10 Gejala Kanker Darah pada Anak, Terlihat Seperti Penyakit Biasa!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 17 Juni 2020 10:05
10 Gejala Kanker Darah pada Anak, Terlihat Seperti Penyakit Biasa!
Gejala kanker darah ini mungkin nggak muncul pada beberapa orang sampai menyentuh tingkat lanjut. Atau kadang, gejalanya keliru sebagai penyakit flu.

Gejala kanker darah bisa berbeda tergantung pada tipenya, tapi bisa dibagi dalam beberapa gejala dan tanda umum.

Kanker darah bisa bersifat kronis, yang artisnya ciri-ciri kanker darah berkembang perlahan. Tapi juga sangat mungkin jadi akut, dengan gejala yang muncul dengan sangat cepat.

Kanker Darah Akut

Pada penyakit kanker darah akut, sel-sel darah abnormal adalah sel-sel darah yang belum matang (ledakan). Mereka tidak dapat menjalankan fungsi normal mereka, dan mereka berkembang biak dengan cepat, sehingga penyakitnya memburuk dengan cepat. Kanker darah akut membutuhkan perawatan yang agresif dan tepat waktu.

Kanker Darah Kronis

Ada banyak jenis kanker darah kronis. Beberapa menghasilkan terlalu banyak sel dan beberapa menyebabkan terlalu sedikit sel untuk diproduksi. Kanker darah kronis melibatkan sel-sel darah yang lebih matang. Sel-sel darah ini mereplikasi atau menumpuk lebih lambat dan dapat berfungsi secara normal untuk jangka waktu tertentu. Ingat ya, pada bebeapa waktu tertentu saja.

Karena sel-sel menumpuk secara lambat, maka gejala kanker darah kronis ini sering nggak tampak di awal penyakit dan baru terlihat setelah bertahun-tahun

1 dari 3 halaman

Gejala Kanker Darah pada Anak

Gejala Kanker Darah © Diadona

Penyakit kanker darah ini merupakan kanker yang paling umum pada anak dan remaja di bawah umur 15 tahun. Ketika anak mengalami salah satu dari gejala kanker darah berikut, maka orang tua harus awas dengan segera berkonsultasi ke dokter.

Anemia

Anemia terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah. Sel ini punya fungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. tubuh yang terkena anemia sebagai gejala kanker darah bakalan terlihat dari bibir yang pucat.

Memar dan Berdarah

anak-anak mungkin kerap jatuh karena aktivitasnya. Tapi bila luka tersebut cenderung lebih mudah memunculkan memar, mengalami mimisan parah, atau berdarah dari gusi, ini bisa mengarah sebagai gejala kanker darah. Ini karena kanker darah membuat anak jadi kekurangan trombosit yang membantu mencegah pendarahan.

Nafsu Makan Berkurang, Sakit Perut dan Penurunan Berat Badan

Kalau sel-sel leukemia telah menyebabkan pembengkakan di hati, ginjal, atau limpa, organ-organ ini dapat menekan perut yang berakhirnya pada gejala kanker darah berupa perasaan kenyang atau nggak nyaman, kurang nafsu makan, dan penurunan berat badan.

Susah Batuk dan Sulit Bernapas

Leukemia dapat mempengaruhi bagian-bagian tubuh di dalam dan sekitar dada, seperti beberapa kelenjar getah bening atau timus, suatu kelenjar yang terletak di antara paru-paru. Akibatnya, bagian tubuh ini bakalan menekan trakea dan membaut penderitanya mengalami gejala sulit bernapas.

Selain itu, juga bisa muncul karena penumpukan sel kanker darah di pembuluh darah kecil di paru-paru.

Bengkak

Penderita kanker darah bsia mengalami bengkak di beberapa bagian tubuh, diantaranya:

  • Perut, ketika sel-sel abnormal berkumpul di hati dan limpa
  • Wajah dan lengan, ketika tekanan pada vena yang disebut vena cava superior menyebabkan darah menggenang di daerah tersebut
  • Kelenjar getah bening

Tapi nih, kalau bengkak pada kelenjar getah bening merupakan satu-satunya gejala yang terlihat, mungkin itu bukan gejala kanker darah melainkan kemungkian adanya infeksi.

Capek Ekstrim

Gejala kanker darah bisa dilihat dari munculnya kelelahan ekstrim sampai membuat penderitanya nggak bisa berbicara secara jelas. Tapi ini adalah kondisi yang jarang banget terjadi. Penyebabnya adalah penumpukan sel-sel kanker darah dalam darah. Akibatnya, darah menebal sehingga terjadi pelambatan pembuluh darah kecil di otak.

Ngerasa Nggak Enak Badan

Karena gejala kanker darah ini menimpa anak yang masih nggak S bisa menggambarkan apa yang dia rasakan secara terperinci, sehingga terlihat seolah mereka sedang nggak enak badan aja.

 

2 dari 3 halaman

Gejala Penyakit Kanker Darah

Ciri-Ciri Leukimia © Diadona

Sakit Kepala, Muntah, Hinggga Kejang

Ketika penyakit ini mulai mempengaruhi otak atau sumsum tulang belakang, seorang anak mungkin akan mengalami gejala kanker darah berupa:

  • Sakit kepala
  • Lemah
  • Kejang
  • Muntah
  • Susah berkonsentrasi
  • Masalah keseimbangan
  • Penglihatan kabur

Sering Infeksi

Anak-anak penderita kanker darah punya jumlah sel darah putih yang tinggi, tapi sebagian besar sel-sel ini tidak berfungsi dengan benar. Ini karena sel abnormal menggantikan sel darah putih yang sehat.

Karena sel darah putih punya fungsi untuk melawan infeksi, maka keberadaannya yang nggak normal dan nggak sehat akan memunculkan ciri-ciri kanker darah berupa mudahnya infeksi menyerang tubuh.

Nyeri Tulang dan Sendi

Gejala kanker darah juga bisa muncul berupa tulang dan sendi yang terasa nyeri. Saat sel kanker semakin berkembang, maka sel abnormal berkumpul di dalam sendi atau dekta permukaan tulang.

3 dari 3 halaman

Gejala Awal Kanker Darah

Ciri-Ciri Leukimia © Diadona

Gejala kanker darah di awal tergantung pada tipenya, yaitu akut ataupun kronis. Pada bentuk akut, gejala kanker darah muncul dengan cepat, membuat penderitanya seolah sakit dengan tiba-tiba, msialnya terkena flu. Sementara pada kanker darah kronis, membutuhkan waktu bertahun-tahun hingga gejalanya muncul. Gejala awal biasanya erlihat dari hasil yang abnormal pada saat pemeriksaan darah rutin.

Beri Komentar