Duo Chipset Gahar Dimensity Series Hadir di Pasaran, Salah Satunya Ada di Poco X3 GT

Reporter : Yoyok
Kamis, 28 Oktober 2021 23:43
Duo Chipset Gahar Dimensity Series Hadir di Pasaran, Salah Satunya Ada di Poco X3 GT
Kayak gimana sih duo chipset gahar ini?

Poco kini tengah menjadi salah satu brand smartphone ternama di Indonesia. Poco juga dianggap sebagai brand smartphone yang cocok banget buat anak muda.

Gak cuma cocok buat kaum milenial, Poco juga memiliki banyak smartphone pilihan dengan fitur mentereng. Poco bahkan berani dalam menerapkan inovasi pertama kali di dunia.

Salah satunya adalah pada sektor chipset Dimensity Series pada smartphone Poco.

1 dari 6 halaman

Poco X3 GT merupakan smartphone pertama di kelas flagship yang menggunakan chipset Dimensity Series. Tersemat chipset Dimensity 1100 pada Poco X3 GT ini dengan fabrikasi 6nm pertama di dunia.

Melalui salah satu chipset terkencang Dimensity ini, Poco menawarkan performa, efisiensi daya, dan konektivitas lebih baik dalam menghadirkan pengalaman pengguna terbaik bahkan ketika memainkan game favorit melalui Poco X3 GT.

Poco X3 GT © Diadona

2 dari 6 halaman

Dimensity 1100 pada Poco X3 GT ini beroperasi dengan arsitektur serupa chipset terbaik empat core utama Arm Cortex-A78 terbaru yang memiliki clock speed hingga 2,6GHz, serta empat core efisiensi Arm Cortex-A55 dengan clock speed hingga 2GHz.

Arsitektur CPU ini, dikombinasikan dengan GPU ARM Mali-G77 MC9 yang berjalan di 836 MHz, mampu menjalankan game-game “ berat” dengan lancar melalui perangkat ini. Pengguna juga akan terkoneksi dengan baik menggunakan modem integrated 5G*, slot kartu SIM 5G ganda, dan dukungan WiFi 6 yang telah lengkap didukung dalam chipset ini.

3 dari 6 halaman

Dua chipset Dimensity yang dirilis pada tahun 2021, yaitu 1100 dan 1200 ini memiliki performa yang mirip dengan sedikit perbedaan yang terlihat pada arsitektur CPU. Chipset Dimensity 1200 mengusung mode arsitektur 1+3+4, yaitu sebuah core utama tertinggi Arm Cortex-A78 3GHz yang didukung tiga core utama lainnya Arm Cortex-A78 2,6GHz dan dilengkapi dengan empat core efisiensi Arm Cortex-A55 2GHz.

Sedangkan, Dimensity 1100 menggunakan mode arsitektur 4+4, yaitu empat core utama Arm Cortex-A78 2,6 GHz yang didukung empat core efisiensi Arm Cortex-A55 2GHz. Sehingga di atas kertas, Dimensity 1200 memiliki skor benchmark Antutu sedikit lebih tinggi, yaitu di kisaran 667.000 dibanding Dimensity 1100 yang mendapatkan skor 643.000.

4 dari 6 halaman

Berikut ini adalah spesifikasi kedua chipset tersebut yang mirip namun tak sama:

- Grafis Terkencang Di Kelasnya: Dalam hal pemrosesan grafis, kedua chipset ini sama-sama menggunakan GPU Mali-G77 MC9 dan arsitektur Valhall, dengan demikian keduanya memiliki frequency GPU 800GHz, 9 core GPU, dan jumlah GFlops sebesar 504. Sehingga, keduanya sama-sama mampu memainkan berbagai aplikasi game “ berat” yang populer saat ini.

- Dual 5G Terkuat: Modem 5G yang terintegrasi pada Dimensity 1200 dan 1100 telah mendukung teknologi 5G UltraSave, dan masih mendukung setiap generasi konektivitas yang telah ada. Teknologi UltraSave ini menyajikan penghematan daya yang besar dan telah memiliki fitur-fitur konektivitas terkini, termasuk arsitektur standalone dan non-standalone 5G, agregasi operator 5G (2CC) lintas frequency division duplex (FDD) dan time division duplex (TDD), dynamic spectrum sharing (DSS), True Dual SIM 5G (5G SA + 5G SA), Voice over New Radio (VoNR), dan pengintegrasian 5G HSR Mode dan 5G Elevator Mode untuk memastikan koneksi 5G yang mulus dan andal di seluruh jaringan.

5 dari 6 halaman

- AI Multimedia Mumpuni: Dimensity 1200 mendukung resolusi hingga 200 MP untuk fotografi dan HDR-ISP lima inti yang memperbesar rentang dinamis perekaman video 4K HDR. Sementara, Dimensity 1100 mendukung kamera dengan resolusi hingga 108 MP. Keduanya telah dilengkapi dengan prosesor AI MediaTek APU 3.0 versi terkini yang memiliki enam inti sehingga mampu menyajikan komputasi kinerja tinggi dengan konsumsi daya rendah. Baik Dimensity 1200 maupun Dimensity 1100 mendukung fitur-fitur kamera AI, mencakup AI-Panorama Night Shot, AI Multi-Person Bokeh, AI noise reduction (AINR), dan kemampuan HDR. Selain itu, kedua seri chipset juga mendukung fitur pemutaran video baru yang disempurnakan dengan AI, termasuk AI SDR-to-HDR.

- Refresh Rate Tinggi: Kecepatan refresh rate layar 168Hz disajikan oleh chipset Dimensity 1200 untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Sementara itu, Dimensity 1100 mendukung refresh rate hingga 144Hz pada layar sehingga menyajikan visual yang tajam dan tanpa tersendat. Kedua seri chipset telah didukung teknologi game HyperEngine 3.0 dan daya respon layar sentuh multi-touch boost yang memperkaya pengalaman mobile gaming.

- Dual-Link True Wireless Stereo Audio: Kedua chipset telah mendukung konektivitas Bluetooth 5.2 sehingga memungkinkan untuk konektivitas ke beberapa perangkat nirkabel secara bersamaan. Selain itu, telah mendukung Audio True Wireless Stereo (TWS) dengan latensi rendah dan encoding LC3 untuk kualitas video tinggi dan streaming audio yang hemat daya.

Beri Komentar