Gak Perlu Langsung Beli Baru, Berikut Langkah-Langkah Mengeringkan Smartphone yang Basah

Reporter : Yoyok
Jumat, 26 Februari 2021 06:50
Gak Perlu Langsung Beli Baru, Berikut Langkah-Langkah Mengeringkan Smartphone yang Basah
Apalagi di musim hujan dan banjir kayak gini, HP bakalan mudah basah tuh

Di musim hujan seperti ini, pasti banyak dari kalian yang yang smartphone miliknya basah. Entah itu karena hujan, masuk ke got, ataupun terendam banjir.

Smartphone merupakan gadget yang mudah dibawa dan sangat dibutuhkan di era serba digital seperti sekarang ini. Maka dari itu, potensi smartphone untuk basah sangat besar karena bisa dibawa kemana saja.

Dikutip dari Tech Advisor, berikut ini adalah langkah-langkah mengeringkan smartphone yang basah.

1 dari 5 halaman

Segera Amankan Smartphone dari Air

Setahan apapun sebuah smartphone terhadap air, tetap saja itu adalah barang elektronik. Bahkan, smartphone anti air dengan sertifikasi IP67 atau IP68 tidak bisa lama-lama kena air.

Begitu smartphone basah, segera amankan dari air. lap dengan handuk, kain atau lainnya sebagai pertolongan pertama.

2 dari 5 halaman

Matikan Smartphone

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Setelah kamu mengamankan smartphone dari air, segera matikan. Jangan gunakan smartphone basah untuk lasan apapun. Hal ini untuk menghindari risiko kerusakan yang makin para pada smartphone.

3 dari 5 halaman

Copot Semua Bagian Smartphone yang Bisa Dilepas

Lepas silikon atau soft case lalu bersihkan. Lepas SIM card dan baterai jika bisa dilepas.

Goyang-goyangkan sedikit smartphone kamu untuk mengeluarkan air yang masuk ke port. Keringkan semua bagian yang tadi bisa dilepas. Jika sudah kering, satukan lagi bagian-bagian smartphone tersebut.

4 dari 5 halaman

Kubur Pakai Silica Gel atau Beras

Ilustrasi Smartphone dalam Beras © Diadona

Beras memang terbukti dapat mengeringkan smartphone yang basah. Caranya yaitu ambil wadah yang ukurannya sama dengan smartphone kamu, seperti mangkok atau piring. Bungkus smartphone dengan selembar tisu, lalu kubur dalam beras yang berada di wadah tersebut. Diamkan seharian penuh, dan smartphone kamu akan kering.

Memakai silica gel juga bisa lho. Caranya yaitu taruh smartphone di dalam lemari yang hangat dengan sirkulasi udara di dalamnya. Letakkan juga kantung-kantung silica gel di dalamnya. Diamkan selama 1-2 hari, dan smartphone kamu akan kering.

Beri Komentar