Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down, Apa Penyebabnya?

Gadget | Selasa, 5 Oktober 2021 08:47

Reporter : Yoyok

Ketiga produk Facebook tersebut masih belum memberikan alasan yang jelas.

Kemarin malam, Senin (4/10/2021) ketiga aplikasi besar milik Facebook down. Facebook, Instagram, dan WhatsApp secara bebarengan mengalami down dan tidak dapat diakses.

TRentu saja dengan banyaknya pengguna ketiga aplikasi tersebut, kerugian yang dialami tidaklah sedikit. Apalagi ketiganya mengalami down secara bersamaan dalam satu waktu.

Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down, Apa Penyebabnya?
2 dari 7 halaman

Hingga saat ini, pihak Instagram, Facebook, maupun WhatsApp tidak memberikan alasan yang detail terkait robohnya platform-nya kemarin malam. Netizen yang panik pun mencari-cari penyebab down-nya ketiga aplikasi tersebut.

Namun, para peneliti menyebutkan bahwa down-nya ketiga aplikasi milik Facebook tersebut dikarenakan Domain Name System (DNS).

Ilustrasi FacebookIlustrasi Facebook © unsplash.com/Kon Karampelas

3 dari 7 halaman

Dikutip dari CNN, divisi analisis internet Cisco Thousand Eyes mengatakan melalui akun Twitter-nya, bahwa Instagram, Facebook, dan WhatsApp mengalami gangguan dikarenakan DNS.

Fyi, DNS merupakan penerjemah nama situs web menjadi alamat IP yang dapat dibaca oleh komputer. DNS juga sering disebut dengan telepon internet.

4 dari 7 halaman

Doug Madory, direktur analisis internet Kentik yang bergerak di bidang pemantauan jaringan, mengatakan down-nya ketiga aplikasi tersebut dikarenakan konektivitas internet ketika mereka sedang memperbarui konfigurasi jaringan mereka.

Masalah seperti ini sempat terjadi di Fastly, sebuah perusahaan komputasi awan asal Amewrika Serikat, pada Juni kemarin. Fastly sempat mengalami pemadaman internet global selama kurang lebih 50 menit.

Ilustrasi InstagramIlustrasi Instagram © unsplash.com/Claudio Schwarz

5 dari 7 halaman

"Saya tidak tahu jika saya pernah melihat pemadaman seperti ini sebelumnya dari sebuah perusahaan internet besar," ucap Doug Madory.

Doug juga menambahkan bahwa fakta down-nya ketiga aplikasi dari sebuah perusahaan besar seperti Facebook dengan jangka waktu sampai tiga jam, menunjukkan bahwa tidak ada gerak cepat dalam perbaikan untuk menyelesaikan masalah ini.

6 dari 7 halaman

Roland Dobbins, insinyur utama di perusahaan keamanan digital Netscout, mengatakan bahwa mungkin pihak Facebook butuh waktu untuk memulihkan layanan mereka secara bertahap.

Maka dari itu, Roland meminta kepada Facebook untuk menjelaskan kepada para pengguna di seluruh dunia terkait dengan masalah tersebut.

Ilustrasi WhatsAppIlustrasi WhatsApp © unsplash.com/Mika Baumeister

Join Diadona.id