Jadi Barang Mewah, HP Pertama di Dunia Ini Dibanderol Rp 50 juta Pada Zamannya

Gadget | Rabu, 1 Juli 2020 08:20
Jadi Barang Mewah, HP Pertama di Dunia Ini Dibanderol Rp 50 juta Pada Zamannya

Reporter : Bagus Prakoso

HP Sekarang harga Rp 2 jutaan udah dapat spec yang lumayan, lho.

Saat ini, HP udah bukan jadi barang mewah lagi. Kalau dulu HP termasuk kebutuhan Tersier atau barang mewah, saat ini mungkin mungkin HP sudah menjadi kebutuhan sekunder yang selalu ada di masyarakat.

Komunikasi kini menjadi kebutuhan yang tak terelakan di masyarakat. HP kini juga telah dijual dengan harga yang sesuai dengan kantong masyarakat di kelasnya.

Tapi, ternyata dulu Handphone merupakan gadget atau barang yang tergolong mewah. Hanya orang-orang yang berada saja yang bisa memiliki benda ini.

Pernah nggak terpikir, bagaimana sih bentuk HP pertama di dunia yang menjadi tonggak utama hadirnya smartphone saat ini? Nah, kali ini, diadona.id akan membahas HP pertama di dunia ini. Seperti apa bentuknya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

2 dari 3 halaman

Motorola DynaTAC 8000x

Melansir dari Telegraph, HP pertama di dunia adalah Motorola DynaTAC 8000x. HP ini dibuat oleh Martin Cooper pada tahun 1973. Namun, saat itu Handphone buatan Cooper masih belum bisa digunakan oleh banyak orang karena memang belum diproduksi secara massal. Nah, Motorola DynaTAC 8000x baru dipasarkan pada Maret 1983.

Sebagai inovasi yang mutakhir di zamannya, Motorola DynaTAC 8000x ini termasuk HP dengan spek yang cukup kentang. Dilansir dari time.com, HP ini punya berat hampir satu kilogram, tepatnya 793,8gram.

DynaTAC 8000x ini bahkan cuma bisa nelpon selama 30 menit saja. Dalam keadaan standby, HP ini bisa bertahan hingga 8 Jam. Kemudian kamu harus mengisi batrainya hingga full selama 10 jam.

Dengan spek yang kentang itu, HP ini dulu dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Satu unit HP ini dijual dengan harga sekitar 4 ribu dollar atau setara dengan kurang lebih Rp 50 jutaan.

Terkait
Join Diadona.id