10 Ciri-Ciri Masa Subur pada Wanita dan Pria, Termasuk Keputihan dan Lendir setelah Haid

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 9 Juni 2020 16:45
10 Ciri-Ciri Masa Subur pada Wanita dan Pria, Termasuk Keputihan dan Lendir setelah Haid
Ciri-ciri masa subur ini idealnya perlu banget diketahui untuk perempuan yang berada di usia produktif dan aktif secara seksual.

Ciri-ciri masa subur sebenernya nggak sussah ko untuk dicari tahu. Dan begitu udah bisa mengidentifikasi sendiri, kalian mungkin bakalan kaget karena"wow, ternyata gampang juga ya".

Kenapa tahu tentang ciri-ciri masa subur ini penting? Karena bisa sebagai penentu kapan harus melakukan hubungan seksual biar segera dapat momongan, atau sebaliknya nih, sebagai KB alami.

1 dari 4 halaman

Ciri Keputihan Masa Subur

Ciri-Ciri Keputihan © Diadona

Ciri masa subur bisa terlihat dari keputihan yang muncul pada perempuan. Gimana tuh?

Beberapa perempuan menggunakan ciri-ciri keputihan untuk tahu potensi kesuburan. Ini dikenal dengan strategi KB alami, atau metode kesadaran kesuburan.

Gimana ciri-ciri masa subur pada keputihan?

  • Lendir sangat basah
  • Bening
  • Menyerupai putih telur mentah
  • Terasa Lebih licin

Nah, dikutip dari medicalnewstoday, cairan keputihan seperti ini bakalan membantu sperma naik ke leher rahim untuk membuat sel telur. Selain itu juga menjaga sperma sehat selama perjalanan.

Keputihan yang menjadi ciri-ciri masa subur tersebut didukung oleh kondisi sel telur. Begini, saat sel telur matang, maka akan akan tumbuh di dalam folikel yang akan menghasilkan estrogen. Saat folikel tersebut pecah, tubuh berovulasi, maka akan melepaskan sel telur.

Estrogen yang diproduksi oleh folikel tersebut bakalan melembutkan serviks dan sedikit membukanya. Estrogen juga mengubah tekstur keputihan, sehingga mampu mendukung kesuburan.

Wah, tubuh kita bener-bener ajaib ya!

2 dari 4 halaman

Ciri Lendir Masa Subur

Ciri-Ciri Masa Subur © Diadona

Saat mendekati ovulasi, tubuh bakalan mengeluarkan sejenis lendir dari vagian sebagai ciri-ciri masa subur. Kayak gimana nih?

Kental seperti Putih Telur

Sebagai ciri-ciri masa subur, lendir serviks bakalan semakin banyak trsu konsistensinya berubah seperti [utih telur. Lendir ini terasa lebih basah dan juga lengket.

Konsistenya seperti ini membantu sperma berenang dan masuk ke dalam sistem reproduksi wanita, dan membuat hubungan seksual lebih mudah dan lebih menyenangkan.

Setelah masa subur selesai, tubuh melepaskan hormon progesteron , yang mengeringkan cairan serviks. Awalnya terlihat keruh, trus jadi lebih tebal.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Masa Subur Wanita Setelah Haid

Masa Subur Wanita © Diadona

Masa subur wanita terjadi sekitar 12 sampai 16 hari sebelum haid sebelumnya, atau hari ke-10 sampai ke -17 setelah hari menstruasi terakhir. Buat informasi tambahan biar nggak ngitung-ngitung hari mulu nih, berikut ciri-ciri masa subur yang muncul pada fisik wanita.

Peningkatan Hasrat Seksual

Seolah-olah semesta tahu banget ya gimana cara seorang perempuan melakukan hubungan seksual yang ideal untuk terjadinya pembuahan. Ciri-ciri masa subur ini biasanya meningkat sesaat sebelum ovulasi. Nggak cuman hasrat doang yang meningkat, tapi di masa ini, perempuan ajdi terlihat lebih seksi.

Peningkatan Suhu Basal Tubuh

Suhu basal adalah suhu saat tubuh sedang istirahat, bukan habis lari-larian di panas terik. Peningkatan suhu tubuh sebagai ciri-ciri masa subur biasanya terjadi sekitar 1 derajat celcius selama 24 jam seteleh ovulasi terjadi. ini terjaid karena sekresi progesteron, hormon yang membantu lapisan rahim menjadi kenyal dan tebal dalam persiapan untuk implantasi embrio.

Perubahan Air Liur

Ciri-ciri masa subur ditandia dengan air liur yang jadi kering sebelum atau selama ovulasi. Ini karena estrogen dan progesteron mengubah konsistensi saliva.

Nyeri Payudara

Pernah nggak merasa payudara jadi terasa lebih lembut saat disentuh? Meski nggak selalu, tapi ini bisa aja terjadi karena produksi hormon setelah ovulasi. Makanya, penting banget untuk tahu perubahan payudara untuk mengetahui ciri-ciri masa subur kamu ya!

Ovulation Pain

Pernah ngalamin sakit yang tajam di perut bagian bawah, yang muncul di luar fase fase menstruasi? Bisa saja itu merupakan ciri-ciri masa subur.

Beberapa wanita mengalami ini lho, meskipun mungkin ini nggak mereka sadari. Bagi sebagain besar, nyeri ovulasi sebagai ciri-ciri masa subur ini adalah nyeri tajam di perut bagian bawah. Tapi ada juga yang ngerasa sakit banget banget dan malah bikin mereka nggak bisa melakukan hubungan seksual.

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Masa Subur Pria

Kalender Masa Subur © Diadona

Karena faktor kesuburan dalam menghasilkan keturunan nggak bergantin pada sisi wanita doang, maka ada nggak sih cara buat ngeliat ciri-ciri masa subur pria?

Melansir Alodokter, kesuburan pria ditentukan oleh jumlah dan kualitas prema pria serta kemampuannya membuahi sel telur secara alami. Tapi beda dengan perempuan, laki-laki nggak punya masa subur. ini karena sperma terus terbentuk dan tersimpan di testis, dan siap digunakan kapan aja.

Ciri-ciri masa subur ini mungkin aja berbeda tiap orang, dan nggak selalu terlihat secara nyata. Maka, untuk menentukan waktu terbaik berhubungan seksual dengan tujuan mencegah hamil atau kehamilan, gunakan juga metode lain yang efektif ya!

Beri Komentar