10 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Diketahui

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 16 Maret 2021 11:53
10 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Diketahui
Para pecinta skincare, pastinya sudah gak asing dengan manfaat pegagan.

Setiap perempuan pasti ingin memiliki kulit yang sehat, bersih dan cerah. Sehingga, berbagai upaya dilakukan untuk mendapatkannya, mulai dari perawatn kulit di dokter, hingga menggunakan bahan-bahan alami seperti daun pegagan (Centella asiatica).

Meski hanya terlihat seperti tanaman pada umumnya, namun manfaat daun pegagan ini cukup beragam. Bahkan, tumbuhan ini sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisonal Cina dan pengobatan Ayurveda, lho.

Lantas, apa saja manfaat daun pegagan untuk kesehatan kulit? Dan bagaimanakah pendapat para ahli medis? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari beberapa sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

Manfaat Pegagan © Diadona

Sebelum membahas mengenai manfaat daun pegagan untuk kesehatan, mari kita bahas sedikit apa itu daun pegagan. Daun pegagan ialah tanaman herba liar yang banyak ditemukan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa khasiat daun pegagan untuk kesehatan kulit:

1. Menyamarkan Luka Parut atau Keloid

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan yang pertama ialah menyamarkan luka parut dan keloid. Hal ini karena kandungan asiaticoside di dalam daun pegagan diketahui bisa merangsang produksi kolagen yang baik guna memperbaiki dan merangsang pertumbuhan jaringan kulit.

Beberapa riset juga menunjukkan bahwa obat oles yang mengandung ekstrak daun pegagan bisa mencegah terbentuknya keloid setelah luka.

2. Memperbaiki Sirkulasi Darah

Selain menyamarkan luka parut dan keloid, daun pegagan juga dapat memperbaiki sirkulasi darah, lho. Bahkan berdasarkan penelitian, ada sejumlah bukti mengenai manfaat daun pegagan untuk memperbaiki sirkulasi darah bagi penderita chronic venous insufficiency (CVI).

Nah, sebuah riset di Malaysia menyimpulkan jika kelompok lanjut usia yang diobati dengan daun pegagan menunjukkan perbaikan yang signifikan dari gejala CVI. Contohnya, rasa sakit serta edema yang berkurang dan kaki tidak lagi terasa berat.

2 dari 4 halaman

3. Mengobati Pasien Alzheimer

Ilustrasi Lansia yang Mengalami Alzheimer © Diadona

Seperti yang diketahui, Alzheimer ialah penyakit degeneratif yang mengakibatkan kemunduran kemampuan otak. Biasanya ini terjadi pada orang lanjut usia.  Nah, apabila ada orang di sekitarmu yang mengidapnya, maka disarankan untuk mengonsumsi daun pegagan.

Sebab, manfaat daun pegagan yang satu ini punya kemampuan meningkatkan kemampuan kognitif dan  melindungi otak dari zat-zat toksin lainnya. Menurut dosis yang disarankan oleh Healthline, pasien alzheimer bisa mengonsumsi 30 sampai 60 tetes ekstrak pegagan tiga kali sehari.

4. Dapat Berperan sebagai Antidepresan

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan yang keempat yaitu berperan sebagai antidepresan. Pasalnya, efek peningkatan kemampuan otak yang dimiliki tanaman ini ternyata bisa berfungsi untuk meredakan gejala depresi.

5. Mengurangi Stretch Mark

Umumnya stretch mark bisa dialami oleh siapa saja, apalagi untuk ibu hamil. Namun, kondisi ini seringkali membuat sebagian perempuan tak percaya diri. Tapi, kamu nggak usah khawatir, sebab, manfaat daun pegagan untuk kesehatan pun bisa mengurangi munculnya stretch mark hingga mencegah munculnya selulit baru pada kulit, lho.

Hal ini dikarenakan terpenoid yang ditemukan pada daun pegagan bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Dengan begitu, kamu jadi lebih percaya diri, deh.

3 dari 4 halaman

6. Mengatasi Penuaan Dini

Ilustrasi wanita antipenuaan © Diadona

Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, manfaat daun pegagan pun bisa mengatasi penuaan dini terutama pada wajah serta leher. Seperti yang diketahui, gejala penuaan dini merupakan salah satu masalah kecantikan yang paling dihindari oleh hampir sebagian besar wanita.

Namun, menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menyatakan bahwa daun pegagan secara efektif dapat membantu dalam produksi kolagen alami di dalam tubuh. Dengan begitu, elastisitas kulit terutama pada kulit wajah dan leher tetap terjaga.

7. Mengobati dan Mencegah Jerawat

Ternyata manfaat daun pegagan untuk wajah juga berkhasiat dalam mengobati dan mencegah timbulnya jerawat, lho. Sehingga, menggunakan obat jerawat atau serum yang mengandung centella asiatica bisa mempercepat proses pemulihan serta membersihkan wajah dari jerawat tanpa meninggalkan bekas.

8. Bisul

Bisul memang bukan penyakit yang membahayakan, akan tetapi kondisi ini sangat menganggu bagi penderitanya. Maka dari itu, kamu bisa mengobatinya dengan daun pegagan.

Yaps, manfaat daun pegagan dipercaya efektif mengobati bisul dengan cukup mudah. Caranya, cukup rebus 30 gram - 60 gram daun pegagan segar dengan tiga gelas air sampai mendidih, lalu sisahkan air sekitar satu gelas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum air rebusan tersebut dua kali sehari ya.

 

4 dari 4 halaman

9. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Ilustrasi Perempuan Berfikir © Diadona

Tak hanya untuk kulit, manfaat pegagan pun bisa mengoptimalkan kemampuan kognitif otak kita. Sebuah studi kecil tahun 2016 membandingkan efek ekstrak pegagan serta asam folat dalam meningkatkan fungsi kognitif setelah stroke.

Studi ini menilai dampaknya pada tiga kelompok peserta, yakni satu mengonsumsi 1.000 miligram (mg) pegagan per hari, satu mengonsumsi 750 mg pegagan per hari, dan satunya lagi mengonsumsi 3 mg asam folat per hari.

Walaupun pegagan dan asam folat sama-sama berkhasiat dalam meningkatkan kognisi secara keseluruhan, namun tanaman pegagan lebih efektif dalam meningkatkan domain memori.

10. Membantu Meredakan Nyeri Sendi

Tampaknya khasiat antiradang dari manfaat pegagan diduga juga bisa membantu mengatasi artritis, lho. Hal ini karena sifat anti-inflamasi pegagan berguna dalam mengobati radang sendi.

Selain itu, mengonsumsi ekstrak pegagan juga bisa mengurangi peradangan sendi, erosi tulang rawan, hingga erosi tulang. Nah, efek antioksidannya akan berdampak positif pada sistem kekebalan tubuh.

Itulah beberapa manfaat daun pegagan untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Ohiya, meski sudah terbukti khasiatnya, namun beberapa masih perlu penelitian lebih lanjut ya, guys.

Beri Komentar