Google Punya Fitur Baru Hum To Search, Siap Membantumu Temukan Lagu Hanya Dengan Bersiul

Gadget | Minggu, 18 Oktober 2020 09:00
Google Punya Fitur Baru Hum To Search, Siap Membantumu Temukan Lagu Hanya Dengan Bersiul

Reporter : Arif Mashudi

Asik, tambah gampang aja nih cari lagu hahaha.

Google bisa dibilang sebagai mesin pencari atau bahasa kerennya Search Engine yang banyak sekali digunakan di dunia. Nggak melulu mencari sesuati hal yang rumit, terkadang Google juga digunakan untuk menemukan hal remeh seperti judul lagu.

Mungkin Google tahu jika kita sering mencari lagu tapi tidak berdasarkan judul, tapi hanya berdasarkan lirik yang ingat. Dan Google mungkin juga tahu kalau kita sering mencari lagi tapi kita tak tahu lirik dan juga judulnya.

2 dari 5 halaman

Nah, kini kita semua nggak usah khawatir jika mengalami hal demikian. Pasalnya, Google telah meluncurkan fitur baru 'Hum To Search', sebuah fitur yang siap membantu kita mencari lagu yang melalui senandung atau bersiul.

Fitur baru ini tersedia di aplikasi Google di iOS dan Android, atau bisa melalui Google Assistant. Cukup tanyakan ‘Hai Google, lagu apa ini?' ke Google atau ketuk tombol ‘cari lagu’ lalu kamu tinggal bersenandung pada microphone headset Anda. Google kemudian akan menampilkan hasil berdasarkan seberapa besar kemungkinan kecocokan yang dipikirkannya.

 Google Rilis Fitur Hum To SearchGoogle Rilis Fitur Hum To Search © 9to5google

3 dari 5 halaman

Kok canggih banget sih fitur ini, gimana cara kerjanya ya?

Menurut penjelasan Google, fitur " Hum to search" didukung teknologi machine learning yang mampu mendeteksi nada atau alunan lagu yang didengungkan oleh pengguna.

" Kami telah merancang model machine learning yang dapat menyesuaikan nada, melodi, atau suara nyanyian Anda dengan tepat," kata Google dalam blog resminya.

" Saat Anda menyenandungkan melodi di kolom pencarian, machine learning akan mengubah audio menjadi urutan berbasis angka untuk mewakili melodi lagu," lanjut Google.

4 dari 5 halaman

Saat ini, fitur bersenandung ini baru tersedia versi Bahasa Inggris untuk iOS, dan lebih dari 20 bahasa untuk Android. Google mengatakan jika fitur ini akan terus dikembangkan agar bisa digunakan oleh siapapun.

Gitu ya guys, kalian kalau lupa kudul lagi tinggal bersiul atau bersenandung di Google dan boom, lagu itu akan ditemukan.

Sumber: The Verge

Join Diadona.id