak diubah dalam transit.

Tanda tangan digital layaknya sidik jari elektronik. Dalam bentuk pesan kode, tanda tangan digital mengaitkan penanda tangan dengan dokumen transaksi yang direkam secara aman.

5 dari 5 halaman

Aplikasi Tanda Tangan Digital

Selain Adobe Fill & Sign kayak yang udah Diadona tulis tadi, cara membuat tanda tangan digital juga bisa kamu lakukan dengan aplikasi lain. Melansir Zapier, seengaknya ada 7 aplikasi yang bisa kamu pakai untuk kebutuhan kamu ini.

DokuSign, untuk melacak siklus dokumen
HelloSign, untuk pengguna dengan anggaran terbatas
Adoba Sign, untuk cara membuat tanda tangan digital yang terintegrasi dengan Adobe
Preview, untuk menandatangi dokumen sekali-kali
RightSignature, untuk keamanan tambahan
YouSign, nggak cuman sebagai cara membuat tanda tangan digital tapi juga buat mengirimkan berbagai dokumenContractbook untuk kolaborasi dengan paperwork

Mengingat tanda tangan digital kini udah penting, yuk mulai belajar bikinnya!

Join Diadona.id