10 Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Berat Badan

Health | Jumat, 19 Maret 2021 12:31

Reporter : Novi Hardita Larasati

Selain enak, ternyata manfaat jus buah naga untuk kesehatan pun cukup beragam.

Bagi sebagian orang minum jus merupakan salah satu hal yang paling menyenangkan. Pasalnya, selain enak, konsumsi jus dengan porsi yang sesuai juga bikin tubuh sehat. Hal ini juga berlaku dengan jus buah naga.

Ya, buah tropis yang dikenal dengan kulit tebal dan dan daging buahnya yang kaya air ini sangat cocok untuk diolah menjadi jus segar. Selain itu, manfaat jus buah naga juga beragam karena terdapat kandungan antosianin yang tinggi.

Penasaran apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

10 Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Berat Badan
2 dari 5 halaman

Manfaat Jus Buah Naga Merah

Manfaat Jus Buah NagaManfaat Jus Buah Naga © shutterstock.com/OlegD

Sebelum membahas mengenai manfaat jus buah naga merah, kita ulas sedikit tentang buah yang satu ini. Buah naga adalah buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Buah naga sendiri memiliki warna daging buah yang berbeda, yaitu merah dan putih. Akan tetapi, kedua buah tersebut memiliki manfaat yang sama untuk kesehatan.

Oleh karena itu, berikut manfaat jus buah naga merah atau juga dikenal dengan nama pitaya berikut ini:

1. Sehatkan Jantung

Manfaat jus buah naga merah yang pertama ialah untuk sehatkan jantung. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung magnesium yang tinggi. Sehingga, dengan tingginya asupan magnesium tinggi tersebut dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Memperlancar Pencernaan

Seperti yang diketahui, buah naga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga hal ini dapat membantu kamu dalam memperlancar masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus, sembelit, dan bahkan kanker kolorektal.

Selain itu, buah naga juga kaya akan oligosakarida yang membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri usus seperti bifidobacteria dan lactobacilli. Dengan begitu, manfaat jus buah naga merah untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan flora usus yang sehat.

3 dari 5 halaman

3. Menurunkan Berat Badan untuk Diet

Ilustrasi Berat BadanIlustrasi Berat Badan © farmacialarugginosa.it

Apakah kamu sedang menjalankan program diet? Kalau iya, coba deh mulai sekarang mengkonsumsi jus buah naga secara rutin. Sebab, buah naga yang kaya antioksidan dapat membantu detoksifikasi dengan membuang racun dari tubuh, dengan begitu berat badan kamu bisa berkurang secara perlahan, deh.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tak hanya untuk membantu menurunkan berat badan, manfaat jus buah naga yang paling utama yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Sehingga, dengan mengonsumsi jus buah naga secara rutin dan sesuai porsi, hal ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta juga merangsang aktivitas antioksidan lain dalam tubuh. Jadi, tak heran kalau buah naga bermanfaat sebagai MPASI bayi.

5. Sehatkan Otak

Sebagai iformasi, ternyata buah naga mengandung magnesium yang mampu mengurangi stres dan meningkatkan fungsi otak, lho. Sehingga, mengonsumsi buah naga secara teratur dapat menurunkan risiko degenerasi saraf.

Bahkan, jus buah naga merah diteliti mampu meningkatkan daya ingat serta kemampuan belajar pada anak. Wah, cukup baik juga ya manfaat jus buah naga untuk kesehatan.

4 dari 5 halaman

6. Cegah Anemia

Ilustrasi AnemiaIlustrasi Anemia © movementandnutrition.co.uk

Buah naga merupakan salah satu dari sedikit buah segar yang mengandung zat besi. Zat besi sendiri berperan penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Nah, kekurangan zat besi pun dikaitkan dengan anemia defisiensi besi. Jadi, manfaat jus buah naga merah untuk kesehatan yang nggak kalah pentingnya ialah dapat mencegah timbulnya anemia. Selain itu, vitamin C dalam buah naga pun membantu tubuh menyerap zat besi secara maksimal.

7. Baik untuk Kehamilan

DiaZens, ternyata manfaat jus buah naga juga baik untuk kehamilan lho. Pasalnya, buah naga kaya akan zat besi serta mengandung mineral penting seperti kalsium, kalium, dan magnesium. Sehingga, mengonsumsi buah ini untuk dijadikan jus selama kehamilan bisa membantu mencegah anemia.

Menariknya lagi, kandungan antioksidan pada buah naga juga membantu menjaga kesehatan ibu serta janin. Seperti yang diketahui, mengonsumsi antioksidan saat hamil bermanfaat untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mengendalikan kadar kolesterol, mencegah pertumbuhan sel kanker, hingga membantu perkembangan otak janin.

8. Sehatkan Mata

Dikarenakan buah naga merah kaya akan karotenoid yang baik untuk mata, serta beta-karoten sangat penting untuk kesehatan mata yang baik. Maka, manfaat jus buah naga selanjutnya yaitu membantu meningkatkan penglihatan serta mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula mata.

5 dari 5 halaman

9. Sehatkan Kulit

Ilustrasi Kulit SehatIlustrasi Kulit Sehat © pinterest/ahjummamshies

Ohiya, selain sehatkan mata, ternyata manfaat jus buah naga juga menyehatkan kulit kita lho, DiaZens. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung Vitamin C. Vitamin C sendiri telah terbukti dapat mencerahkan warna kulit, memperbaiki kulit, dan mengurangi hiperpigmentasi.

Selain itu, buah naga juga mengandung antioksidan yang memiliki sifat anti-penuaan. Antioksidan inilah berfungsi untuk menghambat enzim yang memecah komponen kulit seperti kolagen serta asam hialuronat.

10. Kaya Serat

Ternyata satu gelas jus buah naga merah menghasilkan sumber serat yang sempurna! Ya, meskipun serat paling terkenal karena perannya dalam pencernaan, namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa serat juga bisa berperan dalam melindungi terhadap penyakit jantung, dan  mengelola diabetes tipe 2 hingga mempertahankan berat badan yang sehat.

Nah, itulah beberapa manfaat jus buah naga merah untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Semoga adanya informasi di atas, kamu jadi suka minum jus buah ya.

Join Diadona.id