Stephen Wilhite, Bapak GIF Dunia Telah Meninggal di Usia 74 Tahun

Reporter : Yoyok
Kamis, 24 Maret 2022 14:45
Stephen Wilhite, Bapak GIF Dunia Telah Meninggal di Usia 74 Tahun
Stephen merupakan pecinpta file GIF.

Di internet, kita mengenal file GIF sebagai foto yang dapat bergerak. GIF beda banget dengan video lho karena tanpa suara.

GIF sangat praktis untuk digunakan karena ringan dan bertebaran di internet. Namun, buat kamu yang sering menggunakan GIF, berterimakasihlah pada seorang pria yang bernama Stephen Wilhite.

Stephen Wilhite yang dikenal sebagai kreator GIF dikabarkan telah meninggal dunia.

1 dari 5 halaman

Dikutip dari The Verge, Stephen Wilhite dikabarkan telah meninggal dunia minggu lalu di usia 74 tahun. kabar meninggalnya Stephen ini datang dari sang istri, Kathaleen.

Stephen pun dikabarkan meninggal karena covid-19.

2 dari 5 halaman

Wilhite pertama kali menemukan GIF pada periode 1980-an ketika ia masih bekerja di CompuServe. CompuServe memperkenalkan GIF sebagai cara untuk mendistribusikan grafik berkualitas dan resolusi tingi berwarna di saat kecepatan internet masih sangat rendah.

“ Dia menemukan GIF sendirian di rumah dan membawanya ke tempat kerja setelah dia menyempurnakannya. Dia akan mencari tahu semuanya secara pribadi di kepalanya dan kemudian pergi ke kota untuk memprogramnya di komputer,” ucap Kathaleen.

3 dari 5 halaman

Selama hidupnya, Stephen Wilhite telah menerima sejumlah penghargaan, salah satunya adalah Webby Lifetime Achievement Award untuk penemuan GIF.

" Setelah 25 tahun, mereka akhirnya menghormati pencapaian yang dia lakukan,” ucap Kathaleen yang menegaskan bahwa GIF adalah penemuan Stephen Wilhite yang paling ia banggakan.

4 dari 5 halaman

GIF (Graphics Interchange Format) kini memang sangat populer dan bertebaran di internet. GIF juga bisa menjadi meme yang berisi hal konyol dan kocak.

Stephen Wilhite © Diadona

Beri Komentar