Instagram Reels Resmi Diluncurkan, Saingan Baru TikTok nih?

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 6 Agustus 2020 10:01
Instagram Reels Resmi Diluncurkan, Saingan Baru TikTok nih?
Bisa nggak nih ngalahin Tiktok?

Beberapa waktu yang lalu, Instagram mengumumkan bahwa akan membuat fitur yang mempunyai kemiripan dengan Tiktok. Fitur tersebut bernama Reels, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna merekam dan mengedit klip video 15 detik dengan tambahan efek audio dan visual.

1 dari 4 halaman

Dilansir dari Tekno Liputan6, Instagram Reels resmi diluncurkan hari ini, Rabu (5/8/2020). Fitur Reels ini sangat mirip dengan Tiktok, yang artinya TikTok kini mempunyai kompetitor baru.

Jika ditelaah secara keseluruhan, beberapa menu dalam Instagram Reels pasti tidak asing lagi buat pengguna Tiktok. Beberapa menu seperti menambah efek audio, efek AR, timer, kecepatan video, dan lain-lain pasti sudah sangat dipahami oleh pengguna Tiktok.

Efek audio dalam Instagram Reels sudah disediakan oleh Instagram. Namun, pengguna dapat memakai audio sendiri dengan merekamnya.

Instagram Reels © Diadona

2 dari 4 halaman

Nantinya, konten video Reels yang kita buat bisa dibagikan ke teman-teman lewat fitur Instagram Stories, Feeds, maupun langsung melalui Direct Message.

Apabila kita membagikannya di Instagram Stories, konten video Reels akan hilang setelah 24 jam. Sementara, jika kita unggah di Feed, video tersebut akan terpampang dihalaman profil, sama seperti ketika kita mengunggah sebuah foto atau konten IGTV.

Lebih lanjut, kita bisa mengatur apakah konten Reels kita sebagai public atau privat. Jika diatur sebagai publik, konten tersebut akan bisa ditelusuri oleh pengguna lain di halaman khusus Reels yang dimuat di fitur Explore.

3 dari 4 halaman

Terkait dengan fitur yang sangat mirip dengan Tiktok ini, Product Director Instagram, Robby Stein, angkat bicara.

" Menurut saya, Tiktok layak kita hargai karena telah mempopulerkan format video pendek. Tetapi pada akhirnya, tidak ada dua produk yang sama persis, begitu juga produk kami (Reels)" Tutur Stein kepada The Verge.

4 dari 4 halaman

Sayangnya, walaupun sudah resmi diluncurkan, fitur Reels ini masih belum tersedia di Indonesia. Mungkin peluncuran ini akan dilakukan secara bertahapa ke beberapa negara.

Duh, penasaran nih, apakah Reels benar-bemar menjadi ancaman serius bagi Tiktok seperti halnya Instagram Stories menggulingkan Snapchat? Kita tunggu saja ya, sambil bikin video Tiktok!

Beri Komentar