Penelitian Menunjukkan Gamer Xbox Lebih Agresif Daripada Playstation

Reporter : Yoyok
Kamis, 3 September 2020 19:50
Penelitian Menunjukkan Gamer Xbox Lebih Agresif Daripada Playstation
Wah kok bisa gitu ya?

Sudah sangat lama persaingan antara konsol Playstation dan Xbox terjadi. Dua konsol tersebut saling menunjukkan tajinya di pasar gaming.

Baru-baru ini sebuah penelitian yang menyangkut dua konsol tersebut dilakukan. Namun, Xbox sedikit dirugikan akan peneltian tersebut.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gamer Xbox cenderung lebih agresif daripada gamer Playstation.

1 dari 4 halaman

Buss Perry Aggression Questionnaire

Dikutip dari Gamebrott, penelitian tersebut dilakukan untuk mengetahui sisi agresif seorang gamer.

Penelitian ini dilakukan oleh seorang psikolog profesional dan memakai 964 gamer sebagai sampel. Gamer-gamer tersebut ditugaskan untuk mengisi kuisioner Buss Perry Aggression Questionnaire.

Ilustrasi Xbox © Diadona

2 dari 4 halaman

29 Pertanyaan

Kuisioner tersebut berisi 29 pertanyaan yang akan mengukur sisi agresif berdasarkan poin tertentu. Kuisioner akan mengukur sisi agresif dari empat kategori yaitu fisik, verbal, kemarahan, serta permusuhan seseorang.

Gamer-gamer tersebut juga dimintai untuk memilih tiga game yang paling mereka favoritkan dalam urutan preferensi dan sistem apa yang mereka gunakan untuk memainkan game tersebut.

3 dari 4 halaman

Gamer Xbox Lebih Agresif

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa gamer konsol Xbox cenderung lebih agresif daripada gamer Playstation. Peneliti juga menemukan fakta bahwa gamer pria 20 persen lebih agresif daripada gamer wanita.

menariknya lagi, gamer yang bermain 20-30 jam seminggu ternyata kurang agresif dibandingkan dengan mereka yang bermain 11-20 jam seminggu.

Walauipun begitu, hasil penelitian di atas masih membutuhkan riset lebih lanjut.

Beri Komentar