M1, Prosesor Terbaru Milik Apple yang Berbasis ARM

Reporter : Yoyok
Rabu, 11 November 2020 14:50
M1, Prosesor Terbaru Milik Apple yang Berbasis ARM
Apple menjamin bahwa prosesor satu ini tidak akan mebuat produk Mac jadi berisik

Apple baru saja menyelenggarakan event besar yang memperkenalkan pdoruk mereka. Event tersebut bernama One More Thing yang diadakan secara virtual.

Seperti kita tahu, Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia. Maka dari itu, tidak heran jika produk-produk mereka ditunggu banyak orang dan laris di pasaran.

Dalam acara One More Thing ini, Apple mengenalkan prosesr terbaru mereka. Prosesor ini bernama M! yang berbasis ARM.

1 dari 5 halaman

M1

Dikutip dari Merdeka, M1 yang berbasis ARM ini merupakan hasil karya cipta sedniri dari Apple. Prosesor 5 nanometer ini membuatnya setara dengan A14 Bonic milik iPhone terbaru.

Namun, M1 tidak akan dipasang di iPhone, melainkan pada produk MAc. Prosesor ini akan bekerja pada MacBook Air, Mac Mini, dan juga MacBook Pro.

Event One More Thing © Diadona

2 dari 5 halaman

Perferoma dan Efisiensi Daya

Apple mengklaim kalai M1 akan berfokus pada menggabungkan performa dan efisiensi daya. Untuk masalah daya, M1 diyakini Apple merupakan prosesor dengan eight-core CPU yang memiliki performa terbaik per watt.

GPU atau kartu grafis dari M1 ini juga diklaim yang tercepat di dunia saat ini. Selain itu juga terdapat 16-core neural Engine, Thunderbolt controller, prosesor image signal, mesin media encode dan decode, serta beberapa fitur keamanan berupa hardware dan software.

3 dari 5 halaman

18 Jam Non-stop

Apple mengatakan kalau produk MacBook Air terbaru mereka akan menggunakan prosesor M1 ini. Perusahaan berlogo buah apel ini juga mengatakan MacBook Air terbaru mereka dapat bertahan memutar video selama 18 jam non-stop hanya dengan sekali pengisian daya. bahkan, di MacBook Pro bakal bertahan selama 20 jam lho.

Prosesor M1 ini juga tidak butuh kipas, maka dari itu laptop akan berjalan dengan suara yang sunyi senyap.

4 dari 5 halaman

Gak Akan Lemot

Untuk masalah kekuatannya, Apple meyakini kalau prosesor terbarunya ini tidak akan lemot saat menjalankan program 3D maupun mengedit video 4K.

Apple menyebut bahwa OS macOS Big Sur terbaru akan dioptimasi untuk prosesor M1 ini, sehingga performa jadi lebih baik. Software kreator seperti Final Cut Pro akan enam kali lebih cepat, serta Logic Pro mampu menangani tiga kali lebih banyak track audio.

Beri Komentar