Emang Bener Angkat Handphone Tinggi-Tinggi Bakal Bikin Sinyal Bagus?

Reporter : Yoyok
Jumat, 28 Agustus 2020 18:50
Emang Bener Angkat Handphone Tinggi-Tinggi Bakal Bikin Sinyal Bagus?
Pas diangkat, sambil digoyang-goyangin gitu handphone-nya

Handphone sudah menjadi salah satu barang pokok yang vital dan selalu dibawa kemana-mana. Salah satu faktor yang membuat handphone sangat berguna adalah sinyalnya.

Tanpa adanya sinyal, kamu tidak bisa menggunakan handphone untuk telepon atau mengirim pesan. Tanpa sinyal juga kamu tidak bisa meng-upload video TikTok yang baru saja kamu buat.

Sering kali ketika kita kehilangan sinyal, kita mengangkat handphone tinggi-tinggi sambil digerakkan ke kanan dan ke kiri, layaknya seseorang yang sedang berusaha menangkap sinyal dengan handphone-nya.

Tetapi, apakah hal ini efeketif?

1 dari 4 halaman

Tidak Efektif

Nyatanya, hal itu tidak berguna sama sekali. Mau kamu lompat sambil mengangkat handphone, atau salto sekalipun, kamu tetap tidak akan mendapatkan sinyal.

Sebenarnya, sinyal handphone tidak hanya berada di sekitar kita. Sinyal handphone berada di sekitar kita, termasuk di bawah kakimu.

Ilustrasi Smartphone © Diadona

2 dari 4 halaman

Bangunan Menjadi Penghalang

Dikutip dari Kumparan, handphone akan kesulitan mendapatkan sinyal di tempat yang memiliki banyak halangan. Bangunan infrakstruktur atau tembok rumahmu juga bisa menjadi penghalang sinyal sampai ke handphone-mu.

Untuk mengatasinya bukanlah dengan cara mengangkat handphone tingi-tinggi, melainkan berjalan menjauhi lokasi awal kamu kesilutan sinyal. Bisa saja dengan berpindah tempat, sinyal yang handphone kamu terima jadi lebih baik lagi.

3 dari 4 halaman

Kerumunan Menjadi Penghambat

Selain karena bangunan, tempat yang ramai dan dipenuhi oleh banyak orang bisa menjadi penyebab kamu kesulitan mendapatkan sinyal.

hal ini dikarenakan jaringan telekomunikasi yang terlalu padat diakibatkan banyaknya handphone yang difungsikan di satu tempat. Handphone pun saling berlomba-lomba untuk mendapatkan sinyal dari anten jaringan seluler atau BTS (Base Transceiver Station).

Cara mengatasinya ya kamu tinggal pergi saja dari kerumunan tersebut, sama seperti mengatasi sinyal lemot akibat halangan gedung atau bangunan.

Ilustrasi Smartphone Diangkat Tinggi-tinggi © Diadona

Beri Komentar