Lagi Dibutuhin Banget di Masa Pandemi, Berikut Daftar Negara Terbaik Untuk Video Call

Reporter : Yoyok
Senin, 15 Februari 2021 20:50
Lagi Dibutuhin Banget di Masa Pandemi, Berikut Daftar Negara Terbaik Untuk Video Call
Sekolah dan kerjaan semuanya memakai fitur video call untuk beraktivitas

Di masa pandemi seperti sekarang ini, berbagai aktivitas dilakukan di dalam rumah. Semua dilakukan di dalam rumah agar terhindar dari penularan covid-19.

Maka dari itu, video call menjadi salah satu media untuk mereka yang ingin melakukan berbagai aktivitas di dalam rumah. Video call juga dapat dilakukan untuk mengenyam pendidikan seperti sekolah atau kuliah, dan bisa juga untuk kerja.

Sudah banyak aplikasi chatting yang menawarkan fitur video call di platform mereka. Dengan begini, kamu tidak akan kesusahan untuk melakukan panggilan berbasis visual tersebut.

1 dari 4 halaman

OpenSignal

Dikutip dari Merdeka, perusahaan mobile analitik OpenSignal melakukan studi untuk mengukur pengalaman video call secara grup di perangkat mobile. Melalui riset berjudul 'Quantifying The Mobile Experience of Group Video Calls', OpenSignal mengukur kualitas group video call pada perangkat mobile di 75 negara.

Riset ini menggunakan skala penilaian 0 sampai 100 untuk menunjukkan pengalaman memakai fitur video call di tiap negara. Semakin tinggi poin yang didapatkan maka semakin baik pengalaman menggunakan fitur video call di negara tersebut.

" OpenSignal menggunakan pendakatan inovatif untuk menganalisis seluruh panggilan video secara grup di 75 negara, dimulai dari pengalaman pengguna di dunia nyata termasuk dari kualitas suara dan videonya," tulis perusahaan dalam riset tersebut.

Ilustrasi Video Call © Diadona

2 dari 4 halaman

Indonesia di Peringkat Berapa?

Dari riset tersebut, ditemukan bahwa tiga negara yang menduduki peringkat teratas yaitu Jepang, Belanda, dan Korea Selatan. Untuk wilayah Eropa, OpenSignal mencatat bahwa negara yang masuk ke dalam 10 besar adalah pasar mobil yang sudah dewasa, yaitu Belanda, Belgia, dan Denmark.

Di daftar 10 negara terbawah, dihuni oleh negara-negara berkembang yang ada di kawasan Afrika, Amerika Selatan, dan Asia Pasifik. Negara-negara tersebut tercatat hanya memiliki skor 18,7 dari 100.

Lalu, Indonesia ada di peringkat mana? Riset tersdebut menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat 57 dari 75 negara yang dinilai dengan skor hanya 24,5.

3 dari 4 halaman

10 Besar

Hadirnya 5G di beberapa negara memberikan pengalaman grup video call jadi lebih baik. Hal itu dibuktikan dengan nilai pengalaman di negara dengan 5G lebih tinggi 42,3 persen daripada 4G.

Berikut adalah daftar 10 besar negara yang memiliki pengalaman video call terbaik saat ini.

1. Jepang: 68,7

2. Belanda: 68,6

3. Korea Selatan: 68,2

4. Belgia: 64,8

5. Singapura: 64,2

6. Denmark: 63,7

7. Republik Ceko: 61,3

8. Selandia Baru: 59,9

9. Swiss: 59,4

10. Austria: 58,8

Beri Komentar