10 Manfaat Jamur Kuping Hitam dan Putih, Ternyata Bagus untuk Kesehatan Ibu Hamil

Reporter : Sheila Fathin
Senin, 12 April 2021 15:31
10 Manfaat Jamur Kuping Hitam dan Putih, Ternyata Bagus untuk Kesehatan Ibu Hamil
Jamur kuping ternyata selain untuk menurunkan kadar kolesterol juga bisa mencegah obesitas dan bagus untuk ibu hamil, lho!

Manfaat jamur kuping sudah menjadi makanan pokok dalam pengobatan tradisional di China. Spesies jamur ini memiliki tekstur keras tapi kenyal seperti agar-agar. Sering kali ditutupi dengan bulu-bulu halus keabu-abuan dan tidak mengherankan jika dirinya memiliki kemiripan dengan telinga.

Jamur kuping dikenal dengan banyak nama di antara lain jamur kuping hitam, jamur kuping kayu, hingga dikenal sebagai Telinga Awan. Jamur kuping ini dapat ditemukan pada batang pohon kayu. Meski begitu, jamur kuping juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja itu?

1 dari 3 halaman

Manfaat Jamur Kuping Hitam

Manfaat Jamur Kuping © Diadona

Jamur Kuping meskipun ditemukannya pada batang pohon, namun jamur kuping hitam ini memiliki manfaat di dalamnya. Berikut ini manfaat jamur kuping hitam untuk tubuh :

Antioksidan yang Kuat

Manfaat jamur kuping hitam kaya akan antioksidannya. Aktivitas antioksidannya terbukti bermanfaat untuk mencegah perkembangan gangguan degeneratif seperti Alzheimer dan demensia. Dalam studi International Journal of Medicinal Mushrooms tahun 2013 menemukan hasil bahwa dengan mengkonsumsi jamur kuping mentah atau dimasak dapat melindungi otak dari dua kondisi melemahkan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Eksopolisakarida β-glukan yang diperoleh dari Jamur Kuping hitam memiliki sifat imunostimulan yang mampu meningkatkan aktivitas fagosit atau sel kekebalan yang melindungi tubuh dengan menelan partikel asing yang berbahaya.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat jamur kuping hitam kaya akan serat prebiotik dalam bentuk beta glukan. Ini adalah serat yang tidak dapat dicerna yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di mikrobioma. Jamur kuping hitam kaya akan prebiotik yang dapat membantu kesehatan pencernaan, meningkatkan kesehatan metabolisme tubuh.

2 dari 3 halaman

Manfaat Jamur Kuping Putih

Manfaat Jamur Kuping © Diadona

Manfaat jamur kuping putih kaya akan vitamin B, mineral dan antioksidan. Jamur kuping sendiri sering kali sudah dianggap sebagai obat yang mana tentunya memiliki manfaat bagi tubuh. Apa saja, sih manfaatnya?

Menjaga Tubuh Agar Tehindar dari Diabetes

Dilansir dari Foodthesis, jamur kuping kaya akan serat makanan sebanyak 71%, terutama serat makanan tidak larut yang bermanfaat menurunkan indeks glikemik. Selain itu, jamur kuping putih mengandung polisakarida yang mengurangi asupan makanan yang sedikit menurunkan plasma dan kadar glukosa urin.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat jamur kuping mampu menurunkan kadar kolesterol karena memiliki senyawa polifenol lebih dari 16% yang memiliki efek hipokolesterolemik yang kuat dan dapat meningkatkan antioksidan, menurunkan kadar kolesterol dan indeks aterosklerosis. Mendapati juga, jamur kuping putih mengandung polisakarida yang secara signifikan menurunkan kolesterol total serum dan lipoprotein densitas rendah.

Mengobati Anemia

Kita tahu dari penjelasan sebelumnya jika jamur kuping memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Hal itu berguna untuk mengikat zat besi untuk meningkatkan pencernaan dan penyerapan dan membantu untuk pengobatan anemia. Selain itu juga mengurangi stress oksidatif yang disebabkan oleh zat besi yang terlalu berlebihan.

Mencegah Obesitas

Manfaat jamur kuping berwarna putih mengandung zat bioaktif alami yang mampu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko steatosis hati.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat Jamur Kuping © Diadona

Jamur menawarkan nutrisi yang sangat baik untuk bayi yang sedang tumbuh. Memasukkannya ke dalam makanan rutin membantu kamu berbagi manfaatnya dengan bayi di dalam rahim

Vitamin B yang Melimpah untuk Ibu Hamil

Manfaat jamur kuping untuk kesehatan ibu hamil tinggi akan vitamin B kompleks termasuk thiamin (B1), riboflavin (B2), Niacin (B3) dan asam pantotenat (B5) (2), yang bermanfaat bagi calon ibu dan bayi.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Saat hamil jika kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelelahan, nyeri punggung, kelemahan tulang dan depresi. Jamur kuping memiliki vitamin D yang cukup tinggi sehingga dapat memberi ibu hamil asupan vitamin D yang melimpah dan dapat menyerap kalsium dalam tubuh untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat pada bayi.

Meningkatkan Hemoglobin

Saat hamil, tubuh membutuhkan banyak hemoglobin karena volume darah meningkat. Manfaat jamur kuping merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Sehingga zat besi yang ada di dalam jamur kuping mampu menjaga kesehatan ibu hamil dengan membantu memproduksi hemoglobin dan sel darah merah baik pada ibu maupun janin.

Manfaat jamur kuping memiliki nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Yang mana jamur kuping ini juga bisa dikonsumsi bersamaan dengan makanan lainnya atau bisa juga dicampur sebagai sayur sop. Maka dari itu, mungkin Diazens bisa mulai mencoba membuat masakan dengan jamur kuping di dalamnya ya.

Beri Komentar