Air Kelapa Efektif Turunkan Asam Lambung, Mitos atau Fakta?

Health | Jumat, 3 September 2021 18:03

Reporter : Anif Fathul Amin

Ternyata begini lho penjelasannya...

Buat kamu yang punya keluahn sakit perut akibat asam lambung naik, pasti rasanya nggak enak. Di saat momen penting dan asam lambung naik, rasanya jadi keganggu buat melakukan aktifitas.

Setiap orang pasti merasa tidak nyaman saat kadar asam lambung naik. Maklum saja, penderita akan mengalami sejumlah gejala seperti, mulut terasa asam, kembung, mual, dada seperti terbakar, dan rasa nyeri di ulu hati.

Nah, satu hal yang dipercaya oleh banyak orang adalah mengobati asam lambung dengan minum air kelapa. Emang beneran bisa nih?

 Air Kelapa Efektif Turunkan Asam Lambung, Mitos atau Fakta?
2 dari 6 halaman

Ilustrasi Kelapa MudaIlustrasi Kelapa Muda © Pixabay

Air kelapa sejak dulu diyakini mempunyai berbagai manfaat baik bagi tubuh. Air kelapa juga segar saat diminum di cuaca panas karena kemampuannya untuk menghidrasi tubuh dan mengembalikan energi.

Kandungan air kelapa juga sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalori, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Kelapa MudaIlustrasi Kelapa Muda © Freepik/svetlanasokolova

Dilansir dari laman Halodoc, kaya akan kandungan yang bermanfaat, air kelapa juga dipercaya bisa meringankan sakit maag. Jika sebelumnya kita meminum obat pereda rasa sakit ketika maag kambuh, sekarang kita bisa diatasi dengan meminum air kelapa sebagai gantinya.

Air kelapa bisa membantu mengatasi rasa sakit ketika asam lambung naik.

4 dari 6 halaman

Ilustrasi Minum Air KelapaIlustrasi Minum Air Kelapa © shutterstock.com/g/Creative Family

Air kelapa juga meringankan sensasi terbakar pada perut penderita maag. Air kelapa menetralkan asam yang ada dilambung, membuatnya lebih basa agar normal kembali.

Air kelapa mengandung zat tanine, yang berfungsi mengurangi peradangan yang terjadi di lambung. Semakin ringan peradangan pada lambung, semakin ringan juga nyeri yang diderita ketika sakit maag kambuh.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Kelapa MudaIlustrasi Kelapa Muda © Shutterstock.com

Kandungan air kelapa yang kaya serat juga membantu mengobati masalah pencernaan dan mencegah terjadinya kenaikan asam lambung.

Sifat air kelapa yang dingin juga membantu untuk mengurangi nyeri di lapisan lambung. Air kelapa untuk meringankan gejala asam lambung, dapat dilakukan dengan meminum rutin air kelapa setelah makan.

Jangan lupa juga mengatur pola makan, agar asam lambung tidak kambuh lagi.

Join Diadona.id