Mengeringkan Handphone yang Basah dengan Hair Dryer apakah Aman?

Reporter : Arif Mashudi
Minggu, 20 Desember 2020 08:00
Mengeringkan Handphone yang Basah dengan Hair Dryer apakah Aman?
Mending jangan deh~

Smartphone saat ini sepertinya sudah menjadi kebutuhan wajib manusia. Mulai dari anak-nak hingga orang tua, semuanya kini pasti membutuhkan gadget ini untuk dibawa kemana pun.

Terkadang saking lekatnya kita dengan handphone, ada beberapa kejadian tidak menyenangkan yang menimpa handphone kita, salah satunya adalah terkena atau masuk ke dalam air. Hal ini pasti membuat kita bingung mau ngapain agar handphone kita bisa tertolong dan bisa digunakan kembali.

1 dari 3 halaman

Banyak dari kita yang beranggapan jika handphone terkena air bisa dikeringkan seketika. Ada yang menggunakan beras atau bahkan menggunakan hair dryer.

Pertanyaannya, efektif dan amankah cara ini?

Melansir dari laman Merdeka, ternyata mengeringkan handphone dengan menggunakan hair dryer atau pengering rambut itu nggak efektif dan nggak aman loh. Bahkan, bisa membuat kondisi handphone mu tambah parah.

Nyatanya, mengeringkan smartphone yang basah menggunakan hair dryer malah mendorong air masuk lebih dalam. Juga, panas pengering rambut dan pancaran elektromagnetik dari hair dryer bisa menambah panas yang berlebihan ke ponsel dan berpotensi bisa merusak beberapa komponennya.

2 dari 3 halaman

Kalau dimasukkan ke dalam beras gimana?

Benar, beras memang bisa menyerap air di dalam smartphone yang basah. Namun, melansir dari Diadona.id, percobaan yang dilakukan, setelah 48 jm handphone basah di masukkan ke dalam beras, hanya sekitar 13 saja air yang dapat diserap oleh beras.

Memasukkan Smartphone ke Dalam Beras © Diadona

Dan, ada juga yang mengatakan jika partikel-partikel debu yang sering menempel di beras berpotensi masuk ke dalam smartphone dan membahayakan komponen-komponennya. Sepertinya mending nggak usah dimasukin ke dalam beras juga deh kayaknya, dari pada makin parah.

Beri Komentar