Youtube Shorts Siap Dirilis Secara Global, Yuk Belajar Cara Menggunakannya

Reporter : Yoyok
Kamis, 15 Oktober 2020 13:50
Youtube Shorts Siap Dirilis Secara Global, Yuk Belajar Cara Menggunakannya
Kamu sekarang bisa upload video pendek joget-joget di Youtube lho

Youtube merupakan salah satu platform berbasis video yang selalu dinikmati banyak orang. Pengguna Youtube pun di seluruh dunia sudah mencapai jutaan.

Berbagai konten dapat kamu temukan di Youtube. Mulai dari konten lucu-lucuan, pengetahuan ala, hingga vlog selebriti ataupun public figure.

Baru-baru ini Youtube meluncurkan fitur terabru pada platform mereka. Nama fitur tersebut bernama Youtube Shorts.

1 dari 6 halaman

Youtube Shorts

Dikutip dari Reuters, Youtube Shorts dikarabkan memiliki konsep yang hampir sama dengan TikTok. Shorts merupakan platform video pendek dari Youtube.

Youtube akan melakukan ujic coba untuk fitur terbaru mereka ini di India dalam waktu beberapa hari ke depan. gak hanya di India, Youtube Shorts bakal segera dirilis di berbagai negara dalam beberapa bulan ke depan.

Ilustrasi Youtube © Diadona

2 dari 6 halaman

Untuk Kreator

Chris Jaffe, VP of Product Management Youtube mengatakan bahwa Shorts ditujukan untuk para kreator dan seniman yang ingin yang ingin membuat konten video singkat tapi menarik hanya dengan menggunakan smartphone.

" Kami sangat senang mengumumkan YouTube Shorts, sebuah platform video berdurasi singkat di dalam YouTube," ucap Jaffe dalam blog YouTube.

YouTube Shorts di diluncurkan di India merupakan versi Beta. Namun, Jaffe menjamin kalau YouTube Shorts akan segera dikembangkan dan mendapatkan berbagai update-an.

" Kami berencana untuk menambah lebih banyak fitur dan memperluas kehadiran Shorts ke negara-negara lain dalam beberapa bulan ke depan," kata Jaffe.

3 dari 6 halaman

TikTok

YouTube Shorts dikabarkan akan bersaing dengan fitur Facebook serupa yang bernama Reels. Dan TikTok pun menjadi pesaing utama mereka secara global.

Para pengguna dapat merekam video pendek dengan format vertikal, kemudian menambahkan berbagai efek spesial dan memasukkan lagu dari pustaka musik. Mirip banget dengan TikTok.

4 dari 6 halaman

15 Detik

Dikutip dari Gizmologi, pengguna YouTube Shorts dapat membuat konten video pendek dengan durasi maksimal 15 detik atau kurang. Fitur satu ini dikembangkan dengan tiga area utama, yaitu Create, Get Discovered, dan Watch. YouTube berharap banyak pada dua konten area terakhir bisa seramai video-video biasanya di platform mereka.

YouTube juga bakal hadirkan dimana para pengguna Short bisa menggesar secara vertikal untuk melihat video selanjutnya seperti TikTok.

5 dari 6 halaman

Cara Menggunakan

Di versi beta yang dirilis di India, para pengguna menyiapkan beberapa tools untuk membuat video sekreatif mungkin dengan durasi maksimal 15 detik. Para pengguna juga bisa menggabungkan berbagai video pendek menjadi satu lewat menu multi-segment camera.

Untuk musik di pada fitur Shorts, YouTube memanfaatkan daftar lagu resmi yang telah dikembangkan dari Google Play Music atau YouTube Music. Google mengklaim bahwa telah ada lebih dari 100 ribu musik pada platform mereka untuk ditambahkan pada video-video pendek di Shorts.

YouTube juga memberikan opsi untuk mengatur kecepatan jalannya video, serta mode timer dan countdown untuk proses perekaman mudah secara hands-free.

Ilustrasi Youtube © Diadona

Beri Komentar