Xiaomi Jadi Perusahaan deangan Pertumbuhan Tercepat Dalam Daftar Fortune Global 500

Reporter : Yoyok
Rabu, 4 Agustus 2021 07:43
Xiaomi Jadi Perusahaan deangan Pertumbuhan Tercepat Dalam Daftar Fortune Global 500
Ini merupakan tahun ketiga Xiaomi masuk dalam daftar tersebut

Seperti kita tahu, Xiaomi merupakan salah satu perusahaan teknologi yang sedang naik daun di seluruh penjuru dunia. Produk-produk dari Xiaomi kini sedang digandrungi para Mi Fans.

Gak cuma smartphone, laptop, bahkan peralatan rumah tangga pun bisa kamu temukan di Xiaomi. Tidak heran jika perkembangan perusahaan asal China ini sedang menanjak.

Karena pencapaiannya ini, Xiaomi pun lagi-lagi masuk dalam daftar Fortune Global 500 di tahun ini lho.

1 dari 7 halaman

Fortune Global 500 merupakan daftar perusahaan terbaik di dunia. Ini merupakan kali ketiga Xiaomi masuk dalam daftar ini.

Sebelumnya, Xiaomi menghuni peringkat 422 di tahun 2020. Sekarang, posisi mereka naik 84 peringkat menjadi 338. Pencapaian Xiaomi kali ini membuat mereka menjadi perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di kategori internet dan ritel dalam daftar Fortune Global 500.

Xiaomi Fortune Global 500 © Diadona

2 dari 7 halaman

Lei Jun, CEO serta pendiri Xiaomi, mengatakan kalau kini Xiaomi sedang fokus dalam potensi pertumbuhan perusahaan. Lei JUn pun mengucapkan banyak terima kasih kepada para Mi Fans di seluruh dunia yang telah mendukung perusahaannya tersebut.

" Saya yakin bahwa semua orang akan melihat Xiaomi yang lebih kuat dan lebih besar di masa depan, dan kami akan mencapai rekor yang jauh lebih mengagumkan di daftar Fortune Global 500 tahun depan," ucap Lei Jun.

3 dari 7 halaman

Pendapatan Xiaomi selama tahun 2020 yaitu 245,9 miliar yuan dan menjadikannya berada di posisi 422 dalam daftar Fortune Global 500. Di tahun 2021, Xiaomi memanfaatkan momentum pertumbuhan dengan baik untuk menunjukkan lonjakan pendapatan serta laba bersih secara signifikan hingga melampaui ekspektasi pasar.

Pada kuartal pertama 2021 ditutup dengan total pendapatan mencapai 76,9 miliar yuan menggambarkan pertumbuhan sebesar 54,7 persen year-on-year (YoY) sementara laba bersih mencapai 6,1 miliar yuan, atau naik 163,8% persen YoY.

Ilustrasi Xiaomi © Diadona

4 dari 7 halaman

Pencapaian Xiaomi kali ini yang sangat melesat tidak lepas dari pijakan di pasar smartphone kelas high-end, ekspansi di pasar internasional, dan pembaharuan dari bisnis ritel perusahaan. Fokus Xiaomi kepada pengembangan teknologi mampu menghasilkan user experience yang ditingkatkan dan memperkokoh posisi di segmen high-end melalui seri Mi 10 dan Mi 11.

Di kuartal pertama 2021, pengapalan smartphone global dengan harga 3.000 yuan atau lebih di China dan seharga 300 euro di pasar internasional mencapai 4 juta unit.

5 dari 7 halaman

Selain itu, ekspansi Xiaomi secara global juga mendorong pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan. Berdasarkan Canalys, pada 16 Juli lalu Xiaomi berhasil mengungguli Apple dan menempati posisi kedua secara global dengan raihan pangsa pasar smartphone sebesar 17 persen.

Di pasar Internasional sendiri pun Xiaomi telah melampaui pertumbuhan year-on-year, seperti di pasar Amerika Latin yang telah tumbuh melewati 300 persen, lebih dari 150 persen di pasar Afrika dan lebih dari 50% di Eropa Barat. Smartphone Xiaomi telah masuk lebih ke 100 pasar di seluruh dunia, dan menempati peringkat pertama di 12 pasar dalam hal pangsa pasar smartphone, meraih peringkat kedua di pangsa pasar Eropa serta menjadi nomor satu di India selama 15 kuartal berturut-turut.

Ilustrasi Xiaomi Store © Diadona

6 dari 7 halaman

Jumlah toko fisik Xiaomi pun bertambah secara pesat sejak tahun 2020. Jumlah toko Xiaomi di China melewati 5.500 titik pada akhir April 2021 sedangkan ada lebih dari 1.000 toko yang ada di pasar internasional.

“ Pada dekade selanjutnya, Xiaomi akan menjadi kekuatan pendorong utama pada industri manufaktur,” ucap Lei Jun saat memberikan sambutan ulang tahun ke-10 Xiaomi.

Sambil fokus dengen pengembangan smartphone serta industri lainnyta, , Xiaomi juga masuk ke pasar kendaraan listrik pintar. Pada bulan Maret 2021, Xiaomi mengumumkan bahwa mereka akan mendirikan perusahaan yang dimiliki secara penuh yang dipimpin langsung oleh Lei Jun untuk menjalankan bisnis kendaraan listrik pintar, dengan total investasi hingga 10 tahun mendatang diperkirakan mencapai 10 miliar USD. Fase awal investasi adalah 10 miliar yuan. Sektor ini diyakini sebagai pendorong pertumbuhan Xiaomi di masa mendatang.

Beri Komentar