10 Manfaat Garcia Kulit Manggis untuk Kecantikan dan Kesehatan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 20 Maret 2021 11:33
10 Manfaat Garcia Kulit Manggis untuk Kecantikan dan Kesehatan
Inilah manfaat garcia untuk kecantikan dan kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Buah manggis di Indonesia pastinya sudah familiar. Pasalnya, selain rasanya yang manis dan sedikit asam, buah yang satu ini ternyata juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Terutama pada ekstrak kulitnya.

Bahkan, ekstrak kulit manggis atau biasa disebut garcia ini diklaim bisa mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, lho. Hal ini karena adanya zat penting dalam kulit manggis yang sangat berharga, yakni zat Xanthones.

Selain itu, ekstrak kulit manggis pun kaya dengan antioksidan, mineral, vitamin, serta asam amino. Maka tak heran, kalau manfaat garcia ini menjadi semakin populer dikonsumsi sebagai obat herbal.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat garcia, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Garcia Kulit Manggis untuk Kecantikan

Manfaat Garcia © Diadona

Sebelum membahas mengenai manfaat garcia kulit manggis, yuk kita pahami terlebih dahulu apa itu garcia. Garcia merupakan suplemen dengan kandungan ekstrak kulit manggis yang bekerja untuk merangsang pemulihan sel serta jaringan tubuh manusia yang telah rusak atau sakit agar dapat pulih kembali.

Oleh karena itu, secara tradisional garcia digunakan untuk membantu memelihara dan menjaga kesehatan tubuh. Adapun manfaat garcia adalah sebagai berikut:

1. Cegah Penuaan Dini

Manfaat garcia kulit manggis untuk kecantikan yang pertama ialah dapat mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan tinggi yang ada di kulit manggis. Seperti diketahui, antioksidan bekerja menghilangkan sel-sel mati serta mendorong proses regenerasi sel-sel baru.

2. Mencerahkan Kulit

Tak hanya mencegah terjadinya penuaan dini, manfaat garcia untuk kecantikan pun bisa membantu mencerahkan kulit karena adanya vitamin C pada kulit manggis. Bahkan, vitamin C pada kulit manggis juga mempromosikan pembentukan kolagen, yang dibutuhkan guna menjaga kulit tetap kencang dan awet muda. Wah, para ciwi-ciwi harus tahu nih.

3. Mengatasi Jerawat

Manfaat garcia untuk kecantikan yang berikutnya yaitu dapat membantu atasi jerawat. Hal ini disebabkan kulit manggis memiliki sifat anti-inflaasi yang bisa mengurangi jerawat yang meradang, serta mencegah pembentukan jerawat baru.

Selain itu, kulit manggis ternyata juga memiliki agen anti-mikroba yang nantinya bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Wow, menarik!

2 dari 4 halaman

Manfaat Garcia untuk Kesehatan

Ilustrasi Kanker Payudara © Diadona

4. Mencegah Kanker

Selain untuk kecantikan, manfaat garcia juga dipercaya dapat mencegah risiko kanker. Sehingga, bagi pasien yang sudah memiliki kanker atau orang-orang yang rentan terhadap kanker disarankan untuk mengkonsumsi kulit manggis tersebut.

Sebab, tingginya antioksidan dalam kulit manggis sangat penting melawan radikal bebas penyebab kanker. Apalagi dengan adanya zat xanthone pada kulit manggis, hal ini akan sangat membantu proses penyembuhan kanker.

Akan tetapi, bukan berarti ekstrak kulit manggis bisa membunuh sel kanker sepenuhnya ya, guys. Hanya saja manfaat garcia ini bisa dijadikan suplemen makanan disamping pengobatan kanker lainnya tetap dijalani.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dikarenakan kulit manggis mengandung vitamin C yang memiliki peran penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, maka manfaat garcia yang selanjutnya ialah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menariknya lagi, kulit buah yang satu ini juga memiliki sifat anti-mikroba yang sangat efektif terhadap Staphylococcus aureus. Sehingga, membuat kulit manggis bagus dikonsumsi oleh orang-orang dengan kekebalan rendah, seperti pasien HIV/AIDS dan tuberkulosis.

3 dari 4 halaman

6. Mengontrol Gula Darah

Ilustrasi Diabetes © Diadona

Meski memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, namun ternyata manfaat garcia kulit manggis ini sangat aman bagi penderita diabetes lho. Hal ini dikarenakan kulit manggis memiliki kalori yang sedikit, serta mengandung serta yang dapat membantu menjaga gula darah dalam tingkat normal.

Tapi, perlu diingat bahwa cara terbaik untuk mengendalikan diabetes ialah dengan menjaga hidup sehat, seperti makan-makanan sehat serta aktivitas fisik yang teratur.

7. Membuang Racun dalam Tubuh

Manfaat garcia selanjutnya yaitu dapat membuang racun dalam tubuh. Ya, kandungan antioksidan dalam kulit manggis bisa mengikat dengan racun serta senyawa kimia yang masuk ke dalam tubuh dari polusi udara, makanan yang terkontaminasi, rokok ataupun radiasi.

Nah, zat berbahaya inilah nantinya akan dihilangkan dari tubuh dengan air seni. Jadi, apabila zat-zat tersebut masuk ke usus, antioksidan di kulit manggis pun akan melindungi lapisan lendir usus karena lapisan lendir tidak bersentuhan langsung dengan racun.

8. Menurunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol memang diperlukan untuk pembakaran dalam tubuh. Akan tetapi, kalau kolesterol kelebihan apalagi yang termasuk dalam kolesterol jahat,  tentu saja hal ini akan memicu timbulnya berbagai penyakit seperti jantung koroner, darah tinggi, hingga serangan jantung.

Namun, hal tersebut bisa dicegah dengan manfaat gracia. Yaps, aadanya kandungan antioksidan yang tinggi dalam kulit manggis dianggap berguna untuk memecah LDL sehingga peredaran darah pun menjadi lancar.

4 dari 4 halaman

9. Anti Alergi dan Anti Inflamasi

Ilustrasi Diabetes © Diadona

DiaZens, kalian tahu nggak sih, ternyata penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa manfaat garcia memiliki zat anti alergi serta anti inflamasi.

Sebab, kandungan pada kulit manggis dapat memperbanyak zat prostaglandin. Manfaat dari prostaglandin sebetulnya berguna dalam meredakan peradangan atau anti inflamasi, di mana keduanya berkaitan dengan penyebab seseorang bisa mudah terkena alergi.

10. Memperbaiki DNA Tubuh

Sebagai informasi, DNA adalah salah satu unsur penting untuk membentuk organisme dan jaringan. Nah, di dalam DNA mengandung informasi genetika yang penting untuk membantu pertumbuhan. Sehingga, kalau DNA bermasalah, maka kemungkinan perkembangan serta pertumbuhan tubuh seseorang menjadi terganggu. Oleh sebab itu, salah satu manfaat garcia untuk kesehatan ialah diyakini bisa memulihkan kondisi tersebut.

Itulah beberapa manfaat garcia kulit manggis untuk kecantikand dan kesehatan yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar