Kenapa sih Colokan Buat Kulkas Gak Boleh Paralel?

Reporter : Yoyok
Jumat, 16 Februari 2024 14:03
Kenapa sih Colokan Buat Kulkas Gak Boleh Paralel?
Padahal kan kalau pake colokan paralel bakal lebih praktis ya

Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak peralatan rumah tangga yang memerlukan listrik. Mulai dari televisi, oven, AC, sampai kulkas.

Dan, agar alat-alat tersebut dapat bekerja dengan menggunakan listrik rumah, maka terciptalah colokan paralel yang dapat digunakan untuk berbagai macam alat elektronik.

Namun, ada satu alat elektronik rumah tangga yang tidak boleh menggunakan colokan paralel. Alat tersebut adalah tempat yang biasa kita gunakan untuk menyimpan makanan, yaitu kulkas.

Kenapa ya kulkas gak boleh pakai colokan listrik paralel?

1 dari 7 halaman

Kulkas

Sebelum mengarah kesana, sebaiknya kita ketahui dahulu fungsi dari kulkas yang selalu ada di tiap rumah kita. Kulkas digunakan untuk menyimpan makanan dan tujuannya untuk memperpanjang umur makanan tersebut. Cara memperpanjang umur makanan tersebut dengan diburi suhu dingin yang ada di dalam kulkas.

Lalu, kenapa kulkas tidak boleh menggunakan colokan paralel?

Kulkas © Diadona

2 dari 7 halaman

Listrik Stabil

Dikutip dari Apa Itu, hal ini dikarenakan kulkas merupakan alat elektronik yang membutuhkan listrik yang besar dan stabil. Sedangkan jika menggunakan colokan paralel, listrik yang stabil tersebut tidak akan didapatkan kulkas.

Sebagai contoh, jika kamu menggunakan colokan paralel pada kulkas, dan di tiap lubang colokan paralel tersebut juga kamu gunakan untuk menghidupkan blender, kipas angin, televisi, atau charger handphone, ototmatis listrik yang diterima pada colokan paralel tersebut akan dibagi-bagi. Dan pada akhirnya, kulkas tidak akan mendapatkan aliran listrik yang stabil.

3 dari 7 halaman

Bikin Kulkas Rusak

Lalu, apa akibatnya jika kamu terus menerus menggunakan colokan listrik paralel untuk kulkas? Hal tersebut akan mengurangi usia penggunaan kulkas dan mengurangi kualitas dan fungsi pendingin dari alat elektronik tersebut.

Selain itu, dianjurkan untuk kamu menggunakan stabilizer untuk kulakas. Stabilizer berfungsi untuk mengatur aliran listrik yang masuk ke kulkas serta menghindari lonjakan tegangan listrik secara tiba-tiba.

4 dari 7 halaman

Colokan Sendiri

Selain karena untuk kestabilan aliran listrik, colokan untuk kulkas harus sendiri untuk menghindari ganguan dari perangkat elektronik lainnya. Gangguan tersebut dapat emerusak kulkas.

Sebagai contoh, jika kamu menggunakan colokan paralel untuk kulkas dan salah satu perangkat yang dicolokkan di situ memiliki masalah tegangan arus listrik, maka seluruh perangkat yang ada di colokan paralel tersebut akan mengalami gangguan.

Tentu saja hal tersebut akan memiliki efek yang buruk terhadap kulkas. Kulkas merupakan alat elektronik yang setiap waktu harus menyala terus.

Contoh Colokan Kulkas yang Benar © Diadona

5 dari 7 halaman

Kulkas Boleh Pakai Stop Kontak Asalkan.....

Sebenarnya, bisa saja kulkas menggunakan stop kontak selama penggunaannya. Hanya saja, ada beberapa syaratyang harus terpenuhi lho Diazens.

Salah satunya adalah stop kontak yang digunakan menggunakan kabel yang SNI atau terjamin kualitas serta keamanan listrik yang dialirkan. Tidak hanya itu, lubang stop kontak yang lain hanya boleh menggunakan alat elektronik yang berdaya kecil.

Contohnya seperti kipas angin, charge handphone atau maksimal digunakan untuk televisi. Tidak disarankan untuk menggunakan lubang stop konta yang lain untuk pompa air atau rice cooker.

6 dari 7 halaman

Eletronik Lain yang Tidak Boleh Pakai Colokan Paralel

Seperti disebutkan sebelumnya, penggunaan colokan paralele akan menyebabkan listrik yang diterima kulkas tidak stabil. Padahal, kulkas harus selalu hidup yang tentu saja membuthkan daya listrik yang stabil juga besar.

Nyatanya, gak cuma kulkas yang lho yang tidak boleh menggunakan colokan paralel. Ada beberapa barang elektronik yang tidak disarankan menggunakan colokan paralel, seperti microwave, coffee maker, toaster, rice cooker, AC, peralatan perawatan rambut seperti catokan atau hair dryer, dan terakhir adalah pompa air.

7 dari 7 halaman
Beri Komentar