Pantau COVID-19, Polisi Madiun Ciptakan Aplikasi MasMas

Gadget | Kamis, 2 Juli 2020 11:20
Pantau COVID-19, Polisi Madiun Ciptakan Aplikasi MasMas

Reporter : Bagus Prakoso

Aplikasi ini bisa memantau secara langsung penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut.

Pandemi virus Corona COVID-19 memang belum berakhir. Oleh karena itu berbagai macam cara dilakukan oleh daerah untuk tetap bisa memutus rantai penyebaran virus ini.

Cara yang dilakukan adalah seperti social distancing, memakai masker, cuci tangan, dan menerapkan protokol kesehatan di daerah masing-masing.

Nah, ternyata masyarakat Madiun punya cara tersendiri nih untuk bisa mengantisipasi penyebaran virus corona. Ya, Kepolisian Resor Madiun telah meluncurkan sebuah inovasi baru yakni aplikasi yang berbasis teknologi informasi bernama " MasMas" yakni Madiun Sehat Masyarakat Sejahtera.

Seperti apa sih aplikasi ini? Dan bagaimana caranya untuk bisa memantau perkembangan penanganan COVID-19? Dilansir dari liputan6 berikut ulasannya.

2 dari 3 halaman

Aplikasi MasMas

 Ilustrasi AplikasiIlustrasi Aplikasi © unsplash.com / Beeline Navigation

Aplikasi MasMas sudah bisa diunduh di PlayStore melalui android. Menurut Kapolres Madiun AKBP Eddwi Kurniyanto, aplikasi ini berfungsi untuk memonitor perkembangan kasus COVID-19 di Kabupaten Madiun. Dengan aplikasi ini, warga Kabupaten Madiun bisa mendeteksi sedang berada di wilayah yang berstatus zona apa.

Tidak hanya itu, melalui aplikasi MasMas, pengguna bisa mengetahui perkembangan COVID-19 di wilayah setempat, mulai dari berapa banyak pasien ODP, PDP maupun yang sudah positif Corona.

Aplikasi ini juga bisa menghubungkan secara langsung dengan para pasien secara vidcon, sehingga bisa mengetahui dan wawancara langsung sampai di mana perkembangan penyembuhannya.

Aplikasi ini untuk sementara hanya bisa diakses di wilayah hukum Polres Madiun saja. Harapannya melalui inovasi ini, dapat mewujudkan Madiun yang sehat, dan penyebaran COVID-19 bisa lebih terpantau.

Join Diadona.id