10 Manfaat Cabe Rawit bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Sayang untuk Diabaikan

Health | Senin, 29 Maret 2021 11:28

Reporter : Novi Hardita Larasati

Dibalik rasanya yang pedas, manfaat cabe rawit ternyata sangat beragam. Mulai dari menekan rasa lapar hingga menurunkan tekanan darah.

Hay girls! Siapa nih diantara kalian yang suka makan pedas? Yaps, bagi pecinta cabe rawit rasanya kurang puas kalau harus makan tanpa ada sensasi pedas. Apalagi, untuk tambahan bakso ataupun mie ayam. Bikin mulut gak berhenti ngunyah, deh.

Eits, bicara soal pedas, ternyata cabe rawit memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan, lho. Bahkan, salah satu manfaat cabe yang paling populer di masyarakat yaitu melancarkan sistem pencernaan.

Penasaran apa saja manfaat cabe rawit untuk kesehatan dan kecantikan? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah kami lansir dari berbagai sumber.

10 Manfaat Cabe Rawit bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Sayang untuk Diabaikan
2 dari 5 halaman

Manfaat Cabe Rawit

Manfaat CabeManfaat Cabe © unsplash.com/@tanushreerao

Umumnya, manfaat cabe rawit ini didapatkan dari kandungannya yang bernama capsaicin. Selain itu, substansi inilah yang membuatnya terasa pedas. Sehingga semakin tinggi kandungan capsaicin, maka akan semakin pedas rasanya. Adapun khasiat yang di dapat dari cabe rawit ialah sebagai berikut:

1. Baik untuk Sistem Pencernaan

Mungkin banyak anggapan bahwa makanan pedas yang mengandung cabe rawit bisa mengakibatkan tukak lambung. Akan tetapi, ada penelitian yang menyebutkan sebaliknya. Bahwa kandungan capsaicin dalam cabe jenis ini membantu mengurangi risiko tukak lambung.

Sehingga, manfaat cabe rawit untuk kesehatan dipercaya dapat membantu melindungi pencernaan dari infeksi, membantu distribusi enzim ke perut, serta memaksimalkan produksi cairan pencernaan.

Meski begitu, kamu jangan terburu-buru memutuskan mengonsumsi cabe rawit kalau memiliki riwayat maag/gastritis, karena risiko masalah pencernaan tetap harus menjadi perhatian.

2. Mengurangi Nafsu Makan

Tak hanya baik untuk sistem pencernaan, manfaat cabe rawit juga bisa membantu kamu mengurangi nafsu makan sekaligus merasa kenyang lebih lama. Hal ini diduga berkaitan erat dengan efeknya mereduksi produksi hormon ghrelin.

Menurut sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi capsaicin terbukti makan lebih sedikit sepanjang hari jika dibandingkan dengan yang tidak. Lebih spesifik lagi, orang yang mengonsumsi suplemen capsaicin makan 10% lebih sedikit, sedangkan yang mengonsumsi minuman dengan capsaicin makan 16% lebih sedikit.

3 dari 5 halaman

3. Baik untuk Metabolisme Tubuh

Ilustrasi Makanan PedasIlustrasi Makanan Pedas © Shutterstock

Nammpaknya kandungan capsaicin dalam cabe rawit juga bermanfaat membantu memaksimalkan pembakaran kalori atau dikenal dengan proses diet-induced thermogenesis, yaitu membantu memaksimalkan metabolisme seseorang.

Bahkan, menurut sebuah studi, orang yang mengonsumsi sarapan mengandung capsaicin membakar 51% kalori lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

Sayangnya, untuk manfaat cabe rawit yang satu ini jika dilakukan terus menerus dalam jangka panjang, tubuh akan beradaptasi pada efeknya sehingga membuat kadar pembakaran kalori tidak lagi sama.

4. Potensi Turunkan Tekanan Darah

Manfaat cabe rawit berikutnya yaitu berpotensi menurunkan tekanan darah. Hal ini terbukti dalam uji laboratorium terhadap tikus, dimana mengkonsumsi cabe rawit dalam jangka panjang membantu menurunkan tekanan darah. Namun, hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

5. Potensi Redakan Risiko Kanker

Kandungan capsaicin dalam cabe rawit pun bisa menurunkan risiko terjadinya kanker. Yaps, substansi ini dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Adapun sel kanker yang bisa dilawan adalah kasus kanker prostat, pankreas, serta kulit.

Tetapi, manfaat cabe rawit yang satu ini masih perlu penelitian lebih banyak. Sebab, sejauh ini, penelitian hanya berbasis uji laboratorium dan tes pada binatang. Sedangkan efeknya pada manusia masih belum diulas lebih lanjut.

4 dari 5 halaman

Manfaat Cabe untuk Kecantikan

Ilustrasi Rambut WanitaIlustrasi Rambut Wanita © shutterstock

6. Membuat Rambut Lebih Bercahaya

Selain untuk kesehatan, cabe rawit juga bermanfaat untuk kecantikan, lho. Salah satunya ialah membuat rambut lebih bercahaya. Caranya, kamu cukup mencampurkan dua sendok cabe rawit yang sudah dihaluskan dengan dua cangkir minyak zaitun.

Setelah itu, diamkan campuran tersebut selama dua minggu, kemudian aplikasikan pada rambut dan diamkan selama 10 menit. Kalau sudah, jangan lupa cuci rambut dengan shampo hingga bersih.

7. Memperlambat Penuaan

Manfaat cabe rawit untuk kecantikan yang ke-tujuh yaitu untuk memperlambat penuaan. Ya, cabe rawit bisa mengambil peran sebagai ageless alami bagi kulit karena kekayaan kandungan vitamin E dari cabai, sehingga hal ini akan membantu regenerasi sel-sel kulit yang sudah mati.

Bahkan, apabila dibandingkan dengan produk kecantikan kimiawi, menggunakan cabai sebagai anti-penuaan justru membuat mu terlihat lebih cantik secara alami, lho.

5 dari 5 halaman

8. Membantu Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Ilustrasi Wajah BerjerawatIlustrasi Wajah Berjerawat © all-indonesia.com

DiaZens, apa kamu tidak percaya diri dengan kehadiran noda bekas jerawat? Tenang, khasiat cabe rawit yang satu ini dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat secara secara alami.

Hal ini dikarenakan cabe mengandung zat fitonutrien yang memiliki peran aktif bagi perlindungan untuk tubuh. Melansir dari Agelessimpact, cabai memiliki khasiat penyembuhan yang kuat. Jadi, inilah mengapa cabai sarat dengan vitamin C.

9. Melawan Serangan Radikal Bebas pada Kulit Wajah

Kenyataannya, radikal bebas bisa masuk ke dalam tubuh dari mana saja. Selain itu, radikal bebas sendiri juga bisa berbahaya karena dapat merusak sel, menyebabkan peradangan serta memicu pertumbuhan sel kanker.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengurangi jumlah radikal bebas yang masuk ke tubuh dengan mengonsumsi cabai rawit. Yaps, manfaat cabe rawit yang satu ini dapat menangkal serangan radikal bebas pada kulit wajah yang sering terpapar sinar matahari.

Bahkan, melansir dari Valleyspice, sumber antioksidan, vitamin dan mineral esensial mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu tubuh melawan serangan radikal bebas yang menggandakan sel kanker.

10. Sebagai Bahan Anti Bakteri dan Anti Jamur

Manfaat cabe rawit yang terakhir ialah sebagai bahan alami anti bakteri serta anti jamur, dampaknya yaitu saat kita mengonsumsi cabe rawit sehari-hari bisa membantu mengatasi masalah yang berkaitan dengan jerawat dan juga masalah kulit lain yang disebabkan oleh adanya jamur dan bakteri tersebut.

Wah, ternyata manfaat cabe rawit untuk kesehatan dan kecantikan cukup beragam ya, guys. Jadi, apakah kamu akan tertarik dengan makanan pedas mulai sekarang? Tulis di kolom komentar ya!

Join Diadona.id