Ismail Marzuki Tampil sebagai Google Doodle pada Hari Pahlawan 10 November 2021

Reporter : Yoyok
Rabu, 10 November 2021 08:27
Ismail Marzuki Tampil sebagai Google Doodle pada Hari Pahlawan 10 November 2021
Siapa sih Pak Ismail Marzuki?

Google Doodle sering kali tampil dengan desain yang berbeda. Sering kali pahlwan nasional yang tampil dalam Google Doodle.

Kali ini, Google Doodle menampilkan salah satu pahwalan nasional di Hari pahlawan 10 November. Beliau adalah komposer legendaris Indonesia, Ismail Marzuki.

1 dari 5 halaman

Ismail Marzuki merupakan salah satu komposer Indonesia yang telah menciptakan beberapa lagu patriotik selama masa pergerakan kemerdekaan bangsa. Salah satu lagu karya Ismail Marzuki yang sering diputar pada tanggal 10 November adalah Gugur Bunga.

Gugur Bunga merupakan salh satu lagu Wajib Nasional. Lirik lagunya yaitu untuk mengenang para pahlawan Indonesia yang gugur dalam membela Tanah Air.

2 dari 5 halaman

Ismail Marzuki lahir pada tanggal 11 mei 1914, ketika Indonesia masih dijajah oleh kolonial Belanda. Selama hidupnya, Ismail Marzuki telah menciptakan 200 lagu.

Selain lagu Gugur Bunga, Ismail Marzuki juga menciptakan lagu Halo Halo Bandung dan Rayuan Pulau Kelapa.

3 dari 5 halaman

Lagu-lagu Ismail Marzuki selalu menggambarkan perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan nada yang melankolis serta patriotis. Lagu-lagu Ismail Marzuki pun juga sering diputar di radio publik dan sembilan di antaranya menjadi lagu kebangasaan.

Di tahun 1955,Ismail Marzuki menjadi pemimpin Orkestra Studio jakarta yang bergengsi serta mengubah Lagu Pemilihan Umum, tema musik pemilihan umum pertama di Indonesia.

4 dari 5 halaman

Dalam menghormati kontribusi Ismail Marzuki bagi Indonesia, pemerintah menobatkannya sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 2004.

Sampai hari ini, kamu bisa mengunjungi Taman Ismail Marzuki (TIM) untuk mempelajari sejarah tentang komposer legendaris Indonesia tersebut. Di TIM, kamu bisa melihat koleksi seperti lagu-lagu, tulisan tangan, serta beberapa instrumen miliknya.

Beri Komentar