Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau Belum Secara Online, Gampang dan Nggak Ribet kok!

Reporter : Wicha Mashita
Sabtu, 22 Agustus 2020 13:15
Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau Belum Secara Online, Gampang dan Nggak Ribet kok!
Cara mengecek kiriman pos sudah sampai atau belum bisa secara online loh!

Buat kamu yang suka melakukan pengiriman dan penerimaan barang, pasti ingin tahu kan gimana cara mengecek kiriman pos sudah sampai atau belum? Pengiriman barang ini biasanya dikemas dalam bentuk paket, sedangkan dokumen di dalam amplop tertutup yang bisa dijangkau sampai seluruh dunia.

Nah, di Indonesia sendiri ada Pos Indonesia yang menyediakan jasa pos milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Berdirinya sudah di usia 272 tahun loh, mulai 26 Agustus 1746. Di awal tahun 2000-an pengiriman surat sempat meredup karena adanya e-mail dan pesan singkat. Tapi, hal ini nggak buat Pos Indonesia terpuruk guys.

Siapa nih yang sampai sekarang masih pakai jasa pengiriman lewat pos? Nggak heran kalau Pos Indonesia masih jadi favorit banyak orang. Soalnya, tarif kurir yang lebih terjangkau dan pastinya sudah terpercaya karena sudah berdiri ratusan tahun. 

1 dari 4 halaman

Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau Belum

Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau Belum © Diadona


Kamu pasti penasaran kan guys, gimana sih cara mengecek kiriman pos sudah sampai atau belum. Melansir dari liputan6, ada kok cara mengecek kiriman pos sudah sampai atau belum secara online dan pastinya nggak ribet. Soalnya, kamu nggak perlu datang ke kantor Pos. Cara mengecek kiriman pos sudah sampai atau belum bisa lewat online.

Kalau kamu mau tahu cara mengecek kiriman pos sudah sampai atau belum, harus punya nomor barcode/ pengiriman guys. Setelah melakukan pengiriman berkas atau barang, nantinya kan kamu dapat kertas berisi informasi detal pengiriman atau yang biasa disebut bukti resi.

2 dari 4 halaman

Nah, di bagian kanan bukti resi ini ada nomor barcode atau nomor kiriman. Nomor kiriman ini berupa kombinasi angka yang kamu gunakan untuk cara mengecek kiriman pos sudah sampai atau belum. Catat nomornya ya guys.

Terus, buka laman resmi Pos Indonesia dengan mengakses Posindonesia.co.id. Nantinya di bagian kiri atas ada panel lacak kiriman. Kamu tinggal isi deh nomot barcode/ kiriman yang tadi sudah kamu catat. Lalu isi kode keamanan dan lanjutkan klik 'Cari Kiriman'.

3 dari 4 halaman

Status Pengiriman Pos

Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau Belum © Diadona


Setelah kamu mengisi nomor barcode di laman resmi Pos Indonesia untuk mengetahui cara mengecek kiriman pos sudah sampai atau belum, akan muncul status pengiriman pada pelacakan paket. Ada beberapa status pengiriman, yaitu:

1. Manifest Terima, yang mana kiriman kamu sudah diterima di suatu bagian dari Kantor Pos untuk menyalurkan kiriman pos ke proses selanjutnya.

2. Manifest Serah, artinya kiriman sedang diteruskan atau dalam proses diantar ke cabang kantor Pos tujuan.

3. Posting Loket, artinya kiriman kamu sudah diterima di loket dan akan diproses ke pengiriman tempat tujuan.

4 dari 4 halaman

4. Proses Antar, maksudnya adalah kiriman sedang dibawa kurir untuk meneruskan kepada penerima tujuanmu.

5. Selesai Antar, nah berarti paket yang kamu kirim sudah diserahkan kurir kepada penerima.

6. Antar Ulang, kalau status yang ini artinya kiriman gagal diantar. Tapi tenang saja, akan diantar kembali esok harinya kok.

7. Gagal Antar, maksudnya kiriman kamu gagal diantar di hari itu. Hal ini bisa terjadi karena berbagai macam kondisi guys. Bisa karwna kurir nggak menemukan alamat tujuan, si penerima nggak ada di tempat atau ada kendala selama perjalanan.

Nah, jadi itu tadi cara mengecek kiriman pos sudah sampai atau belum secara online yang nggak ribet. Tentu saja kamu tinggal memanfaatkan gadget dan internet di rumah untuk memantau pengiriman.

Beri Komentar