Sejarah Playstation yang Dulu Dipandang Sebelah Mata oleh Nintendo dan Sega

Gadget | Minggu, 22 November 2020 12:00
Sejarah Playstation yang Dulu Dipandang Sebelah Mata oleh Nintendo dan Sega

Reporter : Arif Mashudi

Teman masa kecil anak 90-an~

Hingar bingar PS5 di media sosial masih terasa sangat riuh. Game konsol besutan Sony itu dikabarkan akan laris manis. Bahkan, disinyalir kuat popularitas PS5 ini bisa membuat para pesaingnya kewalahan.

Playstation memang sudah memiliki tempat tersendiri di hati para penikmatnya. Padahal dulu kehadiran Plasytation ini sempat dipandang sebelah mata oleh para raksasa konsol sebelumnya yakni Nintendo dan Sega.

2 dari 5 halaman

Melansir dari laman Inet Detik, pada tahun 1988 Sony dan Nintendo sempat bekerjasama. Hingga terjadi gesekan antara keduanya yang mengakibatkan putusnya kerja sama. Sony sempat mendekati Sega untuk kerja sama dalam membuat game konsol tapi ditolak.

Hingga akhirnya Ken Kutaragi, eksekutif Sony yang memimpin divisi hardware dan juga timnya menciptakan prototipe PlayStation yang berbasis CD-ROM. Presiden Sony saat itu, Norio Ohga, memang mempercayakan sepenuhnya proyek itu pada Kutaragi. PlayStation pun menjadi salah satu cara untuk balas dendam pada Nintendo ataupun Sega yang meremehkan Sony.

 Playstation dari Masa ke MasaPlaystation dari Masa ke Masa © Istimewa

3 dari 5 halaman

Pada tahun 1994, Sony akhirnya mengumumkan kepada publik jika mereka akan mengeluarkan konsol game buatan mereka sendiri. Tapi, karena tidak punya pengalaman membuat game, Sony giat berusaha mendapatkan dukungan dari developer game. Konami, Namco sampai Williams Entertainment jadi salah satu pendukung awal PlayStation.

Hingga akhirnya pada 3 Desember 1994, Sony meluncurkan game konsol pertamyanya yaitu PS1. Pada penjualan hari pertama di Jepang, 100 ribu unit PlayStation ludes.

 Ilustrasi PS2Ilustrasi PS2 © unsplash.com/Denise Jans

Nggak hanya di Jepang, Playstation juga habis terjual di negara-negara luar Jepang. Penjualan total PlayStation generasi pertama akhirnya tembus lebih dari 100 juta unit, merupakan konsol pertama yang mencapainya. PS2 malah lebih dahsyat lagi, dengan 155 juta unit terjual, merupakan konsol terlaris sepanjang masa.

4 dari 5 halaman

Salah satu terobosan penting PlayStation adalah game bisa dimainkan dengan CD yang mana mampu menampung lebih banyak data, bukan lagi cartridge. Tradisi itu diteruskan oleh PS2 yang memainkan DVD dan PlayStation 3 dengan Blu Ray.

Selain itu, strategi Sony di sektor game juga jitu. Tidak seperti Nintendo yang fokus membuat game sendiri, Sony banyak mengandalkan developer game dari luar, yang akhirnya membuat game-game menarik dan menuai banyak minat.

 Ilustrasi PS2Ilustrasi PS2 © unsplash.com/Nikita Kostrykin

Hingga kini sepak terjang PlayStation bahakan bisa dikatakan sudah jauh melampaui Nintendo apalagi Sega. Konsol Playstation mulai dari PS1 hingga PS5 yang baru saja rilis ini sukses menyita perhatian publik.

Terkait
Join Diadona.id