Cara Menghilangkan Status Online di WA, Mudah dan Simple Banget!

Gadget | Selasa, 27 Juli 2021 14:00

Reporter : Arif Mashudi

meskipun banyak fitur yang disukai pengguna di dalam WhatsApp, ada juga fitur yang cukup dibenci oleh pengguna yaitu status online. Tapi itu bisa dihilangkan kok hehehe.

WhatsApp saat ini sudah menjadi aplikasi berkirim pesan instan yang digunakan oleh banyak orang. Selain karena mempunyai User Interface yang sederhana, aplikasi ini juga sangat ringkas. WA hanya hanya memerlukan nomor HP untuk bisa menggunakannya.

Berbagai fitur di dalam aplikasi buatan Jan Koum dan Brian Acton juga banyak fitur-fitur yang membuat siapapun betah menggunakannya. Tapi ada juga fitur yang sepertinya dianggap oleh sebagian orang terlalu mengusik privasi. Ya, fitur tersebut adalah fitur keterangan online.

Tapi tenang, semua masalah pasti ada jalan keluarnya kok. Termasuk juga cara menagatsi fitur WhatsApp yang satu ini.

Cara Menghilangkan Status Online di WA, Mudah dan Simple Banget!
2 dari 5 halaman

Setelan default WhatsApp mengizinkan setiap pengguna untuk melihat informasi pengguna lain, di antaranya tanda terima setelah membaca pesan atau centang biru, terakhir kali pengguna terlihat aktif di platform, panel tentang bio, dan gambar profil.

Melansir dari laman Tekno Merdeka, ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menjaga privasi kita ketika menggunakan WhatsApp. Salah satunya dalah dengan cara berikut ini:

1. Buka WhatsApp.
2. Klik pada tiga titik vertikal di sudut kanan atas.
3. Ketuk Pengaturan.
4. Dari menu Pengaturan, pilih Akun.
5. Selanjutnya, ketuk Privasi.
6. Pilih Last Seen dari daftar opsi.
7. Di jendela pop-up, pilih Tidak Ada.

Meskipun telah melakukan hal tersebut, pengguna lain masih bisa tahu bahwa kontak tertentu sedang online apabila mereka membuka WhatsApp dalam waktu bersamaan.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi WhatsAppIlustrasi WhatsApp © shutterstock.com/PixieMe

Untuk benar-benar bisa menghilangkan kata status online di dalam WA tentunya dibutuhkan beberapa langkah tambahan. Berikut adalah langkah yang bisa dilakukan seperti dilansir dri laman Tirto.id:

1. Aplikasi WhatsRemoved+

Cara pertama untuk menghilangkan kata online di WhatsApp secara total adalah dengan memasang aplikasi tambahan yaitu WhatsRemoved+. Niscaya, status online di WhatsApp bisa menjadi benar-benar tidak terlihat.

Caranya cukup mudah kok, setelah memasang WhatsRemoved+, setiap ada pesan masuk jangan dibuka dahulu. Bacalah pesan WhatsApp melalui aplikasi WhatsRemoved+. Tetapi, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk membaca pesan saja, tidak bisa untuk membalas pesan.

4 dari 5 halaman

2. Menonaktifkan Laporan Dibaca atau Read Receipts

Dobel centang biru menandakan bahwa pesan sudah terkirim dan dibaca. Nah, ntuk mengelabui orang lain, kita bisa menonaktifkan fitur Laporan Dibaca atau Read Receipts ini.

Dengan begitu, jika menerima pesan dari orang lain dan membacanya, hanya akan muncul dobel centang namun tidak muncul warna biru. Sehingga orang lain mengira pesannya belum dibaca. Caranya: tap Ikon tiga titik > Setelan > Privasi > Laporan Dibaca (matikan).

3. Baca dan Balas Cepat

Cara tambahan selanjutnya agar status online tidak terlihat setelah menonaktifkan fitur Last Seen adalah dengan membaca atau membalas pesan secara cepat. Dengan catatan, pengguna lain pun tidak sedang membuka WhatsApp saat itu.

Jadi itu lah beberapa cara yang bisa kita tempuh agar kata atau status online di WA bisa hilang atau tidak diketahui orang. Semoga inibisa bermanfaat buat kita semua ya!

Join Diadona.id