Xiaomi Berkomitmen Dalam Menjaga Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan

Reporter : Yoyok
Senin, 19 Juli 2021 19:01
Xiaomi Berkomitmen Dalam Menjaga Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan
Xiaomi mengaku bahwa pihaknya tidak hanya mencari untung selama hadir di pasaran

Xiaomi merupakan salah satu perusahaan terkemuka yang bergerak dalam bidang teknologi. Produk-produk Xiaomi pun juga telah memiliki pasarnya di tengah masyarakat.

Nyatanya, kehadiran Xiaomi tidak hanya untuk mencari keuntungan. Xiaomi juga berkomitmen dalam menjaga lingkungan serta pembangunan yang berkelanjutan.

Xiaomi telah merilis “Laporan Berkelanjutan edisi tahun 2020” berisi sejumlah pendekatan serta inisiatif perusahaan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di China maupun pasar global. Laporan tersebut bisa kamu dapatkan di sini.

1 dari 5 halaman

Xiaomi Ikut Menjaga Lingkungan

Laporan ini menjelaskan tentang inisiatif berkelanjutan yang dilakukan Xiaomi seperti menjaga lingkungan, CSR, dan manajemen rantai pasok berkelanjutan (supply chain sustainable management). Tidak hanya itu, Xiaomi juga berkomitmen dalam menjamin aksesibilitas, keamanan data, serta privasi pengguna. Laporan ini mendokumentasikan sejumlah inisiatif yang dilakukan di China maupun di pasar internasional.

Di tahun 2020, Xiaomi telah bergabung dengan United Nations Global Compact dan berkomitmen pada sepuluh prinsip tanggung jawab perusahaan yang sudah ditetapkan.

“ Anda dapat membaca tentang bagaimana keberlanjutan di Xiaomi diatur dari atas ke bawah, bagaimana kami memperlakukan karyawan dan pemasok kami, bagaimana kami berinteraksi dengan komunitas kami, dan respon kami terhadap tantangan lingkungan global,” ucap Lei Jun, CEO Xiaomi.

Xiaomi Sustainability Report © Diadona

2 dari 5 halaman

Mengurangi Sampah Plastik

Beberapa inisiatif yang tertuang dalam laporan tersebut seperti halnya mengurangi 60 persen penggunaan plastik di kemasar seri Mi 10T serta Mi 10T Pro.

Xiaomi juga memasang target sampai akhir tahun 2021 untuk mencapai persentase lebih tinggi dalam hal pengurangan plastik dalam kemasan produk di pasar Eropa. laporan tersebut juga menjelaskan keberhasilan Xiaomi dalam menghadirkan kemampuan menghemat energi sebagai fitur penting dari 40 jenis lebih dari produk.

3 dari 5 halaman

Tangani Isu Global

Xiaomi juga terjun langsung dalam menangani isu global seperti halnya mitra dalam pengembangan sistem deteksi dini gempa. Smartphone Xiaomi akan menjalankan sistem operasi MIUI 11 keatas dan Mi TV yang dapat memberikan alarm kepada pengguna ketika gempa terjadi dalam hitunganb detik. Fitur ini baru saja muncul di China dan akan segera menyusul ke negara lainnya.

Notifikasi gampa tersebut berisi tentang informasi dimana shelter terdekat, kontak yang bisa kamu hubungi, kontak untuk mendapatkan layanan pengobatan, dan informasi terkait lainnya. Di tahun 2020, peringatan gempa bumi dari MIUI telah mendeteksi setidaknya 29 gempa bumi dengan kekuatan di atas 4.0.

4 dari 5 halaman

Menangani Pandemi

Sepanjang tahun 2020, Xiaomi juga aktif dalam menangani pandemi covid-19 dengan menyumbang ribuan masker bersertifikat FFP3 kepada pemerintah ITalia pada bulan Maret dan juga negara-negara Eropa lainnya. Xiaomi Spanyol juga menyumbangkan 1.000 unit smartphone yang disebarkan kepada para pelajar setelah aturan pembelajaran daring diberlakukan.

Sejak tanggal 15 Juli 2020, Yayasan Xiaomi Beijing telah berdonasi kebutuhan medis untuk 14 negara seperti Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Indonesia, dan Myanmar sebesar 5,9 juta yuan atau sekitar 854.000 Dollar.

Xiaomi Sustainability Report © Diadona

5 dari 5 halaman

Bantuan ke Indonesia

Di Indonesia, Xiaomi telah menyalurkan 100.000 buah masker medis kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan 10.000 masker medis kepada sejumlah rumah sakit melalui Yayasan Sahabat Beramal Jariyah.

Xiaomi juga ikut menyalurkan donasi sebesar Rp 1 miliar untuk meringankan dampak ekonomi kepada masyarakat yang terdampak oleh pandemi yang disalurkan oleh Rumah Zakat dan Yayasan Buddha Tzu Chi.

Beri Komentar