Kesehatan Tubuh Menurun, Apa Aja sih Olahraga yang Cocok dan Aman Untuk Lansia?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 15 Juni 2020 07:25
 Kesehatan Tubuh Menurun, Apa Aja sih Olahraga yang Cocok dan Aman Untuk Lansia?
Nggak semua olahraga cocok dilakukan lansia lho.

Olahraga merupakan hal yang penting dilakukan untuk tetap membuat tubuh tetap sehat dan fit, terlebih ketika sudah memasuki usia lanjut.

Ketika daya tahan tubuh sudah tidak terlalu kuat, justru olahraga dapat membantu meningkatkanya, misalnya seperti menurunkan risiko penyakit jantung koroner, hipertensi, hingga stroke.

Namun, meski olahraga baik namun kita juga perlu memperhatikan jenis olahraga apa yang dilakukan. Karena dengan daya tahan tubuh yang menurun, tentu saja nggak semua olahraga dapat kita lakukan.

Dilansir dari berbagai sumber, simak yuk olahraga apa saja yang dapat dilakukan oleh lansia.

1 dari 7 halaman

1. Jalan Kaki

ilustrasi olahraga lari © Diadona


Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga yang paling sederhana namun efektif.

Menurut Australian Physical Activity and Sedentary Behaviour Guidelines, lansia yang berjalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 40% lho.

 

2 dari 7 halaman

2. Jalan Cepat


Sama dengan jalan kaki, namun pada saat jalan cepat kita hanya perlu meningkatkan ritme atau kecepatan dalam berjalan.

Pada saat jalan cepat, yang perlu diperhatikan adalah lakukan pergantian kaki dengan stabil dan konsisten, dan selalu ayunkan pinggul di setiap langkah.

 

3 dari 7 halaman

3. Yoga

Ilustrasi Olahraga © Diadona


Yoga memang merupakan olahraga yang cocok untuk segala usia. Bagi lansia, olahraga yoga dapat membantu mengatasi masalah persendian seperti asam urat atau radang sendi.

Yoga dapat dilakukan dimana saja tanpa ada peralatan khusus, sekalipun di kursi roda pun olahraga ini masih bisa dilakukan.

 

4 dari 7 halaman

4. Bersepeda

Bersepeda adalah salahs atu olahraga yang terbaik bagi tubuh. Karena olahraga ini akan memberikan banyak tekanan pada lutut, sendi hingga pergelangan kaki.

Melakukan olahraga ini secara rutin dapat membantu meningkatkan sistem kerja kardiovaskular, memperkuat jantung, paru-paru hingga melemaskan otot ddan persendian.

5 dari 7 halaman

5. Angkat Beban

Ilustrasi Olahraga © Diadona

Ketika memasuki usia lanjut, mengangkat beban yang terlalu berat memang akan terasa susah. Namun menurut riset yang dilakukan Penn State College of Medicine, latihan kekuatan seperti angkat beban dapat mengurangi risiko kematian dini, terutama pada mereka yang lanjut usia.

Yang perlu diperhatikan adalah tingkat beban yang perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kebiasaan. Kalau memang sudah lama tidak aktif melakukan olahraga ini, sebaiknya mulai dari yang paling ringan dahulu.

 

6 dari 7 halaman

6. Senam

 

Olahraga satu ini memang cukup membutuhkan gerak tubuh yang aktif. Namun gerakan-gerakan pada senam bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan pada lansia karena gerakannya yang dinamis.

 

7 dari 7 halaman

7. Berenang

 

ilustrasi olahraga renang © Diadona


Sama seperti yoga, olahraga satu ini memang cocok dilakukan untuk segala usia. Memiliki manfaat yang sama dengan aerobik, berenang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat jantung,menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kapasitas paru-paru.

Jadi itu dia olahraga yang aman dilakukan untuk lansia. Meski rasanya malas untuk berolahraga, namun ini penting lho untuk menjaga kesehatan yang cenderung tidak stabil ini.

Beri Komentar