10 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Health | Senin, 8 Maret 2021 12:56

Reporter : Novi Hardita Larasati

Yuk, simak berbagai manfaat jantung pisang yang baik untuk kesehatan berikut ini.

Tak hanya buahnya, setiap bagian dari pohon pisang pasti memberikan manfaat baik untuk kesehatan, mulai dari kulit pisang sampai jantung pisang. Namun, sayangnya, jantung pisang sering kali dibuang lantaran dianggap tak berguna.

Padahal, banyak manfaat jantung pisang yang bisa didapatkan melalui berbagai olahan yang lezat. Mulai dari cara ditumis, digoreng, ataupun dijadikan gulai. Selain itu, jantung pisang juga mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh.

Oleh karena itu, tak ada salahnya kalau kamu sesekali mengonsumsi jantung pisang untuk mendapatkan khasiat kesehatannya. Berikut ragam manfaat jantung pisang bagi kesehatan yang dilansir dari berbagai sumber.

10 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan dan Ibu Hamil
2 dari 5 halaman

Manfaat Sayur Jantung Pisang

Manfaat Sayur Jantung PisangManfaat Sayur Jantung Pisang © shutterstock.com/Tantri Setyorini

Manfaat sayur jantung pisang mungkin masih jarang diketahui. Bahkan, salah satu bagian dari pohon pisang ini sering kali dibuang karena dianggap tidak berguna. Padahal jantung pisang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh lho, DiaZen.

Penasaran apa saja manfaat sayur jantung pisang yang belum banyak diketahui? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Mengatasi Pembesaran Prostat Jinak

Manfaat sayur jantung pisang untuk kesehatan yang pertama yaitu dapat mengatasi masalah pembesaran prostat jinak atau benign prostatic hyperlapsia. Ya, kondisi ini biasanya terjadi pada pria yang ditandai dengan melemahnya kandung kemih, sehingga menyebabkan urine tidak keluar seluruhnya.

Namun, dalam sebuah penelitian, ekstrak jantung pisang ternyata bisa membantu mengurangi pembesaran prostat dan memperbaiki morfologi kelenjar prostat, lho. Hal ini karena ekstrak jantung pisang mengandung asam sitrat, asam pantotenat, taurin, dan nikotinat.

Senyawa-senyawa itulah yang mampu menjadi agen antiinflamasi dan anti profilerasi (menghambat pertumbuhan sel) pada pasien yang mengalami pembesaran prostat jinak.

2. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat sayur jantung pisang selanjutnya adalah bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi udara bisa menyebabkan gangguan sistem saraf pusat, gangguan kardiovaskular, autoimun dan lainnya.

Sehingga, dengan mengonsumsi makanan ini bisa bermanfaat untuk mencegah sakit gangguan saraf seperti Alzheimer dan Parkinson yang diakibatkan oleh radikal bebas.

3 dari 5 halaman

3. Mengurangi Komplikasi Diabetes

Ilustrasi DiabetesIlustrasi Diabetes © medicalnewstoday.com

Manfaat jantung pisang berikutnya yaitu untuk mengurangi komplikasi diabetes melitus. Hal ini dikarenakan kombinasi jantung pisang dan bagian tengah batang pisang mampu mengurangi hiperglikemia serta komplikasi diabetes seperti diabetic nephropathy (komplikasi diabetes pada ginjal).

Sehingga, kalau kamu mengonsumsi jantung pisang dan bagian tengah pisang hal ini bisa mengurangi komplikasi diabetes.

4. Mencegah Infeksi Bakteri

Tak hanya menangkal radikal bebas, manfaat jantung pisang untuk kesehatan juga bisa mencegah infeksi bakteri. Hal ini karena jantung pisang yang diekstraksi mengandung asam amino dan peptida. Nah, isolasi protein ini secara signifikan dapat melawan bakteri gram positif dan negatif.

Selain itu, bakteri ini juga bisa menyebabkan pneumonia, infeksi diare, hingga kolera. Maka dari itu, konsumsi jantung pisang dapat mendukung imunitas tubuh dari infeksi penyakit akibat bakteri tersebut.

5. Mengurangi Perdarahan Saat Menstruasi

DiaZen, kalian tahu nggak sih, ternyata manfaat jantung pisang bisa dirasakan oleh wanita yang sedang menstruasi, lho. Terutama jika dikonsumsi dengan dijadikan sebagai sayuran.

Pasalnya, hal ini terkait dengan perdarahan dan sakit perut yang biasanya kamu rasakan saat menstruasi. Yaps, konsumsi jantung pisang bisa meningkatkan progesteron yang mengurangi perdarahan berlebih serta sakit perut saat menstruasi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jantung Pisang untuk Ibu Hamil

Manfaat Jantung PisangManfaat Jantung Pisang © shutterstock.com/Agung pramudita

Mungkin banyak yang mendengar beragam mitos yang beredar, bahwa mengonsumsi jantung pisang dapat membuat bayi berukuran kecil hingga keguguran. Tapi, perlu diketahui bahwa mitos tersebut belum bisa dibuktikan kebenarannya secara medis, guys.

Sebaliknya, manfaat jantung pisang untuk ibu hamil justru bisa memberikan banyak khasiat yang positif. Berikut diantaranya:

6. Memperlancar Sistem Pencernaan Jadi Lebih Optimal

Sembelit atau susah buang air besar seringkali menjadi masalah selama masa kehamilan. Yaps, sembelit bisa terjadi lantaran pola makan yang buruk selama hamil. Oleh karena itu, ibu hamil tidak bisa menyepelekan saat mengalami kondisi ini karena bisa menganggu aktivitas sehari-hari.

Nah, untuk mencegah sembelit, Moms dapat mengonsumsi jantung pisang guna mengembalikan sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Hal ini karena jantung pisang punya kandungan serat dan mengandung sejumlah besar basa, sehingga bisa mengurangi gas dan tingkat keasaman yaang ditemukan di dalam sistem pencernaan.

7. Meredakan Kram Perut yang Menganggu Aktivitas Selama Hamil

Manfaat jantung pisang untuk ibu hamil lainnya ialah sebagai salah satu cara meredakan kram perut selama masa kehamilan. Kondisi ini memang normal, namun ibu hamil akan merasa tidak nyaman ketika menjalani aktivitas keseharian apalagi kalau terjadi secara tiba-tiba.

Jadi, apabila Moms mulai merasakan kram perut disela-sela menjalani kehamilan ini, maka cobalah untuk mengonsumsi pisang atau jantung pisang.

5 dari 5 halaman

8. Mencegah Munculnya Anemia Akibat Kekurangan Zat Besi

Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © babycentral.com

Seperti yang diketahui, ibu hamil seaktu-waktu bisa mengalami anemia, apalagi saat tubuh kekurangan zat besi. Sehingga saat Moms mengalami anemia, maka darah di dalam tubuh tidak mengandung cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Demi kesehatan tetap terjaga dan terhindari dari anemia, maka manfaat jantung pisang untuk ibu hamil sangat berpengaruh sebab pisang memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

9. Meningkatkan Suasana Hati Menjadi Tidak Stres

Saat hamil tak sedikit ibu hami yang mengalami mengalami stres dengan berbagai masalah, sehingga hal ini dapat memicu suasana hati menjadi tidak kondusif. Bahkan beberapa orang menjadi lebih sensitif karena emosinya yang sedang tidak stabil.

Nah, jika kamu dalam kondisi ini, maka kamu bisa mengonsumsi jantung pisang selama masa kehamilan. Ya, manfaat jantung pisang untuk ibu hamil bisa membantunya terhindar dari risiko stres hingga depresi.

10. Sebagai Vitamin

Selain meningkatkan suasana hati, ternyata manfaat jantung pisang untuk ibu hamil juga berfungsi sebagai nutrisi yang tepat. Apalagi saat kekurangan vitamin. Sebab, di dalam jantung pisang terdapat vitamin seperti B6 (yang menciptakan sel darah merah dan melepaskan hormon kebahagiaan, serotonin) serta Vitamin C (antioksidan alami).

Itulah deretan manfaat jantung pisang untuk kesehatan dan ibu hamil yang perlu diketahui. Namun sebelum dikonsumsi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan ya, Moms. Semoga bermanfaat!

Join Diadona.id