Pengen Hilang dari Dunia Maya? Berikut 3 Cara Menghapus Diri di Internet

Gadget | Kamis, 26 Agustus 2021 06:50

Reporter : Yoyok

Hilang biar kayak Jinny ya?

Internet atau dunia maya sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok di era serba teknologi seperti ini. Semua hal kini dilakukan secara online dan kelebihannya yaitu bisa di mana saja.

Tetapi, sering kali data yang kita masukkan ke dunia maya bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Ataupun kamu di medsos mendapatkan ucapan tidak menyenangkan dari seseorang atau haters.

Pengen Hilang dari Dunia Maya? Berikut 3 Cara Menghapus Diri di Internet
2 dari 6 halaman

Maka dari itu, jangan heran jika kamu ataupun orang-orang di sekitarmu pengen hilang saja dari dunia internet. Walaupun tidak bisa 100 persen hilang, namun ada caranya kamu bisa menghapus diri di internet.

Dikutip dari USA Today, berikut ini adalah tiga cara menghapus diri dari internet atau dunia maya.

3 dari 6 halaman

Eliminasi Akun Online

Pasti kamu memiliki lebih dari satu akun online dan sedang aktif. Entah itu akun media sosial, akun belanja online, ataupun akun aplikasi kencan online. Bahkan, sering kali kita tidak sadar telah mendaftar pada sebuah platform dan membuat akun di sana.

Untuk menghilang dari internet, kamu bisa mencoba untuk menghapus satu-satu akun online yang sedang digunakan. Mungkin itu Facebook, Twitter, atau Tinder sekalipun.

Lalu, cobalah untuk mengingat-ingat akun apa saja yang telah kamu buat di sebuah platform tertentu.

Ilustrasi FacebookIlustrasi Facebook © unsplash.com/Nghia Nguyen

4 dari 6 halaman

Hapus Email

Tiap akun online pastinya membutuhkan email untuk mengaksesnya. Cara berikutnya untuk hilang dari internet yaitu dengan menghapus akun email.

Cara ini memang terkesan sulit, apalagi kini tiap metode apapun di internet membutuhkan alamat email untuk melakukannya. bahkan, urusan finansial pun sudah masuk ranah email lho.

Namun, email juga bisa menjadi tempat para hacker mengakses berbagai informasi kecil tentangmu. Jadi, jika kamu ingin hilang dari dunia maya, maka email harus dihapus.

Ilustrasi EmailIlustrasi Email © unsplash.com/Brett Jordan

5 dari 6 halaman

VPN

Seperti disebutkan sebelumnya, internet sudah menjadi kebutuhan pokok di era serba digital seperti ini. Bisa dikatakan bahwa internet sudah seperti oksigen ataupun makan tiga kali sehari, tidak bisa dihindari.

Jika kamu ingin menghapus diri di dunia maya namun tetap membutuhkan manfaat internet, gunakan VPN. Virtual Private Network atau VPN merupakan jaringan aman yang dapat digunakan untuk mengenkripsi koneksi sehingga membuatnya sulit untuk diretas atau di-hack. Jadi, internet atau dunia maya akan sulit mengidentifikasi dirimu ketika menggunkana VPN.

Ilustrasi VPNIlustrasi VPN © unsplash.com/Dan Nelson

Join Diadona.id