10 Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan, Ampuh Atasi Berbabagi Penyakit

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 18 Maret 2021 13:00
10 Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan, Ampuh Atasi Berbabagi Penyakit
Manfaat daun dewa untuk kesehatan antara lain antiperadangan, mengobati kanker, hingga mengatasi masalah kulit.

Nama daun dewa sudah cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia. Sebab, tanaman yang memiliki nama latin Gynura procumbens atau biasa disebut dengan daun sambung nyawa ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Ya, tanaman ini di Indonesia sudah banyak digunakan sebagai obat herbal dalam menyembuhkan berbagai penyakit ringan hingga berat. Bahkan, salah satu manfaat daun dewa yang paling tersohor ialah dapat menyembuhkan tumor atau kanker.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai manfaat daun dewa bagi kesehatan, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sambung Nyawa © Diadona

Sebelum membahas tentang manfaat daun dewa untuk kesehatan, yuk kita ulas sedikit apa itu daun dewa. Daun dewa merupakan tanaman yang tegak, dengan batang daun pendek lunak berbentuk segi lima serta penampang berbentuk lonjong, dan berambut pada sisi luar.

Kandungan dari daun dewa sendiri meliputi senyawa golongan alkaloid, tanin, flavonoid steroid, dan triterpenoid. Sehingga, dari kandungan tersebut, manfaat daun dewa yang dipercaya masyarakat Indonesia, antara lain:

1. Obat Diabetes

Menurut Jurnal Frontiers of Pharmaclogy menyebutkan bahwa manfaat daun dewa untuk kesehatan berasal dari kandungan penyembuhan yang serba ada yakni mulai dari antihipertensi, antikanker, kardioprotektif, antioksidan, antihiperglikemik, antibakteri, dan anti peradangan.

Selain itu, tanaman daun dewa juga dipercaya dapat digunakan untuk pengobatan penyakit seperti demam, diabetes, hipertensi maupun sembelit, lho.

2. Mengobati Stroke

Daun dewa diketahui memiliki sifat kardiprotektif dan antihipertensi yang dipercaya dapat melindungi jantung. Sehingga, hal inilah yang menjadi alasan bahwa manfaat daun dewa bisa menjadi obat alternatif untuk mengobati penyakit jantung, termasuk juga stroke.

Perlu diketahui, bahwa stroke ialah kondisi gawat darurat yang bisa mengancam nyawa. Jadi, begitu kamu terserang stroke, maka sesegera mungkin mendapatkan pertolongan medis dan jangan ditunda dengan meminum jamu terlebih dulu.

2 dari 4 halaman

3. Herbal Antikanker

Ilustrasi Kanker Serviks © Diadona

Selain mengobati stroke, manfaat daun dewa juga dapat membantu pengobatan kanker lho, guys. Hal ini karena berkaitan erat dengan senyawa aktif seperti flavoid, lakton, sekuiter, dan monoterpene yang diketahui sangat berperan penting untuk menghambat pertumbuhan serta perkembangan sel kanker.

Bahkan, menurut Jurnal PLos ONE menyebutkan protein dalam daun dewa yang disebut peroksidase bisa bekerja menghambat pertumbuhan sel kaker payudara. Maka dari itu, para peneliti mempercayai bahwa daun dewa berpotensi menjadi pilihan pengobatan kanker payudara.

4. Obat Hipertensi

Satu di antara manfaat daun dewa untuk kesehatan lainnya adalah mengobati hipertensi. Ya, menurut Journal of Acupuncture and Meridian Studies (JAMS) tahun 2013, menyebutkan bahwa etanol dalam daun dewa dipercaya bisa menurunkan tekan darah tinggi atau hipertensi.

5. Mengobati Herpes

Satu penelitian kolaborasi dari tim periset Thailand dan Jerman menemukan bahwa ekstrak etanol dari daun dewa dapat mematikan maupun menghambat virus herpes simpleks HSV-1 dan HSV-2 untuk menggandakan diri dalam tubuh, lho.

Untuk temuan manfaat daun dewa yang satu ini diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2013.

3 dari 4 halaman

6. Mengobati Luka Memar

Ilustrasi Luka Luar © Diadona

Seperti yang diketahui, daun dewa memiliki senyawa aktif yakni flavoid. Nah, ternyata senyawa ini terbukti dapat mencegah penggumpalan atau pembekuan darah, sehingga apabila kamu mengalami luka memar, senyawa flavoid bisa membantu meleburkan gumpalan darah yang terbentuk untuk mengurangi pembengkakan tersebut.

7. Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat daun dewa selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah kulit yang diaplikasikan sebagai obat luar. Yaps, tanaman yang satu ini diyakini bisa mengurangi iritasi kulit yang diakibatkan oleh gigitan serangga, jerawat, hingga scabies.

Menariknya lagi, daun dewa juga dapat meredakan radang tenggorokan, lho. Bahkan, untuk kaum perempuan, air rebusan daun dewa ini sering diminum karena dipercaya bisa mencegah tumor payudara hingga membuat menstruasi lebih teratur.

8. Mengobati Rematik

Rematik merupakan gangguan kesehatan yang memengaruhi sendi tulang. Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh adanya peradangan dan nyeri pada persendian atau otot. Nah, salah satu obat tradisional untuk mengatasi kondisi ialah dengan mengkonsumsi daun dewa.

Untuk mendapatkan manfaat daun dewa yang satu ini, kamu cukup minum air rebusan campuran daun dewa dengan jahe merah serta akar vernna cineria. Hal ini disebabkan daun dewa mengandung zat bioaktif, steroid dan alkaloid.

4 dari 4 halaman

9. Menyembuhkan Kutil

Ilustrasi Kutil © Diadona

Siapa nih yang punya kutil di tubuh? Ya, kutil atau dikenal sebagai papiloma itu ialah jenis tumor jinak yang ada pada kulit dan disebabkan oleh penebalan berlebihan pada lapisan luar kulit.

Nah, salah satu khasiat daun dewa untuk kesehatan yang gak kalah penting adalah sebagai cara alami dalam menyembuhkan kutil. Hal ini karena daun dewa mengandung senyawa antiherpetik, seperti turunan asam caffeoylquinic, glikogliserolipid, dan glukosida fitosterol.

10. Mengobati Demam Berdarah

Manfaat daun dewa untuk kesehatan yang terakhir ialah dapat mengobati demam berdarah. Demam berdarah merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang disebut dengue. Kondisi ini bisa ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Bahkan, penyakit ini menyebabkan kematian kalau tidak segera ditangani. Nah, untuk membantu proses pengobatannya, kamu bisa minum satu gelas air rebusan daun dewa dua kali sehari.

Wah, ternyata manfaat daun dewa untuk kesehatan banyak ya. Tapi, guna mendapatkan manfaatnya, konsumsilah secukupnya jangan berlebihan.

Beri Komentar