10 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Patut Diketahui

Health | Jumat, 12 Maret 2021 12:28

Reporter : Novi Hardita Larasati

Selain untuk kuliner, ternyata manfaat jeruk purut cukup membantu dalam hal kesehatan dan kecantikan lho.

Hey DiaZens, siapa nih yang tahan dengan rasa asam dari jeruk perut? Ya, walaupun rasanya yang agak kecut dan asam, namun jeruk purut kerap digunakan sebagai penambah aroma sedap pada makanan. Termasuk untuk mengatasi amis pada ikan.

Selain itu, buah ini juga memiliki khasiat yang hampir sama dengan jeruk nipis. Bahkan, manfaat jeruk purut bagi kesehatan pun tak perlu diragukan lagi, sebab jeruk yang memiliki nama latin Citrus hystrix ini mengandung nutrisi dan vitamin cukup tinggi.

Lantas, apa saja manfaat jeruk purut bagi kesehatan dan kecantikan kulit? Langsung saja simak ulasan di bawah ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

10 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Patut Diketahui
2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Jeruk Purut

Ilustrasi Daun Jeruk PurutIlustrasi Daun Jeruk Purut © shutterstock.com/Sriyana

Seperti yang diketahui, jeruk purut merupakan buah tropis yang berasal dari berbagai wilayah Asia, seperti Thailand, Indonesia, dan Filipina. Meski bentuknya kecil, namun buah yang satu ini menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya ialah pada daunnya.

1. Mengatasi Setres

Manfaat daun jeruk purut untuk kesehatan yang pertama yaitu mampu mengatasi stress. Hal ini dikarenakan aroma daun jeruk purut yang berasal dari minyak esensial yang ada di dalamnya.

Sehingga, dengan menghirup aroma minyak daun jeruk purut bisa membuat tubuh membaik. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai aromaterapi untuk mengurangi stress, rasa cemas, serta kelelahan akibat penyakit.

2. Mencegah Bakteri

Manfaat daun jeruk purut yang selanjutnya ialah untuk mencegah bakteri. Seperti yang diketahui, daun jeruk purut mengandung zat yang memiliki anti-bakteri terhadap Staphylococcus aureus, yakni patogen pada kulit.

Nah, ekstrak jeruk purut ini dipercaya bisa mencegah pertumbuhan bakteri pada luka untuk memudahkan penyembuhan, hingga antiseptik topikal yang efektif. Itulah mengapa minyak daun jeruk purut ada di deodorant.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk PurutManfaat Jeruk Purut © shutterstock.com/GUSANT

Kalian percaya nggak, kalau ternyata jeruk purut sejak lama dikenal sebagai obat tradisional yang ampuh mengatasi beberapa penyakit, lho. Mulai dari pereda flu, batuk, diare, hingga demam. Namun, untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat jeruk purut.

3. Mencegah Kanker

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa jeruk purut merupakan salah buah yang memiliki sumber vitamin C sebagai antioksidan. Sehingga, manfaat jeruk purut untuk kesehatan yang berikutnya ialah mencegah pertumbuhan sel kanker.

Bahkan, jeruk purut juga mengandung senyawa flavonoid yang berperan sebagai antioksidan dalam menangkal dan membasmi perkembangan serta pertumbuhan pada sel kanker! Menarik, bukan?

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan adalah hal yang cukup sulit. Mulai dari berbagai cara pun dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Padahal, ada cara tradisional yang bisa kamu lakukan saat melakukan program diet, yaitu konsumsi jeruk purut.

Ya, manfaat jeruk purut ini dipercaya mampu mampu menurunkan berat badan serta mengatasi masalah perut buncit. Hal ini karena, buah yang satu ini mengandung serat pektin atau zat bermolekul yang mudah larut.

Tak hanya itu, senyawa antioksidan yang ada pada buah jeruk purut juga bisa meluruhkan lemak membandel dan menjadikannya sebagai cadangan energi, serta sebagai detoks racun dari dalam tubuh.

4 dari 5 halaman

5. Membantu Mengatasi Batu Ginjal

Ilustrasi Batu GinjalIlustrasi Batu Ginjal © medicalnewstoday.com

Kira-kira apa sih faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit batu ginjal? Ternyata, salah satu faktor pengidap penyakit ini yaitu mereka yang memiliki kebiasaan menahan buang air kecil dan kurang minum air putih.

Maka dari itu, untuk mencegah kondisi tersebut, kamu bisa memanfaatkan dari air perasan jeruk purut. Ya, satu gelas jus jeruk purut bisa mencegah pembentukan batu ginjal, dan berkat senyawa asam sitrat di buah ini akan meningkatkan volume buang air kecil serta meningkatkan pH urine.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jeruk purut untuk ternyata juga dipercaya dalam menjaga jantung apabila dikonsumsi secara rutin, lho. Hal ini dibuktikan pada sebuah penelitian dalam Journal of Nutrition and Metabolism, bahwa mengonsumsi jeruk nipis setiap hari dan diimbangi dengan olahraga, terbukti bisa menurunkan tekanan darah tinggi hingga meningkatkan kesehatan jantung.

Bahkan, sebuah studi di Jepang juga menemukan orang yang rajin mengonsumsi perasan jeruk purut akan terhindar dari penyakit jantung serta stroke. Wah, patut dicoba nih guys.

7. Meningkatkan Imun

Dikarenakan kandungan vitamin C dalam jeruk purut cukup tinggi, maka tak heran kalau buah yang satu ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, manfaat jeruk purut untuk kesehatan juga dapat melindungi kulit dari kerusakan kulit, karena paparan berlebih dari radikal bebas.

5 dari 5 halaman

8. Meningkatkan Kecantikan kulit

Ilustrasi perempuan dengan kulit cerahIlustrasi perempuan dengan kulit cerah © 2019 https://www.diadona.id/vietnamnaturalhair.com

Ini dia salah satu manfaat jeruk purut untuk wajah yang ditunggu-tunggu para kaum perempuan. Ya, buah mungil ini bisa dijadikan sebagai perawatan kecantikan secara alami. Bahkan, kandungan vitamin dan antioksidan dalam jeruk purut pun bisa meningkatkan kecerahan kulit wajah serta mengurangi produksi minyak yang berlebih.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu cukup mencampur satu sendok perasan jeruk purut dengan air mawar, lalu celupkan kain ke dalam cairan tersebut kemudian kompreskan pada kulit. Gampang, kan?

9. Mencegah Ketombe dan Kutu

Tak hanya untuk kesehatan, manfaat jeruk purut juga dapat membantu kamu dalam hal kecantikan rambut nih. Pasalnya, minyak pada jeruk ini sangat efektif untuk membersihkan kotoran serta minyak pada rambut. Jadi, cocok untuk mencegah ketombe, bahkan kutu.

Dengan begitu, rambut kamu jadi lebih berkilau, sehat dan tampak melakukan perawatan di salon ya guys. Padahal kan cuma pakai jeruk purut hehe.

10. Mengurangi Peradangan

Nah, manfaat jeruk purut untuk kesehatan yang terakhir yaitu mengurangi peradangan. Bagi kamu yang mulai mengalami asam urat, edema, rematik, atau kondisi peradangan lainnya, maka kamu bisa menggunakan daun, ekstrak jus, atau minyak secara topikal pada area yang terasa nyeri.

Wah, manfaat jeruk purut untuk kesehatan dan kecantikan ternyata cukup beragam ya, DiaZens. Gimana, apakah kamu punya pengalaman dengan memanfaatkan buah yang satu ini? Share di kolom komentar ya!

Join Diadona.id